Agar Berhasil dalam Pendidikan

Setiap orang pasti menginginkan tercapainya keberhasilan dalam pendidikan.Untuk itu, tidak mungkin didapatkan dengan serta merta, semua tentu ada persiapan dan kiat-kiat pencapaian.

Advertisement

Berikut kiat agar berhasil dalam pendidikan

1. Anda adalah diri anda

Ini mungkin hal yang paling penting Anda yang akan belajar di sekolah tinggi. Menyadari bahwa pendidikan adalah milik Anda!!.Anda belajar hal-hal baru untuk perbaikan diri Anda, bukan untuk orang lain. Dan pada akhirnya bukan guru atau orang tua yang menentukan keberhasilan Anda, tapi Anda sendiri!!

2. Intensitas,kemandirian dan kenaikan

Anda juga harus menyadari bahwa anda ada peningkatan intensitas setiap tahun di sekolah. Setiap kenaikan Kelas mungkin akan lebih keras, maka diperlukan untuk bekerja lebih mendalam. Dan kecenderungan ini terus berlanjut sampai perguruan tinggi. Terhubung dengan meningkatnya intensitas, adalah peningkatan jumlah kemandirian Anda akan didapatkan. Siswa yang mengambil alih kehidupan pendidikan mereka akan menemukan solusi untuk masalah mereka sendiri akan unggul daripada mereka yang tidak  berjuang.
Sebagai contoh: siswa tidak dapat menentukan solusi untuk pertanyaan ilmiah. Dia bisa melakukan salah satu hal berikut:

a) Berbicara dengan orang yang ada di sekeliling untuk mendapat solusi, tentu saja orang yang mungkin dapat membantu.

b) Dapatkan jawaban dari seorang teman, yang mungkin saja juga ia tidak benar. Akankah dia memahami solusi untuk masalahnya??? bisa Mungkin, mungkin juga tidak.

c) Minta guru dalam memberikan jawaban, sehingga tidak harus belajar untuk diri sendiri.

d) Mintalah guru untuk memecahkan masalah ke dalam istilah sederhana, bahwa dia dapat mencerna dan memahami dengan lebih mudah.

e) Mintalah guru untuk mengarahkan Anda ke sumber yang akan menjelaskan konsep yang lebih baik, sehingga ia dapat bekerja pada kecepatan yang lebih kemudian.

Lihat Juga :  Tips sebelum membeli Kamera digital

f) Pergi ke internet atau sumber pada ensiklopedia untuk mencari solusi, kemudian mendiskusikan jawabannya dengan guru ketika pada tugas di kelas.

Pilihan d, e, dan f adalah yang paling direkomendasikan. Hal ini tergantung pada waktu tugas dan sumber daya yang tersedia. Sekarang ini di Sekolah biasanya sudah terdapat laboratorium komputer dan komputer siap internet di perpustakaan, dan juga Anda selalu dapat menemukan guru Anda.

3. Bagaimana cara mempelajari bahan?

Ketika mempelajari materi, Anda harus terlebih dahulu menentukan apa kekuatan Anda. Apa yang saya maksud adalah ini: Apakah Anda seorang pembelajar visual, pembelajar auditori,pembelajar kinestetik?

A. Pembelajar visual: orang yang dapat melihat materi pada halaman atau papan dan memahami maknanya. Studi yang terbaik baginya adalah dengan membaca catatan, lembar kerja, dll


B. Pembelajar Auditory: orang yang bisa belajar dengan mendengar ceramah dan memahami materi. Studi terbaik adalah dengan menanyai orang lain dan sebaliknya.

C. Pembelajar Kinestetik: orang yang harus menemui objek untuk dilihat dan kemudian memanipulasinya.

Studi terbaik ketika ia dapat melihat model konsep atau melakukan percobaan di laboratorium. Contoh, membuat model planet. Orang ini harus berinteraksi dengan apa yang ia pelajari.

Setiap orang dapat menjadi salah satu atau bahkan kombinasi dari 3 jenis utama pembelajar di atas. Terserah untuk menggunakan arah mana yang dapat Anda pelajari, memahami, dan menyimpan informasi.

4. Ketika dikelas

A. Perhatikan: Anda akan kagum pada apa yang Anda bisa tahu dengan mendengarkan. Instruksi menjadi lebih jelas, dan Anda menghabiskan lebih sedikit waktu mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi di kelas.

Lihat Juga :  Cara mengemudi Mobil Manual/Matic ditanjakan yang Padat dan Merayap

B. Apa poin utama yang sedang dibuat di kelas. Sebagian besar informasi yang diuji pada akan didasarkan pada titik-titik tersebut.

C. Ketika Anda terjebak pada konsep, atau memiliki pertanyaan bicara di kelas, atau melihat bantuan instruktur di akhir kelas. Biasanya 3-5 menit adalah waktu yang diperlukan untuk memahami.

D.Membuat upaya itu jauh lebih baik, daripada melakukannya setiap hari dalam seminggu. Ini bukan merupakan tanda kelemahan, hanya tanda bahwa Anda tidak menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu. Beberapa poin lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. Ketika dirumah

Tinjau kembali bahan belajar Anda (catatan, lembar kerja, laboratorium, panduan belajar dll) selama beberapa menit setiap malam. Belajar selama 10 sampai 20 menit setiap malam bisa mengalahkan stres sebelum ujian. Jangan hanya membaca catatan Anda dan berpikir bahwa Anda sudah mengetahui informasi tersebut. Kaitkan apa yang telah Anda pelajari dengan sesuatu yang Anda sudah tahu.Apakah Anda sudah memahami konsep dengan baik??,  Memahami konsep walaupun hanya poin kecil, merupakan fakta bukanlah suatu kesulitan untuk mengingatnya.

6.Gunakan orang tua Anda

Ini adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda belajar. Apakah mereka mengulang atau meminta Anda untuk menjelaskan hal-hal kepada mereka dengan cara terbaik yang Anda tahu caranya. Ini akan menunjukkan kepada orang tua, bahwa Anda sedang mempelajari, dan juga membuat mereka merasa menjadi bagian dari pendidikan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *