Jenis Jenis server Komputer

‘Server’ adalah komputer khusus yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.Server bekerja untuk melayani komputer lain dalam sebuah jaringan atau klien. Sebuah server memiliki banyak fungsi dan penggunaan yang berbeda dalam memberikan fasilitas.

Sebelum kita bahas apa saja jenis jenis server menurut kegunaan,alangkah baiknya kita ketahui dulu “apakah server itu?”.

Server adalah sebuah perangkat yang telah disetting dengan program atau protokol tertentu, yang menyediakan berbagai layanan untuk komputer lain, atau menyediakan permintaan klien untuk melakukan tugas tertentu.

Server dan klien membentuk jaringan client / server, yang menyediakan sistem routing dan akses yang terpusat untuk informasi, sumber daya, menyimpan data, dll .
Pada tingkat dasar,server dapat dianggap sebagai solusi teknologi untuk melayani file, data, cetak, faks, sumber daya dan terdiri dari beberapa komputer.

Jenis Jenis server Komputer

Versi server yang lebih canggih, seperti Windows Small Business Server 2003 R2 memungkinkan pengguna untuk menangani account dan password, membolehkan atau membatasi akses ke sumber daya bersama, otomatis mendukung data dan dapat mengakses informasi bisnis dalam jarak jauh. Misalnya, file server adalah server yang menyimpan file dan memungkinkan klien atau pengguna untuk meng-upload dan download file.
Demikian pula web server dari situs web,dimana hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs tersebut.

Klien server mencakup perangkat seperti komputer, printer, fax atau perangkat lain yang dapat terhubung ke server. Dengan menggunakan server, seseorang dapat dengan aman berbagi file dan sumber daya.Seperti mesin fax dan printer.
Oleh karena itu, dengan jaringan server, karyawan dapat mengakses internet atau email perusahaan secara bersamaan.

 

Beberapa jenis server atau server jaringan yang kita kenal adalah sebagai berikut:

Server Platform: Server platform adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang paling mendasar pada sistem yang bertindak sebagai mesin pendorong server. Hal ini sering juga disebut dengan Operating System.

Application Server: Juga dikenal sebagai jenis dari middleware,yang  menempati sejumlah besar wilayah komputasi antara server database dan pengguna akhir, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan keduanya.

Baca Juga :  Cara Backup dan mengembalikan data bookmark, ekstensi dan password tersimpan Mozilla Firefox

Audio/Video Server: Untuk menyediakan multimedia kedalam  situs web sehingga pengguna dapat melakukan streaming konten multimedia.

Chat Server: Melayani pengguna untuk bertukar data dalam suatu lingkungan seperti newsgroup di internet yang menyediakan kemampuan diskusi secara real-time .

Fax Server: Digunakan sebagai salah satu pilihan terbaik jika sebuah lembaga menginginkan pengiriman dokumen yang terkirim tetap akan terlihat seperti dokumen yang sebenarnya.

FTP Server: Atau “File Transfer Protokol” adalah layanan tertua diInternet,berguna untuk menyediakan sarana transfer file yang aman antar komputer pengguna kedalam server.

Groupware Server: Adalah perangkat lunak yang dirancang sehingga memungkinkan pengguna untuk bekerja sama,dengan lokasi yang berjauhan  seperti melalui internet atau intranet perusahaan .

IRC Server: Sangat cocok bagi yang menyukai diskusi secara realtime.. IRC(Internet Relay Chat) terdiri dari jaringan server yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk terhubung satu sama lain.

List Server: Menyediakan cara yang lebih baik untuk mengelola milis.List server dapat digunakan untuk diskusi yang interaktif dan terbuka,memberikan pengumuman, newsletter atau iklan.

Mail Server: Untuk keperluan transfer dan penyimpanan surat melalui jaringan perusahaan seperti LAN, WAN, atau di Internet.

News Server: Berguna untuk distribusi atau pengiriman sumber berita umum untuk banyak orang.

Proxy Server: Server yang bertindak sebagai mediator antara klien dan server eksternal untuk menyaring permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan berbagi.

Telnet Server: Hal ini memungkinkan pengguna untuk log on ke komputer host dan menjalankan tugas seperti bekerja pada remote komputer.

Virtual Servers: Seperti sebuah komputer fisik ,karena hanya untuk memenuhi permintaan pribadi dari pelanggannya.Virtual Servers digunakan secara individual dengan tetap bisa menjaga privasi walaupun sebagai komputer yang terpisah.

Web Server: Menyediakan konten untuk web browser dengan cara mengirim atau memuat file dari disk dan memindahkannya ke web browser pengguna melalui jaringan internet. Pertukaran ini di mediasi oleh browser dan server, berkomunikasi menggunakan HTTP.

Masih banyak jenis server lain termasuk server open source, server Gopher dan Name server. Berbagai server dapat dikategorikan sesuai dengan aplikasi yang digunakan.

Leave a Reply