Tips merawat rantai motor agar awet

No comments :

Advertisement
Rantai motor adalah komponen diluar dari engine yang fungsinya sangat vital.Onderdil penyalur tenaga ini juga memerlukan perawatan khusus yang benar agar tidak cepat aus.Seringlah merawat dan memperhatikan rantai,jika kurang diperhatikan dari keausan karena perawatan yang salah akibatnya bisa fatal.Rantai bisa putus atau terlepas dari gear saat sepeda motor sedang berjalan.
Merawat rantai sepeda motor dengan benar juga akan memperpanjang usia pakai,sehingga bisa lebih berhemat.Harga rantai motor yang orisnil cukup mahal juga lho?..
Perlu diingat juga bahwa cara perawatan rantai yang salah juga bisa memperpendek umur dari rantai itu sendiri.

Berikut tips agar rantai motor kamu bisa lebih awet dan motor aman saat dikendarai.

Pada beberapa motor keluaran baru umumnya sudah menggunakan teknolgi O-ring.Rantai berteknologi O-ring tidak perlu dilakukan pelumasan karena didalam rantainya sendiri sudah diberi pelumas saat dibuat dipabriknya.Makanya,langkah pertama kenali dulu teknologi dari rantai yang dipakai pada motor kamu.Menambahkan olie atau bensin justru malah bisa merusak komponen karet dari rantai jenis ini.

Jika rantai sepeda motor kamu masih menggunakan teknologi yang lama,jangan dilumasi dengan olie,apalagi olie bekas.Hal ini justru bisa mengakibatkan rantai cepat melar dan cepat kotor.Cukup bersihkan rantai dengan menggunakan lautan air dan sabun cair.Untuk melumasinya sudah disediakan cairan khusus pelumas rantai di pasaran seperti chainlube.

Aturlah kekencangan rantai secara rutin,minimal 2 minggu sekali jika motor selalu dipakai setiap hari.Ada baiknya periksa ketegangan rantai sesuai dengan petunjuk yang ada dibuku manual.
Jika kamu mendengar bunyi bunyi yang tidak biasa,seperti gemeretak, ada baiknya kamu segera periksa kekencangan rantai.
Rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendor penyetelannya akan menimbulkan bunyi dan juga bisa mengakibatkan rantai cepat aus.
Jika bunyi yang terdengar dari rantai tidak bisa diatasi dengan cara penyetelan,bisa dipastikan bahwa rantai atau gear sudah aus dan harus segera diganti.Jangan sampai nanti rantai putus saat digunakan berkendara dijalan raya.

Mengganti rantai sepeda motor yang aus.

Kebanyakan orang dalam mengganti rantai motor yang aus,tidak sekaligus mengganti dua gear yang yang dihubungkan oleh rantai tersebut.Mungkin maksudnya ingin berhemat,tapi hal ini justru malah bisa pemborosan.Mengganti rantai harus bersamaan secara keseluruhan dengan kedua gear depan belakang.Walaupun hanya gearnya saja yang aus ataupun hanya rantainya saja yang aus, harus diganti semuanya.Jika hanya mengganti salah satu yang aus saja,justru umur dari rantai tidak akan bisa lama.Hal ini karena dudukan/kaitan rantai yang baru dan gear yang sudah kepakai tingkat keausannya tidak sama.

Nah,semoga dengan tips diatas rantai sepeda motor kamu bisa lebih awet, dan motor akan lebih aman dan nyaman saat dikendarai.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com