Perbedaan Spanel dan Cpanel

Spanel dan Cpanel adalah fasilitas yang diberikan oleh provider webhosting kepada pelanggan/webmaster, yaitu untuk mengontrol fungsi fungsi situs yang berada di server.Panel kontrol situs bermacam macam, selain Spanel atau Cpanel, masih ada lagi seperti Vista Panel dari 000webhost.Baik Spanel,VistaPanel maupun Cpanel mempunyai fungsi dasar yang sama.Pemberian nama-nama yang berbeda itu dari pengembang masing masing aplikasi panel hosting tersebut.

Advertisement

Karena berbeda pengembang, panel server hosting yang ada tersebut tentu memiliki perbedaan-perbedaan/kekurangan kelebihan masing-masing dari segi fitur dan antarmuka.

Berikut Perbedaan Spanel dan Cpanel yang perlu diketahui:

 

Spanel

 

Perbedaan Spanel dan Cpanel

Spanel adalah panel kontrol hosting yang dikembangkan oleh PT Masterweb Networking (MWN) .Fungsi Spanel ini digunakan untuk mengontrol server yang berbasis LINUx debian dari masterweb.Antarmuka pada Spanel berbasis text dan web yang sederhana, sehingga lebih ringan dan akses cepat dalam mengontrol situs.Spanel memiliki fitur unik yang tidak terdapat didalam Cpanel, seperti fitur keamanan script CGI, histori backup, restore perfile dan AutoBBC.
Saat ini Spanel masih belum banyak mendukung script auto installer seperti halnya pada softaculous diCpanel.Untuk CMS WordPress, Joomla,PhpBB,Prestashop,MyBB,OpenCart,Modle dan Drupall sudah bisa dilakukan instalasi otomatis melalui spanel.

Cpanel

Perbedaan Spanel dan Cpanel

Cpanel adalah panel kontrol web yang rata rata di sediakan oleh webhosting.Dibandingkan dengan Spanel, Cpanel memiliki antarmuka berbasis grafis sehingga terasa lebih berat.Cpanel tidak memiliki fitur seperti keamanan script CGI seperti halnya pada spanel.Namun Cpanel memiliki fitur autoinstaller yang mendukung banyak sekali CMS website , yang bisa didapatkan melalui fitur Softaculous.

Lihat Juga :  Apa perbedaan Shared Hosting dan VPS?

Jadi anda bisa memilih jenis kontrol panel sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin lebih ringan pada saat mengontrol situs, bisa memilih spanel.
Namun jika ingin menginstal CMS secara otomatis selain WordPress, Joomla,PhpBB,Prestashop,MyBB,OpenCart,Modle dan Drupall, bisa memilih menggunakan Cpanel.

Jika Anda ingin menggunakan Spanel, tentunya harus hosting situs di provider Masterweb.Selain menyediakan Spanel, Materweb juga menyediakan pilihan untuk menggunakan Cpanel.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Perbedaan Spanel dan Cpanel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *