Tips Membersihkan mesin mobil

No comments :

Advertisement
Walaupun posisi mesin letaknya berada didalam dan tidak kelihatan, namun jika keadaannya kotor dan kurang terawat kebersihannya bisa membuat kita kurang bahagia ketika mengecek mesin. Hal itu bisa saja mempengaruhi mood seseorang untuk berkendara, karena beranggapan jika mobilnya sudah jelek,kotor dan kumuh :) .
Membersihkan mesin memang cukup sulit dan tak boleh dilakukan sembarangan, ada tips tips khusus. Tak harus salon mobil yang melakukannya, anda sendiripun bisa dengan sedikit ketelatenan dengan mengetahui caranya.

Berikut tips membersihkan atau mencuci mesin mobil, sehingga mobil bisa selalu memberikan kebahagian anda sebagai pemilik.


Anda sangat perlu untuk mengetahui cara yang benar dan berhati-hati untuk membersihkan mesin mobil, karena jika tidak demikian bisa menghadirkan resiko kerusakan pada sistem kelistrikan mesin.

Hal yang perlu diperhatikan/dilakukan  sebelum mencuci mesin mobil

Mencuci mesin mobil, sebaiknya dilakukan saat mesin dalam kondisi hangat. Untuk itu lakukan pemanasan terlebih dahulu jika mesin masih dalam keadaan dingin beberapa saat.

Untuk menghindari agar air tidak masuk kedalam sistem kelistrikan, sebaiknya tutup bagian-bagian pengapian seperti Distributor, konektor, Kabel-kabel busi serta peranti elektronik mesin, dengan menggunakan kantong plastik, ikat dengan karet atau bisa di ikat dengan isolasi agar tidak ada kebocoran. Jika ada lekukan komponen yang sulit ditutup dengan plastik, anda bisa menggunakan alumunium foil yang fleksibel. Pastikan jika tutup lubang olie mesin dan stik pengecek oli (dipstick) sudah terpasang dengan baik.

Cara cara yang diperlukan saat mencuci mesin mobil


Mencuci bagian bawah kap mesin
Gunakanlah alat penyemprot air bertekanan untuk mempermudah pencucian . Pertamakali yang perlu dilakukan adalah membersihkan bagian bawah kap mesin dengan cara disemprot air,  setelah itu baru masuk membersihkan pada bagian dinding mesin.

Kotoran yang ada pada bagian kap mesin biasanya adalah olie yang bercampur dengan materi lain seperti lemak dan debu sehingga sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, pergunakan sabun krim deterjen untuk membersihkannya. Sifat sabun krim deterjen yang dapat melarutkan lemak ataupun olie akan memudahkan anda. Caranya: Gosok dinding kap mesin/menggunakan sikat yang berbulu agak kasar plus sabun dan air hingga kotoran larut, setelah itu segera bilas dengan air. Jangan biarkan air mengering dengan sendirinya, karena akan meninggalkan bekas dan menetes kebagian mesin. Untuk itu setelah dibilas, keringkan dengan menggunakan kain.

Cara Mencuci bagian blok mesin
Semprot seluruh blok mesin bagian belakang kemudian dilanjutkan kebagian depan. Setelah disemprot, bersihkan dinding mesin menggunakan spon yang dibasahi dengan sabun krim plus deterjen.Sedangkan untuk mengangkat kotoran yang ada pada bagian yang sulit dibersihkan bisa menggunakan kuas atau sikat gigi.Setelah itu, bilas dengan disemprot dan keringkan seluruh bagian mesin dengan lap kering.

Saat melakukan proses pencucian mesin mobil harus dilakukan dengan cermat, agar air tidak masuk dan mengganggu komponen mesin. Dan bila anda ragu untuk mencuci mesin sendiri, sebaiknya anda serahkan kepada ahli/salon mobil. Namun ingat, setelah mengetahui tips ini, anda mungkin sudah tahu apakah salon mobil mencuci mesin mobil anda dengan hati-hati atau sembrono.Apabila anda merasakan mereka terkesan sembrono mencucinya, sebaiknya lain kali anda mencari salon mobil lainnya.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com