Spesifikasi Hardware Komputer untuk menjalankan Windows 8

Windows 8 juga dirancang untuk bisa berjalan pada semua hardware komputer yang sebelumnya telah mampu untuk menjalankan windows 7. Sistem operasi microsoft terbaru ini sebenarnya masih identik dengan versi sebelumnya, yaitu windows 7.

Advertisement

Persyaratan minimum adalah hanya sebagian cerita saja. Yang penting untuk dipahami juga adalah, “Semua hardware Komputer hanya sekedar bisa menjalankan windows 8, atau bisa menjalankan windows 8 dengan baik”.

Beberapa spesifikasi hardware yang disarankan untuk menjalankan windows 8 dengan baik.

CPU

Menurut microsoft, clock speed CPU setidaknya 1 GHz atau lebih.
Namun kita semua sudah tahu bahwa clock speed pada dasarnya tidak relevan untuk membandingkan prosesor dengan desain yang berbeda. CPU generasi Pentium tua sudah 1GHz, namun Anda hanya akan mendapatkan kesusahan jika menjalankan sistem operasi modern.

Jika Anda ingin puas menjalankan windows 8, CPU komputer Anda setidaknya dual-core, atau Intel Core 2 Duo Intel, maupun AMD Athlon X2s. Kedua prosesor tersebut sudah umum dipergunakan semenjak 2006 – 2007.

GRAFIK (GPU)

Menurut Microsoft , perangkat grafis seperti DirectX 9 dengan WDDM driver 1.0 atau lebih tinggi. Namun game terbaru yang sangat sederhana bisa memberikan masalah saat dijalankan pada kartu grafis model lama.

Windows 8 kurang baik untuk hardware grafis yang lebih tua dan grafis kelas low-end . Microsoft sendiri mengatakan bahwa ” beberapa permainan dan perangkat lunak lain ” memerlukan GPU sekelas DirectX 10, yang mulai diluncurkan sekitar akhir tahun 2006 dan 2007. Jika Anda sudah memiliki prosesor grafis khusus dari ATI / AMD Radeon HD seri 2000 atau NVIDIA GeForce seri 8, atau yang lebih tinggi, driver untuk kartu Anda harus siap tersedia dari AMD , NVIDIA , atau melalui Windows Update.

Lihat Juga :  Sejarah Prosesor

Untuk mendapatkan pengalaman yang layak Windows 8 , direkomendasikan untuk menggunakan AMD Radeon HD 3200 (2008 ) atau lebih tinggi , NVIDIA GeForce 9400 (2008) atau lebih tinggi, atau GPU Intel HD ( 2010),tiga generasi terakhir prosesor Intel .

Jika Anda tidak yakin apa prosesor grafis yang digunakan pada komputer Anda, Anda dapat mengetahuinya di Device Manager Windows,  atau dengan menggunakan program GPU – Z , program pihak ketiga yang berguna untuk mendapatkan informasi rinci tentang hardware Komputer Anda.

RAM

Microsoft mengatakan, RAM 1GB ( 32 -bit ) atau 2GB ( 64 -bit ).
Persyaratan RAM diatas sebenarnya terlalu rendah, dan bahkan terlalu rendah untuk Windows 8. Anda harus menggunakan setidaknya dua kali lipat jumlah RAM yang disarankan, untuk memastikan kinerja program tambahan . Windows 8 memang masih akan berjalan dengan jumlah RAM yang resmi direkomendasikan, tetapi jika komputer membuka beberapa program sekaligus, komputer akan cepat tertatih-tatih.

Hard disk

Microsoft mengatakan, minimim kapasitas hardisk untuk windoes 8, 16GB ( 32 -bit ) atau 20 GB ( 64 -bit ).

Kapasitas hardisk yang Anda gunakan untuk Windows tergantung sepenuhnya pada kebutuhan, jadi kita tak ada rekomendasi spesifik tentang hardisk.

Saya sarankan untuk menggunakan solid-state drive untuk boot Windows 8, tapi pada dasarnya semua komputer masih menjalankan sistem operasi sebelumnya. Windows 8 masih dapat berjalan dengan baik pada harddisk mekanik, dimana yang  masih digunakan pada sebagian besar desktop dan laptop .

Lihat Juga :  Cara mendeteksi gangguan pada harddisk

Windows 8 dan Netbook

Microsoft dengan bangga menyatakan bahwa OS baru ini(windows 8) masih akan berjalan lebih baik pada netbook, seperti halnya dengan Windows Vista.
Windows 8 memang masih bisa berjalan pada netbook, namun keterbatasan pada laptop kecil dapat berdampakpada fungsionalitas. Prosesor Atom, terutama variasi dual-core, masih dapat menjalankan Windows 8 dengan cukup baik, tapi prosesor grafis (GPU) , yang sering dipasangkan dengan Atom  – Intel GMA 950 , 3150 , dan 500 (sebagian besar built in GPU), semua berada di bawah persyaratan minimum GPU yang telah kita bicarakan di atas.

Bahkan bagaimanapun yang lebih bermasalah adalah resolusi layar, resolusi layar 1024×600 digunakan mayoritas netbook, yang terlalu kecil untuk menjalankan aplikasi Metro ( minimum adalah 1024×768 , atau 1366×768 untuk menggunakan fitur Metro Snap ) . Ini dengan sendirinya membatasi fungsi windows 8 pada netbook .

Ini berlaku hampir untuk semua desktop atau laptop yang dijual dengan Windows 7, dan banyak PC yang dijual selama pertengahan dan akhir era Vista (pertengahan hingga akhir 2007 dan seterusnya). Anda pasti masih bisa menjalankan Windows 8 pada hardware yang lebih rendah, namun mungkin Anda akan mendapati beberapa fitur dari windows 8 yang tak bisa dijalankan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *