X
    Categories: Audio

Power Supply 1 Trafo 2 Kiprok / Bridge – Skema, Kelebihan dan Peruntukannya

Ads

Power Supply Simetris pada umumnya menggunakan 1 kiprok atau dioda bridge untuk memberikan tegangan kepada power amplifier baik mono maupun stereo. Tapi disini saya akan membagikan 3 skema power supply yang berbeda tapi khusus yang menggunakan 2 kiprok yang bisa kita terapkan untuk beberapa keperluan. Lalu untuk apa menggunakan 2 kiprok / dioda bridge padahal 1 bridge saja kan sudah cukup? Supaya kamu mengerti apa alasannya, maka baca terus artikel ini sampai habis – toh kamu nggak rugi hanya tinggal baca saja, daripada saya yang harus menggambar dan menulis disini 😀

Cara Membuat Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok/dioda bridge untuk berbagai keperluan & Kelebihannya.

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok untuk menghidupi Power Amplifier dan Asesoris

Banyak manusia yang menggunakan 2 trafo bahkan lebih untuk 1 unit amplifier. Sebenarnya itu sah-sah saja, yang penting syaratnya kamu harus ada dana dobel untuk membeli 2 trafo tersebut, dimana yang harganya terus naik seiring kenaikan harga 9 bahan pokok 🙂 . Mungkin bagi kamu yang tak memiliki tanggung jawab sebagai kepala keluarga, 1 unit amplifier menggunakan 10 biji trafo pun nggak masalah karena nggak akan ada yang akan mengkritik. 😀

Nah bagi kamu yang masih harus membuat sejuta alasan kepada pendamping sebelum membeli komponen elektronika, maka solusi 1 trafo 2 kiprok ini bisa sangat membantu. Manfaatnya selain untuk efisiensi anggaran pengeluaran rumah tangga, cara ini juga bisa mengefektifkan penggunaan daya dirumah kamu supaya tagihan meteran PLN nggak terus membengkak hanya gara-gara setiap hari mendengarkan musiknya Canada, Aurora, Adella, Sonata, Monata, New Palapa, dkk setiap hari 😀 – artinya sama saja yaitu irit daya.

Dengan cara ini kamu bisa sedikti berhemat, dan kalau dipandang rangkaian unit amplifier kamu nggak terlalu ruwet, juga nggak terlalu berat kalau diangkat misalnya dipinjam tetangga unjtuk takziah, atau rapat RT. Pertanyaanya, apakah nanti tidak menyebabkan humming, braming, nois bin dengung kalau supply acesoriesnya diambil dari 1 trafo saja?…

Begini, masalah dengungan memang bisa disebabkan oleh supply yang kurang bersih, tapi kalau cara pengaturannya betul saya kira sama saja, Saya sendiri selalu menggunakan cara ini daripada harus rebutan budget belanja dengan istri – dan hasilnya bagus dan no dengungan. Asalkan pengkabelaan dan grounding kamu bagus nggak akan jadi masalah. Justru kalau kebanyakn trafo malah berpotensi dengung karena trafo mengeluarkan fluks/medan magnet yang bisa mempengaruhi signal terutama asesoris. Cek Id Ot :

Keterangan Komponen :

  • C1,C2 ; 1000UF/25V
  • C3, C4 : 470UF/25V
  • C5 -C8 : 10000UF/80V
  • R1,R2 : 100Ω

Biar tambah Glerr, gunakan Box Speaker Miniscoop dan Box speaker Planar

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 Kiprok untuk Meningkatkan Arus dan Membersihkan tegangan

Memang, 1 kiprok saja sudah cukup untuk mengurusi 1 unit power amplifier, namun apabila kamu mau menyisihkan sedikit rupiah untuk menambah 1 lagi dioda bridge/ kiprok maka itu nggak akan sia-sia, Jelas ini akan ada manfaatnya –  terutama jika kamu masih menggunakan power 150 standar dengan trafo 5 ampere.

Dengan menggunakan skema rangkaian 1trafo 2 kiprok berikut ini, maka kamu akan mendapatkan supply yang lebih bersih dan lebih kuat arusnya(konon sih). Tapi memang betul kayaknya, soalnya setelah saya praktekkan hasilnya bagus banget, suaranya lebih jernih dan bassnya lebih menendang padahal hanya power OCL 150watt standard 1 set tr final.

Ide ini saya dapatkan dari komunitas, yang sudah melewati perdebatan panjang pro & cons yang panjangnya hingga ratusan komentar. Ada yang bilang short? tapi tidak jika LILITAN PADA CT DI CUT dulu… 🙂 Baca juga : Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

JADI DENGAN CATATAN: 

Kamu harus sedikit memodifikasi Trafo CT, dengan cara memisahkan antar lilitan yang terhubung menjadi satu pada pin CT supaya tidak short!! . Ujung potongan kawat email yang satu ke kiprok yang ini, dan ujung potongan yang lain ke kiprok satunya. Lihat Gambar dibawah ini!

 

LIHAT DALAM SKEMA

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok untuk menghidupi Power Amplifier Stereo

“Bukankah kalau powernya stereo/dual power amp, power supplynya sudah cukup walau hanya dengan menggunakan 1kiprok/diode bridge saja? kan hanya tinggal gabungin saja toh Boss?”

Kalau kamu mau tanya seperti itu di komentar dijamin nggak akan saya balas. Ya memang benar itu sudah cukup – artinya kamu bisa menggunakan 1 power supply simetris untuk dual power amp/stereo seperti biasanya.

Akan tetapi jika kamu rela menyisihkan anggaran untuk tambahan kiprok/dioda bridge maka kamu akan mendapatkan manafaat lebih dari pada jika hanya menggunakan 1 kiprok seperti yang lain kebanyakan. Lalu apa manfaat dan apakah ada  kerugiaannnya menggunakan cara seperti ini? Tentu saja ada, sbb:

Manfaatnya :

  1. Kamu akan mudah melacaknya jika ada masalah dengan power ampli dikemudian hari
  2. JIka ada masalah pada power ampli yang channel L atau R, maka chanel yang lain tetap aman atau tidak terganggu
  3. Jika salah satu chanel ada yang short/koslet misalnya final short atau speaker short, maka tidak akan mempengaruhi/merusak komponen channel yang lain.
  4. Dioda bridge panasnya akan berkurang karena panasnya akan dibagi untuk masing-masing diode bridge. Karena panas pada diode bridge akan sangat menurunkan efektifitasnya dengan kata lain mengurangi arus.

Kerugiannya :

Kerugiannya ya kamu harus membeli 2 kiprok padahal satu saja sudah bisa sebenarnya, tapi pertimbangkan beberapa keuntungannya diatas. Jika kamu ingin menggabungkan 2 trafo untuk 1 driver  => klik disini.

Berikut gambar skemanya :

Demikian sob 3 cara menggunakan 2 kiprok dengan 1 trafo pada power supply simetris untuk unit power / amplifier dengan penjelasan, kegunaan, manfaat dan tujuanya.

Artikel di Update pada Juni 24, 2023 4:35 am

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (65)

  • Mas saya punya trafo 5A untuk ampli dan tone control, tapi setelah saya menambahkan mp3 bluetooth kenapa berdengung si tone control seolah tidak mau berbagi supply sama mp3 bluetooth, mohon pencerahannya

  • Tanya mas,saya merakit amplifier streo dengan travo 10a 32 ct 32 elco 8 biji 80v 10000mf.trus saya pake tr sanken 1set 1set,,itu saya harus pake sepiker berapa 12" dan brapa waht biar maksimal hasilnya?
    terimakasih mas.

  • Apakah bisa 1 trafo ,2 kid drever mono dengan masing-masing kit drever mempunyai tone control yg sama?
    Karena saya ingin masing-masing tone control berbeda kebutuhan. Misalnya tone control A untuk low ,dan tone control B untuk sub.

  • mas supri itu trafonya kan 5 ampere, gimana kalao pakai trafo yg 10 ampere murni mohon pencerahannya mksh

    • Elco semakin besar bagus, tapi sesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya belasan Watt bebannya 2200uf sudah cukup, voltnya elco mengikuti berapa tegangan yg digunakan

  • Mas Supri..mau tanya ya.
    Kendala yg sy alami adalah psu utk kipas pendingin dan mp3 player tdk bisa gabung dgn psu ampli krn terjadi dengung. Kendala ini sy ketahui setelah menggunakan aki yg berbeda utk kipas dan mp3 player dgn aki utk ampli. Psu yg sy perlukan dc 12v non simetris. Rencananya sy mau pakai trafo.
    Ada 3 pertanyaan ya.
    1. Utk skema no 1 apakah CT perlu di cut jg?
    2. Kalau pakai trafo non CT dan kebetulan tdk perlu tegangan simetris, apakah bisa gunakan skema no 1 ?
    3. Jika menggunakan skema no 1, apakah arus + dan - output dari kiprok bisa diparalelkan utk cas aki? Apakah prinsipnya sama dgn menggabungkan 2 trafo utk menambah arus?
    Kebetulan ampli akan sy setting tetap bekerja meskipun pln padam dan kalau pln nyala maka ampli tetap bekerja dan sekaligus mengecas aki.
    Trims sebelumnya

    • 1. tidak perlu
      2. bisa saja
      3. Bisa saja, tapi pertanyaanya bisa mengganggu amplifier karena ketika accu dalam keadaan mengisi butuh arus yang besar. Prinsip menggabungkan 2 trafo akan bekerja baik jika arus dan tegangan sama dan trafo juga pakai dioda, nah tapi jika digabung dengan aki tentu bisa tidak sama dg prinsip itu apalagi aki sedang kosong malah justru aki akan membebani. Ketika aki sudah penuh sebaiknya dicut dari power supply/trafo, bisa juga pakai rangkaian cut-off otomatis

  • MET pagi gan...
    Saya ada tanyakan sedikit apakah keluaran trafo tegangannya akan diperbesar otomatis bila digunakan dioda kiprop?? Misal trafo non CT 24 volt ac sebagai inputnya kemudian output kipropnya jadi 37 v DC apakah bisa demikian???

    • 24VAC jika disearahkan akan menjadi sekitar 34VDC. Ada rumusnya yaitu VDC=VAC X 1,4142.
      jadi : VDC = 24VAC X 1,4142
      VDC = 33.9408/atau sekitar 34VDC

  • mas, itu kan yang 1 trafo 2 kiprok untuk 2 driver (foto terakhir)

    contohnya : travo 20A 45VAC standarnya hanya bisa di handle 8set sanken, jadi permono 4set sanken
    apakah belah ct, permono jadinya bisa untuk 8set sanken, jadi total bisa 16set sanken?

    • Sebenarnya tidak seperti itu menghitungnya. Menghitung tegangan dan ampere trafo terkait dengan daya keluaran / watt amplifier bukan Tr final. TR final berapa set hanya menyesuaikan dengan kemampuan trafo sesuai dengan daya keluaran yang di inginkan.

      Jadi sederhannya begini : Misalnya trafo 20A maksimal mampu menghasilkan daya(sesuai rumus daya) yaitu 800W main di speaker 8ohm. Maka jika 2 channel akan dibagi yaitu channl 1 dan 2 @ouput 400W speaker 8ohm. Misalnya sanken per-set mampu 200W maka perchannel hanya butuh 2 set saja, jika lebih dari 2 set hanya akan bermanfaat mengurangi panas. Baca Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

      Kesimpulannya: rangkaian trafo diatas tidak untuk meningkatkan daya keluaran tapi diinginkan untuk memaksimalkan power supplynya saja.

  • Maaf juragan, mau nanya juga nih ane. Saya punya power 500watt mono dan trafo 5A murni. Di PCB tertulis input powernya 70volt, sedangkan trafo 5A hanya ada output max 32volt. Pertanyaan saya, bisakah output trafo 32volt dan 25volt digabung supaya menghasilkan 50volt (misalnya) buat ngangkat power ampli saya yang membutuhkan supply 70volt tersebut?

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads