Bagian Bagian Motherboard dan fungsinya

Motherboard adalah salah satu bagian penting dari komputer, dan merupakan Papan sirkuit utama. Motherboard menghubungkan semua bagian dari komputer, yang Terdiri dari soket Processor, slot RAM,slot PCI, slot AGP, konektor IDE/SATA dan port.

Setiap motherboard dilengkapi dengan konektor dan slot untuk menghubungkan semua bagian yang terpisah dalam1 unit komputer.

Berikut ini daftar semua slot dan konektor yang ada pada motherboard dan fungsinya.

Macam macam slot dan konektor

  • Soket CPU
  • North Bridge
  • South Bridge
  • Slot RAM
  • Slot AGP
  • Slot PCI
  • Slot CNR
  • Konektor floppy
  • Konektor IDE Primer dan Sekunder
  • Konektor Daya
  • BIOS
  • CMOS
  • Ports

Kegunaan slot dan konektor

Socket CPU :

Bagian Bagian Motherboard dan fungsinya

Soket CPU atau Processor Socket, digunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket  yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket  ZIF. LIF singkatan dari Low Insertion Force, yaitu socket model lama, dan ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.

North Bridge :

North Bridge letaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari Motherboard, dan disebut juga dengan Memory Controller Hub. North Bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.

South Bridge :

South Bridge dan North Bridge adalah dua kutub utama motherboard. South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan skunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.

Slot RAM :

Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM. Ada  banyak jenis slot ram, yaitu  slot SD RAM, DDR, DDR2 dan slot DDR3. SD singkatan dari Synchronize Dynamic, dan DDR singkatan dari Stands for Double Data Rate. Baca juga : RAM dan kegunaanya

Baca Juga :  Cara Menghemat Baterai Laptop

Slot AGP :

Slot AGP digunakan untuk memasukkan atau menginstal AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3d. Letaknya selalu di samping slot PCI.

Slot PCI :

Slot PCI digunakan untuk menyisipkan atau menginstal Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner dll. PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.

Konektor Floppy:

Konektor Floppy digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan floppy drive. Ini dapat dihubungkan untuk dua floppy drive, sehingga bisa untuk menambahkan drive A dan drive B, dan memiliki 32 pin.

Antarmuka IDE Primer dan Sekunder:

Primary and Secondary IDE Interfaces juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD dan DVD drive .

Konektor SATA :

Konektor SATA juga disebut sebagai konektor Serial ATA.  SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA, seperti Hard disk drive dan CD atau DVD drive.

Konektor Power:

Konektor power ATX memiliki 20 atau 24 pin konektor, motherboard mengambil daya dari power supply melalui konektor ini.

BIOS :

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test ) .

Baterai CMOS:

Ada baterai di motherboard yang berbentuk bulat pipih yang disebut baterai CMOS, yang digunakan untuk menyalakan south bridge dan BIOS untuk menyimpan pengaturan data dan waktu .

Port:

Port digunakan untuk menghubungkan perangkat input dan output, terpasang pada motherboard, dan berada di belakang CPU. Macam macam bentuk dan fungsinya, diantaranya yaitu untuk menghubungkan komputer dengan monitor , mouse, USB, dan jek audio.

5 Comments

  1. Helmi Download Januari 19, 2015
  2. Hamdan Chandra Wirana Hamdan Oktober 27, 2014
  3. Helmi Irfansyah Oktober 23, 2014
  4. Anonymous Oktober 4, 2014
  5. ilham efendi April 29, 2014

Leave a Reply