Penyebab dan Cara mengatasi program not responding pada windows

Bagi pengguna komputer windows, menemui masalah seperti “program not responding” adalah hal yang biasa.Disaat kita sedang menjalankan sebuah software,secara tiba tiba program tersebut ngelag untuk beberapa saat dan disertai pesan “program not responding”. Jika sudah begitu terkadang program tersebut tidak bisa dijalankan lagi dan harus direstart komputernya.

Advertisement

Penyebab munculnya pesan “program not responding” pada windows bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab antara lain:

Komputer menjalankan terlalu banyak program,sehingga kapasitas memory RAM tidak mencukupi.
Program yang berjalan tersebut sangat berat, dan spek hardware komputer yang kurang memadai.
program yang dijalankan atau file windows komputer yang sudah banyak yang corrupt atau rusak oleh berbagai macam akibat seperti: Komputer sering mati mendadak atau terkena virus.
Prosesor kepanasan dan masih banyak penyebab lain lain.

Pada keadaan yang lebih parah,untuk mengatasi hal ini anda perlu merepair atau instal ulang windows. Atau anda perlu untuk menambah kapasitas memory RAM komputer, jika banyak menjalankan program berat.

Tenang saja karena hal seperti itu adalah masalah yang sudah umum terjadi, pada saat yang sama anda hanya perlu menghentikan program tersebut dan mengaktifkannya lagi.
Namun jika sebuah program memberi pesan “program not responding” saat dijalankan,biasanya program tersebut tidak akan bisa ditutup.

Berikut cara mengatasi program not responding pada windows:

1.Buka windows task manager, gunakan shortcut Alt+Ctrl+Del
2.Setelah muncul windows task Manager, pilih tab Applications.
3.Klik pada program running yang ingin anda tutup (yang not reponding).
4.Klik End task

Lihat Juga :  Hal penting sebelum menginstal software

 

Cara mengatasi program not responding pada windows

Tunggu proses End Task sampai selesai, maka program not responding tersebut akan menutup (behenti berjalan)
Kemudian jalankan kembali program tersebut jika masih anda butuhkan.
Namun jika komputer tidak merespon perintah tersebut, artinya program tidak bisa menutup maka jalan satu satunya tetap restart komputer. Jika demikian berarti program windows komputer anda sudah tidak sehat lagi, dan perlu untuk dilakukan install ulang komputer . Namun sebelum melakukan install ulang, anda bisa mencoba dulu untuk memeriksa kondisi hardisk lebih dulu.

Hardisk yang sudah menurun RPMnya, banyak badsector, fragmentasi, dan berbagai masalah hardisk lainya, juga bisa menyebabkan program not responding. Untuk itu, memeriksa hardisk juga diperlukan untuk memastikan jikalau hardisk komputer Anda masih baik.

Masalah pada OS windows seperti file yang corrupt, missing atau rusak bisa menyebabkan masalah termasuk program not responding. Kerusakan atau missing file windows ini bisa disebabkan oleh virus dan penghapusan file yang dicurigai oleh antivirus. Kerusakan seperti ini wajar saja, dan anda mungkin hanya perlu untuk melakukan windows repairing atau install ulang.
Semoga membantu?..

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

4 thoughts on “Penyebab dan Cara mengatasi program not responding pada windows

    1. Supri Adi Post author

      Itu akibat banyaknya registry yang rusak/corrupt gan, biasanya kalau di end task dan dibuka lagi maka program baru bisa jalan. Nggak ada jalan lain, kecuali install ulang atau restore backup kalau ada. Jadi baca juga cara backup registry di Cara backup registry Windows XP , supaya nanti suatu saat kalau ada not responding, tinggal ambil backupnya saja. Trimakasih telah berkunjung dan kasih komennya . 🙂

      @anonymous : Install ulang Mas gan, setelah itu jgn lupa buat backup registrynya buat jaga-jaga

      Reply
  1. Anonymous

    betul tuh , programnya not responding yang jadi pertanyaan gimana cara mengatasi biar gak not responding lagi bukan windows task manager .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *