Tips amankan akun facebook dibajak orang

No comments :

Advertisement
Berhati hatilah karena mungkin banyak orang yang mengintai akun facebook anda dengan berbagai maksud dan tujuan.
Jika Anda merasa bahwa akun facebook anda menyimpan hal rahasia Anda atau apapun yang bersifat penting makan lalkukanlah  Tips amankan akun facebook agar tidak dibajak orang berikut


Sebenarnya kecil kemungkinan orang bisa meretas sebuah akun facebook kecuali dengan cara yang bersumber dari  keteledoran pemilik akunnya sendiri.
Saya kira seorang hacker akan malas untuk melakukan aksi secara langsung menembus sistem keamanan facebook hanya demi 1  akun facebook.Mungkin bisa saja sih,namun usaha seperti itu tidak mudah begitu saja dilakukan.

Caranya cukup sederhana,asalkan telaten melakukan langkah langkah berikut,niscaya facebook anda akan aman aman saja;

  • Buat password yang berbeda untuk  email dan akun facebook,khususnya email harus lebih diperkuat keamanan passwordnya. 
  • Jangan mengunakan password yg sama dg alamat email,misalnya email anda adalah sugondojaya@mail.com dan passwordnya adalah sugondojaya,sugondojaya77.
  • Jgn membuat password ambil dari tgl lahir,alamat rumah,nomor rekening,nama anak,istri ataupun kata2 umum sehari hari.
  • Buat password yg unik untuk tiap akun anda,misal password untuk myspace berbeda dengan password untuk friendster dll.
  • Jika login memakai komputer orang atau warnet,jgn memasukkan data login yaitu email dan password dg cara mengetik...Lalu bgmana?,,,,,,,,,,,,,Caranya persiapkan semua data login anda yaitu password apa saja termasuk email dll) ,simpan di file.txt atau notepad lalu masukkan flasdisk.Dan jika mau login akun facebook/email di warnet atau PC orang sambungkan flasdisk anda tadi dan buka notepad yang berisi password lalu login dg menggunakan metode copypaste password+email/username anda.Intinya jangan memasukkan passwd dan username dg cara mengetik,tapi jangan lupa proteksi juga flasdisk dengan password.
  • Biasakan melakukan Clear Cookies pada browser, jika menggunakan komputer orang lain/warnet. Caranya untuk firefox, lihat tab menu kemudian klik  Alat > bersihkan riwayat terakhir > Pilih waktunya, sesuaikan saja dengan berapa lama anda berfacebook-an, 1 jam atau 2 jam.
  • Selau membiasakan diri untuk logout jika selesai berfacebookan/email melalui perangkat siapa saja.
  • Rahasiakan alamat email anda terutama kpd org tak dikenal,kecuali tidak ada pilihan lain.
  • Hentikan segera jika chating dengan friends yg mencurigakan dan tidak begitu dikenal,misalnya saja dia selalu bertanya dg hal yg pribadi,tidak jelas dan tdk penting.Ingat,mereka bisa mengorek pertanyaan keamanan dari akun anda saat dibuat.
  • Awas phising,,phising bisa dilakukan dg mengirim notifikasi ataupun verifikasi palsu  yg seolah olah resmi dari facebook.Hati hati jika ada pemberitahuan dari facebook yg tdk seperti biasanya,misal mengharuskan verifikasi ulang password.Phising biasanya menggunakan situs palsu yang sangat mirip,maka kenali urlnya sebelum melakukan aksi apa apa.Jika url asli facebook adalah www.facebook.com ,maka selain daripada yang itu bisa jadi adalah palsu.Yang palsu biasanya dimirip miripkan,seperti misalnya www.facelook.com ,www.facedook.com,fakebook.com dll.Phising ini juga kebanyakan memalsukan website penyedia email,misalnya gmail,yahoo dll.
  • Jaga kerahasiaan password terutama passwd email yg dipakai saat mendaftar facebook.Sering kejadian akun facebook kena bajak dengan jalan melalui email terlebih dulu.

Nomer satu yang paling harus di jaga adalah password dari email yang dipergunakan sebagai syarat saat pedaftaran akun facebook.
Saya yakin pasti akan lebih aman,,,,,
Sedia payung sebelum hujan,jgn bingung setelah ada kejadian.
Semoga trik jadul ini berguna!
Advertisement

Post a Comment

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com