Mengenal apa itu TROJAN

Bagi Kamu yang sudah akrab dengan komputer dan internet, istilah trojan mungkin sudah tak asing lagi.Sebuah program yang tak dikehendaki dan tak diketahui jika berada didalam komputer kamu.Trojan identik dengan virus,malmware,spyware atau backdoor dan cenderung merugikan pengguna komputer.

Advertisement

Lalu dari manakah asal kata Trojan?,apa tujuan sebenarnya dari trojan?, bagaimana dia bisa menyelinap kedalam komputer kita?, dan apa bedanya trojan dengan virus?,, dalam artikel ini, marilah kita bahas bersama tentang trojan untuk melengkapi pengetahuan dalam ilmu komputer.

Istilah Trojan inpirasinya diambil dari kata “Kuda Troya”, yang berasal dari kisah mitologi Yunani saat perang  melawan pasukan kerajaan Troya. Berikut kisahnya:

Pada cerita itu, dikatakan Jika pasukan Yunani kalah kuat untuk menghadapi pasukan troya.Maka timbulah pemikiran diantara pimpinan pasukan Yunani untuk bisa mengalahkan pasukan Troya dengan mudah.Dari situ timbul ide untuk menyusupkan pasukan Yunani kedalam benteng dengan aman, karena serangan dianggap efektif jika pasukan Yunani bisa masuk kedalam benteng pasukan Troya.Strategi yang diketemukan agar bisa menyusupkan pasukan yunani dengan mudah dan aman adalah membuat sebuah patung kuda besar, dan didalamnya diisi oleh pasukan penyerang.Caranya, Yunani pura-pura mundur dan menyerahkan Patung Kuda tersebut sebagai hadiah kepada kerajaan Troya, dan patung kuda tersebut pada akhirnya memang benar-benar bisa masuk dan diterima dengan sambutan baik kerajaan Troya.Dan pada malam harinya, seluruh pasukan yunani yang berada didalam kuda kayu tersebut keluar dan menyerang pada saat pasukan troya sedang lalai.Akhirnya melalui strategi Kuda Troya tersebut, pasukan Yunani berhasil menaklukkan pasukan kerajaan troya.

Hal itulah yang membuat Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambilalih kota Troya.

Apa itu trojan?, dan apa bedanya dengan virus?

Trojan Horse digolongkan kedalam jenis malmware(program yang gerak geriknya mencurigakan) .Bedanya, yang disebut  trojan itu  tidak menggandakan diri seperti halnya pada Virus komputer atau yang suka menyelinap jauh kedalam sistem komputer yang disebut worm .

Lihat Juga :  Laptop dibuat main game cepat rusak?

Beberapa jenis Trojan. 

Beberapa jenis trojan diantaranya adalah: Remote Access Trojan  (RAT), Trojan backdoor (backdoors), IRC Trojan (IRCbots), dan Trojan keylogging. Banyak juga Trojan yang mencakup beberapa jenis sekaligus. Sebagai contoh, Trojan dapat berisi dua jenis, yaitu keylogger dan backdoor. IRC Trojan sering digabungkan dengan backdoors dan RAT, untuk menciptakan koleksi komputer yang terinfeksi yang dikenal sebagai botnet.

Ada jenis trojan yang tidak perlu untuk menjelajah hardrive komputer kamu, namun bekerja hanya mengandalkan satu trik.Keylogger adalah jenis trojan yang cukup hanya merekam aktifitas user saat mengetik.Ia akan menangkap keystrokes pengguna saat mengetik dan mengirim catatan  kepada sang pemilik yang memasang keylogger. Beberapa keyloggers ini bisa lebih canggih lagi, hanya menargetkan pada situs-situs tertentu (misalnya) dan menangkap setiap keystrokes  pada saat-saat user melakukan aktifitas khusus.

Kenapa penting untuk mengetahui perbedaan antara virus, worm, dan Trojan? Karena virus biasanya menginfeksi file yang sah, sehingga jika perangkat lunak antivirus mendeteksi virus, dan file itu akan dihentikan. Sebaliknya, jika perangkat lunak antivirus mendeteksi Trojan, tidak akan ada file yang sah dikomputer anda yang terlibat (terinfeksi), sehingga tidak mengharuskan antivirus untuk menghapusnya.Untuk itu, antivirus yang terbaik harus bisa mendeteksi semuanya, virus maupun varian trojan (spyware).

Pada umumya
trojan tidak membahayakan sistem komputer(ada juga yang membahayakan),
namun yang disebut trojan itu adalah yang kerjanya menjelajahi hard
drive Anda untuk mencari informasi pribadi seperti info keuangan,
keamanan sosial, rekening, dan nomor PIN. Setelah itu data yang
diperoleh dari komputer pengguna tersebut akan dikumpulkan dan setelah
itu dikirim ke database pembuat trojan.Jadi, kesimpulannya trojan tidak
merusak sistem komputer secara sengaja, hanya “mencuri” data penting
anada yang disimpan dalam komputer.Dan apa yang kita sebut sebagai virus
adalah worm.Worm biasanya dibuat untuk mengisengi komputer korban,
membuat komputer gagal bekerja dengan jalan menggandakan file secara
cepat.

Lihat Juga :  Cara mendeteksi gangguan pada harddisk

Cara trojan disebarkan

Trojan biasa disebar pembuatnya melalui file download diinternet,
lampian email, disisipkan pada program yang seolah baik, atau bahkan
berperilaku sebagai program yang berguna.Bahkan komputer bisa menginstal
trojan tanpa sengaja, ketika ia mengunjungi laman sebuah situs.Bahkan
banyak kasus, trojan bisa disisipkan oleh pembuatnya kedalam hosting
situs baik-baik tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Apa itu Adware, dan apakah termasuk trojan?

Adware adalah perangkat lunak yang mengacu pada jenis perangkat lunak yang mencurigakan (malicious ware).Sama dengan sifat varian trojan lain,  yaitu adware masuk kedalam komputer user secara tak disadari dan berjalan dibelakang tanpa diketahui (stealt).Pada umumnya Adware akan masuk kedalam komputer user dengan cara disertakan bersama program freeware atau share ware.Adware seperti namanya, kerjanya anya  memantau kebiasaan user saat berselancar diinternet dan mengumpulkan informasinya, kemudian info yang didapat akan dikirimkan kepada perusahaan marketing, sehingga mereka bisa mengirimkan iklan yang tepat dengan user.Adware tidak membahayakan sistem user, hanya saja biasanya kehadiran adware akan mengganggu kenyamanan pengguna komputer.
Menurut cara mereka bekerja dan cara masuk kedalam komputer, Adware bisa saja disebut Trojan jenis spyware.Karena kerjanya yang tidak agresif terhadap sistem komputer, adware biasanya tidak akan terdeteksi oleh beberapa jenis antivirus.Dan pada beberapa jenis program antivirus antispyware bisa mendeteksi, karena sifat adware yang memata matai komputer user akan terdeteksi sebagai spyware.Untuk itu, antivirus anda harus yang ada fitur antispywarenya supaya bisa mendeteksi adware.

Cara menghindari trojan

Install antivirus yang bisa memberikan perlindungan ganda, seperti bisa melindungi komputer dari worm,virus, spyware dan memberikan perlindungan terhadap komputer saat berselancar diinternet. Waspadalah saat menerima link unduhan atau file attachment melalui email dari orang yang tak dikenal.Sebelum menginstall program hasil unduhan, sebaiknya discan dulu dengan antivirus.Terakhir jangan lupa, Scan secara berkala komputer dengan antivirus terbaik.Dengan demikian, resiko komputer disusupi trojan bisa diminimalisir.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *