Tips Agar Ban Mobil Awet

No comments :

Advertisement
Fungsi bagian dari mobil yang bernama ban ini tidak boleh diremehkan.Ban adalah komponen mobil yang menyangga beban dari seluruh bobot kendaraan.Fungsi penting lainnya dari ban adalah meredam guncangan, melakukan pengereman, memindahkan gaya dorong, meredam guncangan, membantu pengereman.Untuk itu ban haru selalu mendapat perhatian, selain supaya ban lebih awet juga agar memberikan fungsi maksimal terutama masalah keamanan berkendara.

Berikut tips agar ban mobil awet


Tekanan Angin

Sesuaikan tekanan angin menurut buku pedoman kendaraan.Jaga dengan memeriksa kondisi angin agar jangan sampai tekanannya kurang, periksa maksimal sebulan sekali.Jika tekanan angin tidak sesuai dengan beban kendaraan, bisa membuat didnding ban menjadi terkikis.

Spooring Balancing

Lakukan spooring balancing agar putaran semua roda menjadi selaras.Putaran yang tidak selaras akan mengakibatkan getaran pada kendaraan saat berjalan.Roda yang tidak balans juga akan mempercepat keausan ban, selain tidak nyaman dikendarai.

Merotasi ban

Lakukan rotasi ban secara berkala, maksimal setiap jarak tempuh mencapai 10.000km.Hal ini dimaksudkan untuk mencegah keausan yang tidak merata.

Maksimal beban

Beban muatan yang berlebihan dari beban ban maksimal yang disarankan akan mempercepat keausan.

Kondisi velg

Pastikan velg masih dalam keadaan bagus, tidak cacat, berubah bentuk ataupun berkarat.Velg yang sudah tidak normal demikian akan memperpendek umur pemakaian ban.Pasang dan keluarkan ban dari velg dengan hati-hati dan menggunakan minyak pelumas agar mudah.Pemasangan dan pelepasan ban dari velg yang

Kondisi jalan

Bagian samping ban tidak diberi baja pelapis seperti halnya pada telapak ban.Pilihlah jalan yang baik, kalau bisa jangan sampai terlalu sering masuk kedalam jalan berlubang.Kondisi jalan yang penuh lubang, jalanan yang kasar (misalnya paving) lebih cepat memakan ban.Jangan membelok tiba tiba pada saat ban masuk pada lubang dijalanan, usahakan telapak ban pas berada ditengah lubang, ini jika tak mungkin menghindari lubang.Perilaku mengemudi yang kasar dan jalanan yang rusak akan merusak benang-benang pelindung pada sisi samping ban.

Minyak

Ban jangan terkena minyak, bensin atau olie karena bisa membuat karet ban menjadi lebih lunak dan cepat habis.Untuk itu pada saat mencuci mobil, biasakan sekaligus mencuci ban dengan disikat dengan air sabun.


Parkir

Sering parkir ditempat panas akan membuat ban menjadi getas sehingga mudah retak atau pecah.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com