Cara mendeteksi gangguan pada harddisk

No comments :

Advertisement
Gangguan  pada hardisk jika lama tidak diperhatikan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan atau badsector.Penyebabnya bermacam-macam diantaranya adalah listrik tidak stabil dan sering mematikan komputer tanpa melalui prosedur logging off atau juga sering mati mendadak karena padamnya listrik.
Coba lakukan pendeteksian kemungkinan terjadinya gangguan pada hardisk jika pemakaian komputer anda sudah tidak normal seperti biasanya.

Bagaimana caranya mengetahui kalau hardisk komputer telah terjadi gangguan?,,ikuti langkah berikut untuk mendeteksi gangguan pada hard disk.

- Restart komputer anda , lalu masuklah ke  "BIOS Setup",
Lalu silahkan melakukan pengaturan "IDE HDD Auto Detection". ini diperlukan agar BIOS dapat mendeteksi keberadaan hard disk secara otomatis.
Jika parameter hard disk tampil atau terdeteksi di BIOS, berarti hard disk kemungkinan masih bisa dipergunakan. Akan tetapi jika parameter hard disk yang ditunjukkan oleh "BIOS Setup" adalah Null atau artinya kosong, ini berarti harddisk mengalami kerusakan.

Bagaimana cara memperbaiki hardisk jika betul terjadi gangguan?
- Patikanlah kondisi dari hardisk dengan cara yang lumrah dipakai oleh teknisi komputer,yaitu memformatnya melalui DOS.

Setelah hardisk terdeteksi pada "BIOS Setup", maka format hard disk melalui DOS hingga sampai selesai (100%).Mengapa Harus sampai selesai 100%?.. Jika tidak tuntas sampai selesai akan menyebabkan hard disk menjadi rusak atau "Bad Sector".
Cara mendeteksi gangguan pada  harddisk
IMG Source: flickr.com
Kamu bisa memulihkan kembali kondisi hard disk yang sudah "Bad Sector" asal kondisinya masih belum terlalu parah.Gunakan software "HDD Regenerator" untuk memulihkannya kembali.
Advertisement

Post a Comment

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com