Masalah CD/CDROM Tidak berfungsi dan terdeteksi

CD drive tidak terdeteksi adalah termasuk masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna komputer. Hal buruknya adalah karena kurangnya pengetahuan tentang masalah ini, maka kita cenderung untuk memilih memformat komputer hanya karena CD drive tidak terdeteksi. Ada berbagai solusi lain untuk memecahkan masalah ini.

Advertisement

Setelah kita menghadapi masalah ” CD drive tidak terbaca ” , kita hanya menyimpulkan bahwa penyebab masalah adalah virus komputer. Kemungkinan ini memang bisa saja terjadi, dan pertamakali kita juga perlu untuk menyingkirkan kemungkinan ini, cukup hanya dengan  menjalankan full scan dengan antivirus. Kerusakan akibat virus komputer tidak akan dapat dikembalikan sepenuhnya oleh sebuah antivirus, meskipun virus sudah dibersihkan dari sistem.  Tapi, jika CD drive hanya tidak bisa bekerja, maka scan antivirus pasti akan menyelesaikan masalah.

Itu jika masalah pada CD drive terkait dengan virus. Namun apasaja  yang bisa menjadi penyebab masalah selain itu,  dimana CD drive tidak terbaca?. Disini mari kita mencoba untuk mencari solusi untuk mengatasinya:

Mengapa  CD Drive Tidak Terdeteksi?

Jika ini adalah masalah yang Anda hadapi, maka alasan yang paling mungkin adalah bahwa driver CD ROM / DVD belum terpasang atau mungkin juga telah rusak . Namun sebelum kita masuk lebih lanjut kedalam pemecahan masalah ini,  ada beberapa pertimbangan alasan lain, kenapa CD drive CD tidak terbaca oleh komputer atau laptop .

Banyak sekali laptop menunjukkan pilihan ‘ Safely remove Hardware ‘ untuk CD / DVD ROM juga. Ini mungkin bisa saja terjadi, ketika mencoba untuk melepas USB eksternal, namun Anda keliru melepas CD / DVD ROM. Jika itu yang terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Temukan takik kecil di bawah CD / DVD ROM laptop Anda, yang dapat Anda tekan sedikit, sehingga dudukan keluar. Setelah keluar, tekan takik kembali. Ini akan menghubungkan kembali CD drive ke komputer. Sekarang buka My Computer dan cek, temukan simbol drive CD yang telah berada kembali di tempatnya.

Lihat Juga :  Kesamaan dan perbedaan antara internet dan intranet

Masalah  CD drive tidak terbaca dan cara mengatasinya :

Untuk memeriksa apakah driver CD telah diinstal atau rusak , Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

  • Klik kanan pada My Computer, dan pilih Properties .
  • Pilih Device Manager setelah mengklik tab Hardware .
  • Dari daftar yang muncul klik pada tanda + di samping DVD / CD – ROM drive .
  • Jika drive CD muncul setelah mengklik tanda + , dan sebuah tanda merah disebelahnya, ini menunjukkan bahwa sistem operasi telah membaca drive, tapi drive CD tidak diaktifkan. Cukup klik kanan pada nama drive dan pilih Enable, dan seharusnya sudah beres.

Sekarang, jika tidak menunjukkan cd drive sama sekali, itu berarti bahwa sistem tidak mengenali drive ini,  atau tidak memiliki driver yang tepat agar drive ini bisa berfungsi .
Menimbang bahwa CD drive tidak tampak, Anda dapat mengambil beberapa langkah diagnosis lagi untuk mengkonfirmasi masalahnya.

Masuk ke BIOS. Untuk melakukannya, Anda harus me-restart komputer  dan tekan F1 atau F8 berulang kali saat komputer booting . Kemudian masuk ke setup BIOS, dan periksa apakah CD / DVD ROM terbaca dalam daftar drive .

Jika drive CD masih tidak terbaca, apa yang harus  lakukan ? ..Pertama-tama, cobalah untuk melakukan pendekatan hardware. Pendekatan hardware yang dimaksud di sini hanya untuk komputer desktop. Ikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk menyelesaikan masalah yang terjadi CD drive yang dikarenakan masalah hardware .

Lihat Juga :  Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

Buka kabinet CPU .

Akan ada dua kabel yang menuju ke CD / DVD ROM . Satu kabel untuk transfer data, yang berasal dari motherboard, sedangkan kabel yang satunya adalah kabel yang memasok listrik dan lainnya yang berasal dari Power supply .

Periksa sambungan kabel, jika sambungan tak ada masalah, seharusnya CD drive sudah bisa terbaca. Jika CD tidak terbaca, maka berikut ini mungkin akan memecahkan masalah Anda:

Sekarang, bagaimana jika CD drive sudah terlihat di My Computer,  tapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk membaca atau menulis file ke CD. Hal ini tentu saja Anda tidak dapat memutar keping  CD di CD drive komputer anda karena sudah tidak bekerja. Jadi apa yang bisa Anda lakukan?.

  • Klik kanan pada My Computer –> Properties .
  • Di bawah tab Hardware pilih Device Manager .
  • Klik tanda + di samping DVD / CD- ROM, klik pada nama drive CD yang  terdaftar, dan pilih opsi uninstall, dari bar di bawah menu atas Device Manager .
  • Sekarang klik Action, dan pilih scan untuk perubahan Hardware. Windows akan secara otomatis menemukan drive yang hilang dan diinstal ulang. Ini seharusnya sudah bisa mengatasi masalah CD drive Anda .
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

5 thoughts on “Masalah CD/CDROM Tidak berfungsi dan terdeteksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *