X

Desain Skema Box Speaker Sub Horn 18 Single Profesional 700W-1400W

Ads

Banyak sekali desain box speaker sub horn 18 yang ada, namun yang ini sedikit berbeda. Banyak keistimewaan dari sub horn ini, terutama karena efisiensi yang tidak membutuhkan daya amplifier yang tinggi. Alasan tersebut sangat masuk akal karena volumenya yang besar dimana lebih efektif untuk meningkatkan gain. Dengan demikian kita tak perlu menggunakan banyak speaker sub dan tidak perlu memiliki spesifikasi maksimal termasuk power amplifiernya – cukup antara 400-1400W saja. Respon frekwensi baik di 35Hz – 150Hz, jadi memang cocok sekali untuk mereproduksi bass rendah yang keras dan berjarak jangkau jauh.

Satu kelemahan dari box speaker super sub horn ini yaitu kita akan menggunakan lebih banyak material papan untuk membuatnya. Dimana kita harus membuat 2 modul hanya untuk single speaker 18, dimana modul atas sebagai sub atau driver compartement dan modul 2 sebagai direknya. Bisa saja kita membuatnya permanen / tidak terpisah menjadi 2 modul, tapi nanti akan kesulitan untuk mengangkutnya dengan mobil pickup – jadi sebaiknya memang harus bisa dipisah. Desain yang mirip dengan sub horn ini adalah speaker CBS yang sudah saya posting kemarin.

Skema Box speaker Sub Horn 18 professional 400Watt – 1400Watt Untuk Lapangan

Bahan

Material papan yang bisa dipakai harus memiliki ketebalan 18mm jika menurut skema ini, multiplex disarankan karena lebih ringan. Lem harus kuat misalnya epoxy atau lem kayu kombinasi skrup. Disarankan dicat duco atau semacamnya supaya box tidak mudah menyerap air sehingga cepat rusak.

Seperti yang sudah dijelaskan, box ini terdiri dari 2 modul terpisah yaitu modul atas dan bawah. Jadi saya bahas satu-persatu kedua modul tersebut.

MODUL 1

1. Papan sisi kiri dan ukuran panel-panel

 


2. Driver compartment dan ukuran driver access panel

Berikut adalah gambar ruang driver/driver compartement yang dilengkapi dengan driver acces panel, seperti pada umumnya box speaker horn driver tertutup.

3. Ukuran Brace/penjepit

Brace pada modul 1  ada 2 buah, berguna untuk menjepit atau menahan agar box tidak bergetar.

4. Ukuran panel bawah

Panel bawah dilengkapi dengan port-port untuk menghubungkannya dengan modul kedua sehingga membentuk box speaker jenis horn utuh. Dimensi panel bawah 1120.0mm x 536.0mm

5. Merakit

Ketika sudah selesai, kira-kira modul pertama akan tampak seperti gambar dibawah ini:

 

MODUL 2

1 Ukuran sisi kiri dan panel-panel


2. Ukuran Top panel

Port-port pada modul 2 ada diatas tentunya yang nanti akan terhubungkan dengan modul 1 sub


3. Ukuran Brace

Brace hanya ada 1 buah pada modul 2

PENGGABUNGAN MODUL 1 DAN MODUL 2

Ketika modul 1 dan modul 2 selesai dibuat, maka berikut kira-kira setelah keduanya digabung dan siap untuk cek sound 😀

Cek sound!

Jika perlu box diikat agar tidak bergeser atau bergetar.

Type box speaker pada skema box horn sub 18 untuk lapangan diatas adalah sealed speaker box, atau type box tertutup. Adalah jenis speaker bandpass, bass reflex, atau sub-bass. Desain kali ini cukup speasial, dan tampak professional. Selain tidak membutuhkan banyak driver, box ini juga cukup hemat power karena volumenya yang besar. Saya kira sangat cocok bagi yang pengen segera cek sound atau tanggapan diluar meskipun dengan dana yang terbatas. Desain juga tak terlalu rumit meskipun berukuran jumbo seperti box speaker jenis lain misalnya hog scoop. Selamat bereksperimen!

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (2)

  • Bos, box model ini kalau untuk sub woofer 10" bagus? Kalau boleh perbandingan ukuran untuk sub woofer 10" dong,,, thx

    • Bagus juga untuk lingkup kecil :D . Dikarang-karang sajalah, dikira kira seusai gambar diatas. 10 inc tak perlu pakai brace tidak apa-apa.

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads