Agar signal modem kuat

Signal yang diterima modem salah satu faktor yang sangat menentukan terhadap kecepatan browsing internet anda.Kenapa signal yang diterima modem lemah?,,ada beberapa faktor, diantaranya: Pertama, perangkat modem anda terhalang oleh tembok beton atau baja, sehingga signal tidak bisa menembus dan tidak bisa diterima dengan baik. Dan yang kedua lokasi browsing anda jauh dari BTS milik provider /ISP internet langganan Anda.

Advertisement

Kedua faktor yang membuat signal modem lemah seperti diatas tidak bisa diatasi dengan trik-trik DNS/software.Karena permasalahan bukan pada komputer, modem atau ISP, melainkan pada signal yang diterima.
Satu-satunya cara agar internet berjalan dengan kecepatan normal dan tidak terputus-putus adalah bagaimana agar signal yang diterima modem menjadi kuat dan stabil.

Berikut tips agar Signal yang diterima modem menjadi lebih kuat dan efektif:

Lokasi/Ruangan

Jika anda berinternetan dirumah, cobalah untuk mencari ruangan dengan penerimaan signal terbaik.Sebab jika lokasi anda jauh dari BTS, lokasi tertentu didalam rumah bisa berbeda-beda penguatan signal yang diterima.Terutama jika berada dilantai dasar/ atau diruang bawah tanah, sebaiknya pindah ke lokasi lantai atas.Jika cara belum menyelesaikan masalah, cobalah cara selanjutnya dibawah ini.

Type Modem dan antena

Agar signal modem kuatJika anda memang menyadari jika lokasi anda jauh dari BTS operator, sebaiknya membeli modem yang dilengkapi dengan colokan antena.Antena adalah ciri khas dari peralatan yang mernggunakan gelombang elektromagnetik/radio.Kegunaan antena pada sistem radio sangat penting, termasuk untuk modem jika jauh dari BTS operator.

Type antena yang bisa anda pergunakan pada modem adalah:
Portabel antena: Antena ini hanya menempel pada alat modem anda dan tentunya berada didalam ruangan.Bisa anda pilih jika memang BTS masih tidak terlalu jauh dari posisi anda.Antena portabel ini bisa anda dapatkan membeli secara online jika tidak tersedia ditoko ditempat anda.

Antena Yagi untuk modem: Antena yagi didesain untuk menerima signal modem yang sangat lemah, untuk itu antena yagi biasanya bentuknya besar dan biasa diletakkan diluar ruangan.Saat ini mungkin type antena ini tidak banyak tersedia ditoko pada beberapa kota.Kalau membeli secara online, banyak yang sudah menyediakan.Antena yagi memiliki penguatan gain/signal yang lebih baik.Kelemahan antena luar ruangan adalah rentan terhadap petir, ketahui cara terbaik memasang antena luar disini.

Menggunakan Kabel USB/USB Extender

Agar signal modem kuatIni adalah salah satu pilihan jika modem anda tidak memiliki colokan antena, cara lain baca disini. Sifat utama kabel USB ini adalah agar modem bisa ditempatkan pada tempat yang bisa menerima signal dengan kuat, tanpa ikutan memindah komputernya.Dengan kabel USB, anda bisa meletakkan modem pada tempat yang lebih tinggi, sehingga signal menjadi lebih baik diterima.Menggunakan Kabel USB/USB Extender, anda tidak perlu mempergunakan antena.Kelemahannya, jika USB anda ulur di luar ruangan beresiko rusak jika tiba tiba ada hujan.

Demikian solusi bagaimana cara agar signal modem lebih kuat diterima, walaupun lokasi jauh dari BTS Operator.

Advertisement

Related Post

Cara Kerja Internet Sebelum kita mengenal cara kerja internet, sebaiknya kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang disebut internet. Kata "Internet" mungkin sudah tidak a...
Penyebab mesin mobil cepat panas Kendala umum pada suhu mobil yang cepat panas adalah adanya gangguan pada sistem pendingin.Jika memang gangguan ada pada sistem pendingin, maka ini ti...
Apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS?  HTTP dan HTTPS sekilas memang seperti tidak ada perbedaan yang sangat mencolok sekali. Ya, hanya beda pada penambahan karakter "S" pada bagian b...
Perbedaan Monitor LED dan LCD Sudah tahukah Perbedaan Monitor LED dan LCD sekaligus tentang teknologi yang digunakan? Ketika TV dan monitor komputer masih menggunakan monitor CRT ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *