Antivirus komputer terbaik

No comments :

Advertisement
Antivirus adalah program wajib yang harus ada pada setiap perangkat komputer.Berbagai jenis ancaman malmware dan virus bisa berasal darimana saja.Sehingga program antivirus terbaik harus bisa mengenali dan menghentikan malmware dari manapun ia berasal.
Tempat tempat yang biasa digunakan untuk menyebarkan program malmware meliputi: Situs web,Email,Koneksi wi-fi,bluetooth,data traveller,eksecutable file,disisipkan kedalam perangkat lunak dan sebagainya.
Sudahkah komputer anda menginstal program antivirus terbaik yang dapat melindungi dari berbagai jenis ancaman dan sumber ancaman?..

Bagaimanakah program antivirus terbaik itu?

Saya kira banyak sekali antivirus terbaik saat ini,dan mereka memang berlomba untuk bisa memberikan program yang terbaik untuk mengambil hati konsumen.Bukan hal mudah memang untuk memilih salah satu yang paling cocok buat komputer kita.Kita perlu mengetahui performa mereka satu persatu dengan cara mengujinya.
Supaya tidak bingung,kita berikan kriteria umum yang harus diberikan sebuah program antivirus:

1,Rajin update: Pembuat program malmware tidak akan pernah berhenti untuk memperbaiki program buatannya.Mereka berusaha menambahkan sesuatu perbaikan , agar bisa mengalahkan perlindungan antivirus terbaru.Untuk itu,program antivirus juga harus rutin dan secepatnya melakukan pembaruan.

2.LinkScanner: Program antivirus yang baik juga harus memberikan fitur link scanner.Hal ini sangat dibutuhkan agar saat berselancar didunia maya komputer kita bebas dari resiko terinveksi virus.Kerja link scanner ini akan memberitahu pengguna dengan memberikan tanda khusus pada link(tautan) diinternet agar tidak mengkliknya.

3.Auto detection: Tanpa anda minta,antivirus harus bisa secara realtime melakukan pemeriksaan terhadap sistem anda.Segera melaporkan dan mengkarantina jika menemukan program yang mencurigakan.

4.Antispyware: Hal ini akan melindungi komputer anda dari aktifitas program yang bisa memata matai aktifitas komputer anda dan kemungkinan akan mencuri data milik anda.Pprogram yang tergolong spyware bisa juga melacak informasi pribadi anda.

5.Auto Scanning: Otomatis bisa mendeteksi dan menghentikan kemungkinan sebuah virus yang terdapat pada perangkat seperti flashdisk.
Antivirus terbaik juga harus bisa melindungi komputer anda jika menggunakan sambungan jaringan bersama seperti Wifi.Jika ada peretas yang akan masuk kedalam sistem anda melalui Wifi,program antivirus tersebut akan memberitahu kan anda.

6.AntiRootkit dan malmware:Melindungi komputer anda dari rootkit berbahaya,yaitu yang menyembunyi perangkat lunak jahat yang bisa mengambil alih sistem anda.

7.Ringan dan Cepat:Sebuah program antivirus yang ringan tidak akan membebani system anda untuk bekerja cepat.Beberapa antivirus ada yang terasa terlalu berat untuk spek komputer tertentu.Antivirus juga harus bisa bekerja lebih cepat saat diminta melakukan pelacakan.

8.Notifikasi: Antivirus terbaik akan memberikan pemberitahuan kepada anda jika telah mendeteksi sebuah program yang mencurigakan.Selain itu harus memberikan pilihan kepada pengguna apakah akan menghapus,mengkarantina atau membiarkannya.Karena beberapa file program tertentu yang bukan virus tapi dianggap virus oleh antivirus tertentu.

Tips: Untuk kita yang tinggal di Indonesia,sebaiknya memadukan program antivirus international dengan anti virus lokal.Antivirus lokal akan berguna untuk mendeteksi dan menghentikan virus lokal juga,Sebab beberapa varian virus lokal tidak terdeteksi oleh antivirus import.Rekomendasi : Anda bisa menggunakan antivirus SMADAV yang versi gratis maupun pro.SMADAV sudah dilengkapi dengan sistem autoscanner untuk flashdisk ,selain itu SMADAV adalah antivitus yang ringan dan telah menyimpan database virus lebih lengkap.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com