Tips memilih nama domain

Kelihatannya mudah,hanya memilih sebuah nama saja..Tahukah saudara bahwa memilih nama domain itu sulit,bahkan lebih sulit dari pada mencari nama untuk bayi.
Kalau mencari nama bayi,sepertinya tidak masalah jika sama namanya dengan bayi lain.Sedangkan nama domain,tidak boleh sama dengan nama domain situs lain dari seluruh dunia.
Itulah alasan utama bahwa memilih nama domain situs itu sulitnya setengah mati.

Advertisement

Untuk itu agar lebih mudah, boleh coba cara memilih nama domain versi Saya.

Saya sendiri untuk mendapatkan nama spiderbeat.com ini butuh waktu sekitar satu bulan,walau akhirnya saya menyadari ternyata nama domain saya ini salah besar.
Kesalahan nama domain spiderbeat.com adalah……..
Saudara tahukan?…….

Kalau Saudara tidak tahu kesalahan saya ,begini alasannya:

  1. Artikel blog spiderbeat.com berbahasa indonesia,padahal istilah  spiderbeat terkesan sebagai nama domain luarnegri.Kalu diterjemahkan kedalam bahasa indonesiapun,masih belum jelas maksudnya.
  2. Sama sekali tidak berhubungan dengan topik bahasan di blog ini,lebih tepatnya tidak menyangkut sebuah kata kunci.

Dengan kedua alasan kesalahan diatas bisa disimpulkan bahwa orang indonesia akan kesulitan mengingat namanya(spiderbeat.com),yang pertama.Yang kedua,nma domain saya Tidak memiliki nilai lebih sama sekali dalam hal optimasi pencarian (SEO).

Akan tetapi (versi saya) Paling tidak, domain spiderbeat dot com tidak menggunakan kata  kata yang terlalu panjang sehingga masih enak disebut.

Yang tidak pernah saya sangka adalah, ternyata nama spiderbeat ternyata juga dipakai sebagai nickname oleh seorang DJ(disc jockey) dari luarnegri.

Coba saja ketikkan kata kunci spiderbeat pada pencarian Google,Posisi teratas adalah blog ini selanjutnya akun facebook dan youtube milik sang DJ tsb.Ya saya cuma berharap semoga sang DJ tersebut semakin populer sehingga nama blog saya menjadi ikutan populer. 😀 (kayaknya paragraf yang ini nggak penting ya?)

Lihat Juga :  Cara mengatur tataletak elemen pada template blog

Itu semua adalah sebuah hikmah bagi saya, dan disini saya ceritakan juga agar saudara tidak mengulang kesalahan seperti saya dalam memutuskan membeli nama domain situs web.

Begini tips memilih nama domain versi saya:

Cari nama yang kira kira cocok dengan niche blog saudara,misalnya www.uangonline.com jika bahasan blog adalah bisnis online.Ini akan sangat membantu kekuatan katakunci blog,disamping lebih mudah diingat.

Nama domain pakai nama/bahasa Indonesia jika blog berbahasa Indonesia,atau bahasa jawa jika blog berbahasa jawa.

Jika buat situs bisnis,pilih nama yang jika mendengar nama domain saudara maka orang sudah bisa menyimpulkan apa bisnis yang anda jalankan.
Contohnya: jika saudara bisnis berjualan minyak nyong nyong,maka situs saudara kasih nama yang tidak jauh dari minyak nyong nyong.Eg: www.minyaknyongnyong.com atau www.nyongnyonghebat.com.
Dengan mendengar nama domain situs saudara saja,orang pasti bisa menebak bisnis dari situs saudara.

Usahakan nama domain terdiri hanya dari dua kata saja,jangan pakai tanda hubung dan mengandung angka.Maksudnya biar orang yang sedikit sedikit lupa masih bisa mengingat dan tidak menjadi lupa samasekali.

Jika situs tersebut situs bisnis,hindari juga menggunakan nama KTP kecuali saudara adalah selebritis.Karena nama selebritis lebih populer duluan dari pada nama situs nya.
Menurut saya jika nama domain itu menggunakan nama lahir sendiri,kayaknya lebih cocok untuk situs curhatan pribadi dan tidak untuk situs bisnis.

Lihat Juga :  Tujuan dan cara setting file permission pada hosting

Domain  dengan nama sendiri akan lebih sulit laku jika dijual,dari pada dibandingkan dg nama yang menggambarkan niche tertentu.Kecuali yang mau beli domain anda kebetulan namanya sama dengan nama anda 😀 .
Pernah dengar jual beli domain nggak?…..

Mungkin tips yang ini jadi beda jika yang punya situs seperti Pak M*rio Teguh,www.m*rioteg*h.asia ,, wekekeke……
Apa bedanya dengan domain pak M*rio Teg*h, coba,,,,,
Karena bisnis yang dijalankan Pak M*rio (Motivator) ,itu menyangkut orangnya.Ngerti maksud saya??,,,,,,,,,,,,
Kata kata motivasi itu bukan diproduksi oleh mesin,tapi dibuat dan dijual langsung dari mulut orangnya.
Jika anda membuat situs hanya bertujuan untuk kepopuleran “nama anda”,mungkin hal ini perkecualian jika memilih nama domain dengan nama KTP.

Jangan coba coba untuk menamai domai situs saudara dipaksa paksain,dimirip miripkan dengan domain situs yang sudah populer.Kenapa?….Takutnya ntar malah dikira sebagai situs abal abal(situs imitasi)….. :)),itu yang pertama.

Yang kedua,Jika domain sebuah situs yang saudara mirip miripkan ternyata sudah didaftarkan dengan hak cipta (brand),sepertinya anda bisa beresiko kena  tuntut.Misalnya saudara membeli sebuah domain yang menyangkut nyangkutin nama perusahaan(brand) besar,eg www.toy*ta-m*tor-compact.com .Padahal situs saudara nggak ada hubungannya dengan perusahan tersebut dan nggak memiliki persetujuan sebelumnya dari mereka.

Nah demikianlah aspek aspek dan pertimbangan memilih nama domain menurut saya pribadi,semoga bisa menjadikan situs saudara akan menjadi lebih baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *