Cara mengatasi Gambar TV berbayang

No comments :

Advertisement
Gambar televisi yang seolah memiliki bayangan terkadang membuat orang bingung,karena sebenarnya gambarnya bersih tanpa bintik bintik (noise).Walaupun gambarnya bersih tanpa noise, tapi kalau seperti terlihat ada bayangan juga tidak akan nyaman untuk dilihat.
Bayangan yang terjadi pada obyek gambar di layar televisi sering juga disebut dengan gambar berhantu.

Apakah penyebab obyek gambar berbayang pada televisi?
Penyebab obyek gambar berbayang pada layar televisi normal umumnya disebabkan oleh sistem penerimaan televisi.Sistem penerimaan televisi tersebut dimulai dari antena sampai kepada penala RF (radio Frekwensi).

Berikut cara cara yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah gambar berbayang pada televisi:

Penala Frekwensi

Bisa jadi gambar berbayang tersebut diakibatkan oleh penalaan frekwensi yang kurang pas.Memang pada umumnya televisi sudah dilengkapi dengan auto search,namun terkadang bisa saja penyetelan pada modul tuner dan RF kurang tepat.Untuk menyetel tuner pada televisi harus dilakukan oleh ahlinya,sebab harus membongkar televisi.Namun anda tak perlu untuk melakukan itu,cukup setel frekwensi secara manual dan cari setelan pada frekwensi yang pas.Jika frekwensi stasiun siaran yang dikehendaki sudah tepat,ditandai dengan perolehan tampilan yang terbaik.


Antena

Gambar berbayang bisa juga disebabkan oleh posisi arah antena yang kurang tepat.Cobalah diputar putar antena sampa menemukan gambar terbaik dan tidak berbayang.Jika masih belum menemukan obyek gambar tanpa bayangan,cobalah periksa apakah antena masih dalam kondisi bagus.Terutama bagian reflektor antena,pastikan jika reflektor antena masih belum rusak.Jika reflektor antena rusak,maka ia tidak bisa meredam frekwensi yang memantul melalui gedung atau pegunungan.Karena pada dasarnya bayangan ini disebabkan oleh signal pantulan yang diterima antena.Model dan cara antena dibuat juga bisa menjadi penyebab gambar berbayang. Baca -> Antena TV yang bagus.

Posisi dan cara memasang antena



Seperti yang sudah saya jelaskan, bahwa bayangan pada obyek gambar diakibatkan oleh signal pantulan.Untuk itu,posisi antena harus lebih tinggi dari gedung gedung yang berada disekitar antena.Tembok gedung dan pegunungan bisa memantulkan signal radio UHF seperti pada televisi.Selama antena TV anda masih berada leih rendah diantara gedung gedung,maka akan sulit memperoleh gambar yang tidak berhantu.
Cara mengatasi Gambar TV berbayangDaerah berpegunungan akan sangat sulit untuk mendapatkan gambar televisi tanpa bayangan,solusinya pergunakan antena televisi model yagi dengan elemen paling banyak.Selain itu antena juga harus dibuat dengan perhitungan ukuran yang akurat dan dengan cara yang benar.
Pasanglah antena menggunakan tiang setinggi mungkin,tapi perhatikan dulu petunjuk berikut -> Agar TV tidak rusak jika ada petir
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com