Ciri-ciri dan Apakah Televisi yang Rusak Terkena petir bisa Diperbaiki?

Acara-acara televisi yang menarik terkadang bisa membuat kita mengabaikan keselamatan, baik diri kita sendiri maupun mengabaikan risiko kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh petir terhadap Pesawat TV kita. Ada banyak kasus yang parah, petir yang menyambar antena TV sekaligus mengenai penontonnya. Tapi hal ini bisa terjadi tentu jika kilat yang menyambar secara langsung dengan kekuatan yang cukup besar. Setidaknya kita perlu menghindari risiko TV rusak kena petir untuk berhemat, karena lumayan jugakan harga pesawat televisi? “Ah kan bisa direparasi mas?”Emangnya Anda tahu kalau TV yang rusak kena petir bisa direparasi?… bisa tidak ya?… 

Advertisement

Begitu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang disekitar saya alias tetangga dan teman saya hehe… Jawaban saya relatif, tergantung kerusakan dan komponen apa yang rusak dan harus diganti.

TV rusak terkena petir ciri dan tandanya

Televisi saya terkena petir, apakah bisa diperbaiki?..dan apa ciri dan tandanya?

Ciri dan Tanda TV terkena petir :

Apabila TV anda sedang hidup, kemudian tiba-tiba mati atau ada perubahan baik gambar maupun suara ketika ada suara petir yang cukup dekat maka kemungkinan Televisi anda baru saja telah rusak terkena petir. Berikut ciri-ciri umumnya :

  • TV Mati total. Ini yang paling sering terjadi
  • Gambar kurang jelas alias kemepyur
  • TV hanya menampilkan layar biru atau semut main sepakbola karena siaran tidak masuk dan tidak bisa discan.
  • TV gambarnya gelap, tapi lampu indikator nyala
  • Ada suara kemresek, gambar gelap
  • TV warnanya hilang(hitam putih), kemerahan, kebiruan, atau kekuningan(tV tabung) meskipun suara normal dan gambarnya masih bisa ditonton.

Ciri-ciri jika TV kena petir atau tidak  sebenarnya nggak beda dengan  kerusakan TV sebab lain misalnya karena umur komponen atau kesalahan pemakaian dan lainnya.

JIka sebelumnya anda nyalakan TV saat ada petir, maka bisa ditebak jika itu adalah rusak kena petir. Coba dibaui, biasanya ada bau khas komponen yang gosong jika masih baru terkena petir.

Tergantung bagaimana cara terkena petirnya,  * karena ada 2 cara TV rusak kena petir, yaitu apakah petir masuk melalui antena, atau apakah petir menyambar gardu listrik. JIka petir menyambar trafo gardu listrik/kabel tegangan tinggi, maka tegangan dari jala-jala PLN bisa naik drastis hingga jauh berada diluar ambang batas kebutuhan alat elektronik umum rumah tangga – yaitu tegangan jala-jala PLN bisa naik 500Volt keatas! ; jadi tidak hanya TV saja, komputer atau alat elektronik lain bisa ikutan rusak juga seperti stavol/ adaptor/regulator.  Marilah kita ungkap lagi dengan lebih jelas…

JIka Petir Masuk Melalui Antena TV

Yang paling sering terjadi adalah listrik statis dari petir masuk melalui antena kemudian mengenai tunner dan tentu secepat kilat itu juga akan menyambar bagian / blok komponen televisi. Petir yang datang melalui antena ini tergantung kualitas dari petirnya, jika cukup dekat maka yang terbakar hanya tunner televisi ini saja , tapi meskipun hanya tunner harganya bisa cukup mahal jika TV LCD/LED/PLASMA. Kalau TV tabung masih agak murahan, tapi sayangnya terkadang beli sparepartnya kagak ada yang jual. Ciri-nya jika terkena tunner biasanya pada kasus yang ringan gambar kemepyur ; dan yang berat TV hanya menampilkan layar biru saja atau siaran tidak bisa discan.

Tak hanya mengenai tunner saja, karena tunner adalah pintu masuknya maka tunner biasanya rusak duluan – baru kemudian petir akan menyerang komponen lain, biasanya yang rentan adalah IC program/eproom(sehingga tidak kita bisa mencari siaran),  termasuk IC yang mengatur gambar, dan kadang sampai pada blok RGB pada TV tabung yang bisa mengakibatkan gambar TV kehilangan warna merah, biru, hijau hingga TV menjadi hitam putih hingga layar tampak gelap bahkan TV menjadi protek.

Lihat Juga :  Tips Merakit Komputer

KASUS YANG SERING terjadi, yaitu ketika petir masuk melalui antena maka kerusakan komponen biasanya keroyokan tergantung kuat atau tidaknya petir. JIka anda masih anda beruntung, mungkin hanya tunnernya saja yang kebakar, jika tidak maka bisa lebih banyak lagi sehingga semakin sulit untuk diperbaiki – maka disini ketelitian dan pengalaman teknisi tukang servisnya akan diuji.

Jika yang terkena sambar petir adalah trafo gardu listrik atau kabel listrik disekitar jalur rumah kita

Hal ini petir tidak mengenai antena TV, tapi mengenai listrik PLN, bisa melalui gardu utama atau langsung mengenai jalur listrik rumah Anda. Akibatnya tegangan jala-jala bisa melonjak tajam ratusan volt bahkan lebih. Walaupun hanya 1 detik saja, karena besarnya voltase TV anda bisa langsung rusak mati protek atau mati total.

JIka TV anda rusak gara-gara lonjakan listrik ini, maka kerusakan biasanya terjadi pada blok regulator TV. Karena TV ada pengaman tegangan tingginya yaitu sekring, serinngkali sekring putus duluan dan sayangnya seringkali terlanjur merusak komponen regulator utama seperti FET dan elco.  Tanda-tandanya jika yang rusa bagian power supply dan regulatornya maka TV akan mati total, karena ibarat manusia, regulator dan power supply ini adalah jantung dan hatinya.

Apakah bisa diperbaiki?…. biasanya jika kasusnya seperti ini justru lebih mudah. Seringkali yang terjadi adalah FET terbakar bahkan hanya mengganti sekringnya saja. JIka agak parah, maka flyback dan atau transistor horizontal yang terbakar. Kalau untuk TV tabung, kerusakan regulator atau flyback ini lebih mudah diperbaiki dan harganya terjangkau. Tapi beda lagi jika regulator TV LCD, bisa jauh lebih rumit dan lebih mahal jika harus diganti 1 blok regulator.

Untuk meminimalkan risiko petir ini, anda bisa memasang alat penangkal petir dirumah anda. Baca artikel ini ==> Manfaat Alat Penangkal Petir Fungsi dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

TV yang rusak terkena petir tentu saja masih bisa diperbaiki tergantung kasus kerusakannya parah atau ringan juga bagaimana pengalaman teknisi yang menanganinya.

Kalau saya pribadi, apabila kerusakannya parah dan keroyokan sehingga sulit menemukan kerusakan-kerusakan tersebut dan apabila komponen pengganti tidak didapat dan tidak bisa diakal lagi maka jalan keluarnya adalah mengganti blok mesin TV keseluruhan jika kondisi tabung atau layar masih bagus. hehe.

Baca juga : Cara agar TV tidak rusak terkena petir

Menurut pengalaman sih, rata-rata kerusakannya TV parah jika terkena petir. Oleh karena itu sebaiknya lupakan acara sinetron kesayangan anda sejenak ketika ada petir, cabut antena dan sekaligus kabel listriknya jika cuaca sedang mendung dan hujan jika masih sayang ama TVnya. Anda masih bisa melanjutkan nonton melihat melalui youtube pada besoknya, atau jalur streamingnya melalui internet dan handphone/laptop apabila memang sulit untuk meninggalkannya. *hehe

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *