Panduan Ringkas Membeli Mobil yang Cocok untuk Anda

tips memilih mobil yang cocokSebagian orang ternyata masih banyak yang bingung ketika sudah tiba waktunya untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi, tepatnya MOBIL. Pada saat ini, ada pertanyaan yang melintas, kira-kira begini : “Mobil apa yang Bagus ya”.. Hal ini wajar, sebab jangan sampai ketika kendaraan sudah ditangan, malah justru kekecewaan yang menghampiri, bukannya kebahagiaan… Nah, sebelumnya silahkan Anda baca dulu jika Anda ingin membeli mobil sebagai tangan ke 2, alias mobil seken . Baca disini => Tips dalam membeli mobil bekas

Advertisement

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai model/type mobil pribadi, yang sebenarnya sudah didesain dengan bermacam kebutuhan pengguna, sehingga nantinya anda bisa mendapatkan type mobil yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga sehingga tidak dihampiri rasa kekecewaan pada akhirnya.

Sebelum membaca keseluruhan dari tips-tips ini, prinsip umum yang berlaku  :“Belilah sesuai dg kebutuhan berkendara”. Nah ini dia point pentingnya!

Mengenali type mobil pribadi sesuai dengan system kerja mekanisnya secara garis besar sehingga mudah dipahami umum, dalam rangka untuk menentukan pilihan type mobil yang sesuai dengan kebutuhan sendiri

System penggerak roda mobil :

Pertama yang perlu diketahui lebih dulu adalah jenis penggerak roda mobil. Yaitu ada 3 macam  : Rear wheell Drive(RWD), Front Whell Drive(FWD), dan Four Whell drive(4WD).

Catatan : Untuk mengetahui, apakah mobil incaran Anda RWD, FWD, atau 4WD,  tentu saja dengan membaca spesifikasi kendaraan  – karena sudah pasti disebutkan.

  • RWD : Adalah system penggerak Roda belakang, menggunakan poros gardan dan pembagi sebagai penyalur tenaga mesin ke roda-roda belakang. Kelebihan mobil yang mengadopsi penggerak roda type ini adalah lebih kuat ditanjakan/kondisi jalan buruk, lebih kuat mengangkut beban berat(angkutan barang), lebih minim dalam hal perawatan, sudut belok lebih lebar daripada FWD(memudahkan parkir). Kelemahan : Biasanya memberikan suara dengung dikabin, terutama jika ada sedikit masalah pada poros , kurang lincah untuk zigzag, lebih boros konsumsi bahan bakar dan kurang lincah daripada FWD. Contoh : Mobil Jenis Minibus, sebagian besar MPV, dan sebagian kecil mobil sedan bongsor yang biasanya buatan Eropa dan Amerika.
  • FWD: Adalah system penggerak roda depan, menggunakan kokel untuk menyalurkan tenaga dari engine ke kedua roda depan. Kelebihan mobil FWD adalah lebih lincah dijalanan dikota-kota yg datar dan akselerasinya lebih responsif daripada RWD(cocok untuk zigzag), lebih irit bbm, dan lebih nyaman untuk penumpang dikabin terutama belakang. Kelemahan, sudut beloknya lebih sempit/terbatas dibandingkan dengan 4WD dan RWD, kurang kuat ditanjakan, kurang cocok untuk mobil angkutan barang, dan biaya perawatan relatif lebih banyak daripada RWD. Contoh : kebanyakan Mobil sedan buatan jepang terutama keluaran diatas tahun 90-an, dan beberapa SUV/MPV compac tahun 90-an keatas.
  • 4WD : Adalah system penggerak yg mendukung 4 roda, bisa digunakan depan dan belakang sekaligus atau hanya salah satu sesuai kebutuhan. Kelebihan, nggak khawatir selip dijalanan yg ekstrim, lebih kuat ditanjakan, dan bisa digunakan sesuai dg kondisi jalanan. Kelemahannya, lebih boros bahan bakar daripada FWD dan RWD, serta kurang lincah diperkotaan dan zigzag(mungkin karena umumnya didesain untuk mobil medan berat dengan roda yang tebal dan besar). Contoh : Mobil yg ada logo Jeep-nya atau 4X4 pasti Four-whell-drive.
Lihat Juga :  Cara Perawatan Mobil Bensin, agar Tetap Aman dan mesin Awet

Bahan bakar Bensin

Penganut teknologi injeksi bahan bakar termutakhir adalah jenis yang teririt(khusus berbicara mesin bensin), namun lebih susah dalam hal perawatan. Dan hal ini mungkin juga bisa menjadi pertimbangan.

Tiap Merk mungkin sudah memiliki teknologi sendiri-sendiri untuk system injek bahan bakar ini. Baca juga : Apakah VVT-I pada mobil Toyota? dan Apakah teknologi I-VTEC pada mesin mobil?
Penganut teknologi bahan bakar mobil lama(karburator), memiliki kelebihan murah diperawatan namun lebih boros untuk urusan konsumsi bahan bakar. Perawatannya pun tergolong paling lebih simpel, sehingga mudah dikerjakan di bengkel biasa.

Catatan : Mobil terbaru mungkin sudah meninggalkan system karburator, dan beralih ke sistem injeksi bahan bakar seiring dengan tutuntutan emisi yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Bahan bakar solar(diesel).

Solar adalah jenis bahan bakar minyak yg beroktan paling rendah dan lebih sulit terbakar. Solar baru bisa terbakar ketika mendapatkan panas dan tekanan tinggi. Dengan demikian, jenis mobil solar biasanya kasar dan getaran mesinnya sangat tinggi. Dari mobil solar yg kurang disukai lainnya adalah respon akselerasinya yg rendah daripada mesin bensin.

Namun saat ini sudah ada mesin diesel dengan system bahan bakar terbaru yaitu TURBO disesel engine, yg kurang lebih bisa menyamai akselerasi mesin bensin.

kelebihan utamanya adalah tenaganya yang besar, sehingga memang lebih banyak dipakai untuk kendaraan yang didesain untuk kebutuhan berat dan berukuran besar. Perawatannyapun lebih ringkas daripada mobil bensin terutama yang menggunakan system injeksi bahan bakar.

Lihat Juga :  Penyebab Aki cepat tekor atau soak

System gearbox/transmisi

  • Manual atau M/T : Tentu saja kalau suka balapan, manual adalah jagonya… Transmisi manual lebih kuat dan tahan lama karena menggunakan system yang jauh lebih sederhana daripada system A/T atau matic. Namun minusnya transmisi M/T adalah lebih ribet, apalagi jika masuk dijalanan yang macet, berkelok2 dan tanjakan.
  • AUTOMATIC atau A/T : Jika gak mau ribet dijalanan macet, tanjakan, berkelok2, dan ingin lebih santai menikmati hidup, matic mungkin cocok untuk Anda. Type Matic A/T menggunakan gearboxs khusus yg sangat rumit berpadu dengan Overdrive… tentu saja lebih rentan rusak jika digunakan dengan kasar dan kurang menggunakan panduan dg baik dan benar, selain itu biaya perawatannya mahal….

Mengenai bahan bakar, bisa lebih boros daripada manual dg model dan kapasitas engine yg serupa…

Yang cocok untuk Anda kira2 yang mana ya?… silahkan ditentukan sekarang….

  • FWD => Lebih Cocok utk mobilisasi Kota-kota , menyukai kelincahan dalam berkendara, mendambakan kenyamanan berkendara yang lebih baik, serta tidak banyak mengangkut orang.
  • RWD => Lebih cocok didaerah pegunungan, tanjakan, turunan, dan suka mengangkut lebih banyak penumpang.
  • 4WD => Segala medan, atau lebih luas lagi daripada RWD, biasanya lebih cocok untuk orang yang berjiwa petualang.
  • Matic => Lebih cocok untuk Ibu-ibu, karena secara psikologis mungkin lebih suka yang simpel-simpel saja dan nggak mau ribet. Atau  mungkin, jika Anda memang memiliki dana perawatan lebih.
  • Bermesin Diesel = > Cocok bagi yg merasa Laki banget, suka berpetualang di medan-medan jalanan yang lebih berat seperti daerah pegunungan dan jarak jauh. Namun agak kasar dalam hal suara dan getaran mesinnya, dan pengguna harusnya lebih sabar dijalanan.
  • Bermesin bensin => Secara umum, mobil yang berbahan bakar bensin lebih cepat akselerasinya, halus suara serta getaran mesinnya.
  • Manual = > Umum, alias jalanan pegunungan oke, kota-oke juga oke saja asalkan jarang-jarang macet dan jalannya datar-datar aja yaa…. soalnya kalau macet kaki jadi pegel-pegel, apalagi banyak tanjakan dan tikungan. Tapi kalau penumpangnya buanyaak kayaknya manual lebih enak.
    Demikian tips ringkas dalam menentukan mobil idaman untuk mengakomodasi kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *