Hal penting sebelum menginstal software

Saya masih sering melihat kelakuan teman teman yang gampang tergiur untuk menginstall software, walau hanya sesaat melihatnya diinternet.Bukan hanya teman teman, saya sendiripun dulu juga demikian :).
Hal tersebut sih sebenarnya nggak ada masalah, karena komputer memang nggak akan bisa berbuat apa apa tanpa program.Yang menjadi masalah adalah amankah program tersebut?,,atau cocok kah program tersebut bagi spesifikasi komputer kita?…Sebab jangan sampai program baru yang diinstal tersebut justru membawa masalah baru bagi komputer.Memang bisa saja kita menguninstal kembali software, namun ini bukan solusi terbaik.Karena sisa sisa registry akan semakin menumpuk sehingga semkin membebani kinerja komputer.

Advertisement


Berikut hal hal penting sebelum atau sesaat kita menginstall sebuah program/software:

1.Spek komputer dan kompabilitas: 

Pastikan jika spek komputer yang akan Anda pergunakan sudah memenuhi System Requirement dari software tersebut.Kalau komputer tidak memenuhi, jangan paksakan.Sebab percuma saja, disamping banyak fitur software yang mungkin tidak didukung, juga bisa mengakibatkan komputer menjadi lambat bahkan error.Ini kebanyakan pada aplikasi Game, dimana biasanya membutuhkan spek komputer yang sangat tinggi.

2. Mutu dan kualitas: 

Ketahui dari mana Anda mendapatkan software tersebut.Banyak sekali kita menemui saat download sebuah software, masih disuruh download yang lain sebagai syarat menjalankan software yang pertama.Software yang asal usulnya kurang jelas bisa menjadi sangat beresiko bagi komputer anda.Misalnya saja software sudah disisipin trojan demi kepentingan tertentu si penyedianya.

Lihat Juga :  Cara mendeteksi gangguan pada VGA Card dan membetulkannya.

3.Pergunakan software yang sudah dikenal: 

Jika ada software yang lebih dikenal, mengapa menggunakan software lain sejenis yang belum banyak orang tahu.Misalnya: Sudah ada software editing gambar seperti potoshop, kenapa menggunakan yang lain padahal fitur dan kualitasnya masih meragukan.

4.Pilih direktori install: 

Usahakan untuk menginstall software kecil kecil di drive C, agar bisa tertata rapi dan tersendiri bersama program program lainnya.Namun jika program tersebut adalah software yang didalamnya juga terdapat data penting, sebaiknya taruh di direktori selain C.Sebab jika sistem operasi komputer anda diinstall ulang, data data di C akan ikut terhapus.

5.Perhatikan baik-baik dialog wizard instalasi: 

Perhatikan baik baik sebelum anda klik tombol next pada wizard instalasi.Biasanya disana ada keterangan penting yang harus anda ketahui.Biasa jadi software yang anda instal tadi membikin komputer lemot atau membingungkan hanya karena sala klik tombol next instalasi.

Jagalah baik baik komputer anda dengan cara teliti sebelum menginstal software.Agar bisa lebih lama lagi untuk  tidak melakukan instal ulang (inul).

Advertisement

One thought on “Hal penting sebelum menginstal software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *