Antena penguat signal modem

Biaya akses internet kini bukan suatu yang mahal,karena bisa dilakukan dengan menggunakan modem wireless kecil mungil dan kecepatan aksesnya pun lumayan.
Beberapa operator juga menyediakan USB Modem wireles CDMA yang lebih murah,namun tidak kalah juga kecepatan aksesnya dengan wireles GSM.
Namun sayangnya,sampai saat ini tidak semua daerah bisa menikmati layanan akses wireless kecepatan tinggi ini.Hal tersebut dikarenakan belum dibangunnya antena BTS (Base Transmitter Station) operator didaerah tersebut.Kalaupun sudah ada BTS itupun letaknya jauh ,sehingga signal yang diterima modem sangat kecil berkisar antara 1 sampai 2 bar saja atau bahkan kadang lenyap ketelan angin.
Selain karena tempat BTS yang jauh,lemahnya signal yang diterima modem juga bisa disebabkan karena terhalang oleh gedung,pepohonan,bukit atau bermukim didaerah lembah.

Advertisement

Lemahnya signal atau bahkan hilang tentu saja akan mempengaruhi konektifitas modem,lambatnya proses upload/download atau koneksi terputus dan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan browsing kita.

Jika penerimaan signal modem didaerha tempat tinggal anda lemah seperti itu,bisa dicoba untuk menguatkan gain penerimaan signal modem menggunakan antena.Dan antena khusus dibuat untuk modem ini saat ini juga banyak disediakan oleh beberapa penjual diinternet.
Namun sayangnya,modem yang dibuat sekarang tidak semuanya diberi colokan antena khusus untuk menancapkan Pigtail (konektor) dari antena.Kalaupun ada,colokan tersebut masih tersembunyi di balik casing dari modem tersebut.Nah, Jika modem anda belum ada colokan tersebut,maka dengan terpaksa anda harus membuat lubang sendiri pada modem agar pigtail antena bisa dicolokkan.
Bagi yang mengetahui ilmu teknik elektronika,hal ini tidak menjadi masalah yang besar.Namun bagi yang belum tahu seluk beluk sirkuit dan komponen elektronik,membuat lubang pada modem menjadi beresiko justru merusak modem tersebut.

Lihat Juga :  Tips Merakit Komputer

Membuat antena modem sendiri (Outdoor antena).
Jangan khawatir karena anda bisa mencoba tips berikut,membuat antena modem tanpa melubangi modem ala saya.Hasilnya pun lumayan,signal dapat meningkat 2 atau 3 bar dari sebelum menggunakan antena ini.Dan yang paling penting,signal tidak sampai S-0 atau hilang.
Saya tidak bisa menampilkan gambar modem aslinya,karena saat ini didekat daerah tinggal saya sudah dibangun BTS operator.Sehingga sekarang saya tidak memerlukan antena modem itu lagi.

Sediakan bahan bahannya:
1.Kabel engkel sepanjang 50 CM
2.Isolatip
3.Triplek ukuran persegi 10x 5 CM
4.Pipa aluminium sepanjang 10 CM 2 buah
5.Kabel Coaksial (seperti kabel antena TV) sesuai kebutuhan.

Mara membuat antena modem
-Lilit modem anda menggunakan kabel engkel tadi,dan supaya lilitan kabel tidak kendor lapisi dengan isolatip.
-Pasang dengan baut kedua Pipa aluminium dengan arah sejajar.
-Hubungkan kedua kutub kabel yang dililitkan pada modem menggunakan cabel coaksial.
-Ujung abel coaksial yang satunya dihubungkan dengan antena modem,yaitu dua buah aluminium yang dibaut pada triplek tadi.

Antena penguat signal modem

Catatan: Jika anda bisa mendapatkan lubang colokan antena pada modem,anda bisa langsung mnghubungkannya menggunakan pigtail.jadi anda tidak perlu membuat lilitan yang melingkari modem.Hal ini tentunya lebih baik,karena antena terhubung langsung dengan modem.

Jika sudah selesai dibuat,sekarang pasang antena tersebut diluar rumah.Pasang antena pada posisi horizontal,dan diberi tiang agar memudahkan untuk mencari arah signal.

Lihat Juga :  Cara membuat alamat email dengan nama domain sendiri

Walaupun antena tersebut terlihat sederhana,namun itu adalah model teknik dasar pembuatan sebuah antena.
Silahkan mencoba membuat sendiri antena penguat signal modem murah meriah,semoga sukses!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Antena penguat signal modem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *