Apa Yang dimaksud dengan Website, Domain dan Hosting?

Internet bukanlah sesuatu yang asing lagi, dan seperti sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian besar masyarakat. Semua orang diabad teknologi ini seolah haus akan informasi, dan internet adalah jawaban yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ini beda dengan beberapa tahun yang lalu dimana internet baru saja diperkenalkan, biaya fasilitas dan akses yang mahal dan terbatas. Saat itu hanya orang orang tertentu saja yang bisa memanfaatkan fasilitas fasilitas internet. Dikarenakan perangkat pendukung seperti komputer masih mahal,dan itupun tidak semudah sekarang penggunaannya. Untuk bisa berlangganan akses internet, paling tidak harus selalu menyediakan dana paling tidak 3 juta perbulan.

Sekarang semua itu bukan masalah lagi, siapapun baik tua ,muda ,anak-anak, intelektual, mahasiswa bahkan orang awam seperti saya. Dimana harga perangkat komputer semakin murah, selain itu teknologinyapun semakin canggih sehingga lebih mudah digunakan. Ditambah lagi dengan semakin murahnya biaya sambungan berlangganan internet.

Itulah alasan kenapa pengakses komputer semakin hari semakin pesat saja jumlahnya dari waktu kewaktu.

Internet adalah informasi, orang mengakses internet adalah para pencari informasi. Dan Hal ini telah dibaca oleh otak-otak brilian, mereka seakan berlomba untuk membangun bisnis yang berkaitan dengan informasi di internet.
Bermunculanlah bak jamur dimusim hujan tentang apa yang disebut dengan “Pebisnis Online”; ya mereka menjual jasa apa saja dan informasi bahkan hingga barang fisik.
Jangan memandang sebelah mata kepada para bisnis internet ini, karena banyak perusahaan perusahaan besar yang lahir dan tumbuh dari bisnis online ini sebut saja google, facebook, twitter, tokopedia,  dsb. Semuanya menggunakan media yang namanya website yang terdiri dari domain dan hosting.

Apakah hanya untuk keperluan bisnis informasi sajakah di internet?…
Tidak
juga demikian, saat ini internet juga digunakan sebagai media berpromosi
atau presentasi bisnis agar usaha ataupun produknya cepat dikenal.

Website/situs, Domain dan Hosting

Memiliki sebuah website/ situs web

Jaman dulu, membuat situs bukanlah sesuatu yang murah dan mudah. Paling tidak untuk bisa membangun sebuah situs sendiri haruslah memiliki pendidikan berlatar IT. Mahal karena harus memiliki serverweb sendiri dan harus menyediakan biaya untuk membeli server sendiri. Disamping itu biaya operasional dan maintenance nya  yang juga mahal pasti harus selalu dianggarkan.Hanya perusahaan besar saja yang mampu untuk memiliki sebuah situs.

Tapi tidak dengan sekarang,memiliki situs bukan hanya didominasi oleh perusahaan besar saja. Saat ini blog pribadi (personal blog) banyak bertebaran dimana mana. Bahkan individu yang mengelola sebuah blog pribadi, sudah ada yang mampu menghasilkan uang mudah melebihi gaji seorang karyawan setingkat manajer. Dengan hanya mengeluarkan biaya hanya sekian ratus ribu saja pertahun untuk mengelola blog, dan itu sudah terbayarkan hanya dalam waktu kurang dari sehari. Hebatnya lagi, kegiatan tersebut dilakukan secara part time atau hanya untuk mengisi waktu luang saja.

Memulai membuat blog

Apakah anda tertarik mengelola blog untuk menghasilkan uang?…. Kenapa tidak, karena informasi dari hobi anda bisa dijadikan uang melalui bloging.
Andapun bisa mengikuti jejak langkah mereka p[ara blogger ya ng sudah sukses. Jika anda memiliki sebuah kemampuan khusus, dan anda juga merasa mampu menulis untuk berbagi pengalaman melalui internet. maka Anda pun bisa membuat blog sendiri untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan baru sebagai pemasukkan tambahan bagi kas anda.

Apakah anda mempunyai keahlian memasak?,,,,,desain dan konstruksi bangunan?,,,,fashion atau fotografi?. Semua itu bisa menjadi bahan sebagai tulisan artikel di blog pribadi anda. Dan siap siaplah untuk menghasilkan uang dari internet.

Baca Juga :  Cara membuat fungsi scrool pada widget

Hosting dan Domain

Jika anda tertarik untuk membuat sebuah blog dan sudah siap untuk monetisasi dan menghasilkan uang, maka kinilah saatnya.
Hal pertama yang perlu untuk anda ketahui adalah domain dan hosting. Karena kedua istilah tersebut berkaitan erat dengan sebuah blog/situs yang akan anda buat.
Domain: adalah rangkaian sebuah kata untuk menggantikan sebuah alamat IP dari webserver situs milik anda. Jika hanya menggunakan alamat IP untuk megakses sebuah situs,tentu hal ini akan sulit diingat orang karena terdiri dari rangkaian angka, eg 112.075.001.233 . Untuk memudahkan manusia mengingat alamat situs anda maka diperlukan pengganti yaitu nama domain. Domain itu sendiri saat ini tersedia dalam ekstensi .org,.net,.com,.biz,.co,.co.id,.gof,.mil dsb. Untuk bisa mendapatkan sebuah nama domain bagi situs anda maka anda harus mendaftarkan nama tersebut kepada panitia penyelenggara nama domain. Anda bisa mendaftarkan nama pilihan anda sendiri beserta ekstensi domain yang anda inginkan. Contohnya namablogsaya .com, namablogsaya.net etc.
Kesimpulannya: Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses sebuah situs melalui browser internet.

Baca juga: Cara mendaftarkan domain [do]t co [dot] id

Hosting: terdiri dari server yang diletakkan didatacenter sehingga bisa terhubung dengan jaringan internet diseluruh dunia. Server tersebut disebut webserver ,sama dengan komputer rumah milik anda.Webserver juga mempunyai penyimpan data (hardisk) dan sistem operasi. Didalam webserver itulah tempat file situs kita diinstal sehingga kontent kita bisa diakses dari browser internet melalui nama domain.
Hosting sudah dilengkapi fasilitas fasilitas yang memudahkan kita untuk meletakkan dan menginstal aplikasi web serta melakukan konfigurasi yang diperlukan.
Untuk bisa mendapatkan hosting kita bisa menyewa kepada pegelola webserver (jasa hosting) lengkap satu paket dengan domain. Mereka melakukan jasanya sekaligus mengkonfigurasikannya dengan nama domain yang kita pilih. Dengan melalui jasa hosting,kita hanya perlu mendaftarkan nama,alamat,membayar biaya yang dibutuhkan.
Setelah Proses tersebut kita penuhi sesuai dengan yang ditunjukkan provider hosting,maka kita sudah akan mendapatkan akses kedalam webserver kita untuk melakukan pekerjaan webmaster (mengelola situs web)

Mudah bukan?….

Ada beberapa jenis dan fasilitas webserver yang disediakan hosting:

Untuk permulaan, kita ketahui dulu yang paling umum yaitu Shared hosting dan VPS .


Shared hosting
Satu webserver yang dibagi kecil kecil  untuk banyak situs, perumpamaannya dalam satu kompleks rumah susun yang dibagi menjadi banyak ruang untuk banyak keluarga.
Kelemahanya, jika ada salah satu situs yang overload maka semua situs yang berada didalam satu server tersebut akan ikut terganggu.
Kelebihannya, sewanya murah dan cara menggunakan shared hosting lebih mudah.

VPS (Virtual private Server)
Satu server yang hanya untuk ditempati oleh situs anda pribadi saja. Perumpamaanya,satu rumah yang sebenarnya cukup untuk sebuah ruma susun namun anda tempati sendirian.
Kelemahannya,sewanya lebih mahal dari shared hosting.Untuk melakukan konfigurasi, anda juga perlu untuk mengenal jaringan.
Kelebihannya, Situs anda relatif lebih stabil karena tidak akan terganggu oleh situs tetangga seperti yang ada pada shared hosting.

Baca juga : Apa perbedaan Shared Hosting dan VPS?

Biaya untuk menyewa hosting dan domain

Khusus untuk domain paling murah biasanya antara Rp 70 ribu/pertahun sampai Rp 250 ribu/tahun.tergantung dari ekstensi domain yang anda pilih.
Dan biaya hosting Ishared hosting)  saja bisa dibayar perbulan atau ditotal bayar pertahun.
Biaya shared hosting ada yang mulai Dari mulai hanya Rp 1000 rupiah perbulan hingga ratusan ribu perbulan.Tergantung spesifikasi dan fitur webserver yang di order,seperti kapasitas penyimpanan dan bandwidth.

Yok tunggu apalagi, jika merasa sudah siap dengan situs pertama, mulailah sekarang juga!!
Untuk Cara menginstall situs, step-by-stepnya nanti kita bahas pada artikel berikutnya.

Leave a Reply