Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

2 comments :

Advertisement
Penting untuk mengetahui beberapa hal mengenai hardware komputer, seperti jenis jenis hardisk.Hardisk adalah hardware komputer yang paling banyak dikenal, karena fungsi Vitalnya sebagai tempat penyimpanan data.

Berikut tentang dua type hardisk, yaitu ATA dan SATA sekaligus perbedaan dan keunggulannya masing masing


ATA Hardrive

ATA atau Advanced Technology Attachment, adalah jenis hardisk yang paling banyak dipakai pengguna komputer saat ini.ATA juga seringkali dikenal sebagai IDE hardrive.
TipeHardisk yang dibuat berdasarkan standart tahun 1986 ini menggunakan 16 bit paralel, dan terus berkembang pada penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk.
Standart terakhir dari type ATA adalah ATA-7 yang mulai diperkenalkan pada tahun 2001 oleh komite T13.Komite T13 adalah komite yang bertanggung jawab menentukan standart dari Hardisk type ATA.
Tipe ATA-7 terebut memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec,dan selama tahun 2000 ditentukan standar paralel ATA dengan data rate sebesar 133 MB/sec.Namun paralel ATA ini masih banyak terdapat masalah dalam hal singnal timin, EMI (electromognetic interference), dan integritas data.Dan masalah yang ditimbulkan oleh paralel ATA tersebut berusaha diselesaikan oleh kalangan industri dan dibuatlah standar baru serial ATA yaitu SATA.


SATA Hardrive

SATA adalah standard baru dari serial ATA.Type hardisk SATA ini dibuat dengan 15 pin kabel power dengan tegangan 250 mV.Kelihatannya SATA memerlukan daya yang lebih banyak jika di bandingkan dengan 4 pin type ATA, akan tetapi pada kenyataanya keduanya sama saja. Hanya saja SATA memiliki kemampuan yang paling bagus dalam hal maximum bandwith yang bisa dicapai, yaitu hingga sebesar 150 MB/sec

Keunggulan SATA dibanding ATA
Dalam hal harga, SATA lebih mahal dikit, dibandingkan dengan hardisk ATA.
SATA lebih memiliki keunggulan dalam hal konektor,tenaga dan performa jika Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.

Keunggulan SATA menonjol lainnya adalah kemampuan hot-swap nya, yaitu  dapat mematikan dan menyalakan komputernya tanpa harus melakukan shut down.

Perbedaan ATA dan SATA
Perbedaan SATA dan ATA yang jelas terlihat adalah pada kabel data dan perbedaan power yang dibutuhkan.
Pada Standar ATA 200GB seperti model Western Digital Model, menggunakan  dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data.Dan membutuhkan tegangan sebsar 5V untuk setiap pin dari 4 pin sambungan.
Sedangkan pada SATA 120 GB model western Digital menggunakan kabel setengah inci, 7 konektor sambungan data sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kabel datanya.
Kabel data SATA memiliki panjang maksimal 1 meter, dan ini lebih panjang dari kabel ATA yang cuma 18 inci.
Advertisement

2 komentar :

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com