Cara membuat blog wordpress

Blog wordpress disini adalah wordpress versi self hosting yaitu yang menggunakan CMS (Content Management System) open source yang dikembangkan oleh wordpress.org.

Versi lainnya dari blog  wordpress adalah blog wordpress gratis dari wordpress.com,dan ini sangat mudah sehingga tidak perlu dibahas lagi.Jika kamu marasa malas menghosting blog sendiri kamu bisa bikin di wordpress.com,namun kamu harus membayar agar mendapat fitur yang lebih banyak.

Menggunakan CMS wordpress hosting sendiri bisa menjadi pilihan jika kamu ada dana untuk blog kamu.Dana untuk membayar sewa hosting sekaligus dana untuk sewa domain yang harus diperpanjang setahun sekali.Saya tidak menganjurkan hosting gratisan,namun tidak masalah jika hanya untuk pembelajaran saja.

Banyak keistimewaan jika kamu bikin blog wordpress self hosting,diantaranya;

  • WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan dan paling mudah.
  • WordPress adalah CMS opensource sehingga kamu bebas bereksplorasi dengan blog kamu.
  • Banyak aplikasi buatan pihak ke 3 mendukung WordPress yang disebut dengan plugin.
  • Mendukung PHP karena selain bisa menggantikan javascript,dengan PHP kamu bebas bereksplorasi dengan aplikasi blog.PHP bekerja pada server sehingga blog lebih ringan daripada yang menggunakan aplikasi javascript.
  • Blog lebih aman dari banned karena memang berada dalam kuasa penuh kamu,namun dari sisi celah keamanan harus lebih diperhatikan agar tidak diretas orang.
Baca Juga :  Cara mengatur tataletak elemen pada template blog



Langkah langkah membuat blog wordpress hosting sendiri.

  • Sewa hosting dan domain (1paket) melalui jasa hosting atau menyewa dedicated server sendiri.
  • Tentu saja lebih baik menyewa hosting dan domain melalui jasa hosting dulu jika masih pemula,karena memakai dedicated server selain lebih mahal,kamu harus memiliki pengetahuan tentang ini.
  • Jika sudah merasa butuh untuk menyewa server,kamu bisa upgrade lain waktu apabila diperlukan.
  • Jika kamu menyewa hosting,biasanya jasa hosting sudah menyediakan fitur yang dikenal dengan softaculous.Softaculous adalah  fitur yang menyediakan autoinstaller /fantastico untuk banyak sekali CMS website.Dengan autoinstaller kamu hanya tinggal melakukan one click install untuk blog wordpress kamu,maka blog sudah jadi.Hal lebih lanjut bisa berkonsultasi kepada penyedia hosting,bahkan mereka ada yang mau sekaligus menginstallkan blog WP kamu.
  • Bog sekarang sudah jadi,tinggal kamu memilih template sesuai dengan tema kesukaan melalui admin area dan mulailah posting.Beragam plugin yang dibutuhkan juga tersedia dan bisa langsung diinstall melalui admin area.

Hal lain untuk cara tips dan trik blog wordpress,kita bahas pada posting selanjutnya.

Leave a Reply