X
    Categories: Audio

Skema Rangkaian Supply Untuk Power Ampli Class H Menggunakan 1 dan 2 Trafo Biasa

Ads

Skema power supply bermacam-macam, disini saya buatkan gambaran untuk rangkaian Supply Power Amplifier berdaya tinggi Class H dengan menggunakan 1 trafo dan 2 Trafo biasa yang ada dipasaran bukan trafo toroid. Power Amplifier Class H adalah system pengguatan daya audio yang besar yang memiliki efisiensi yang baik  terhadap konsumsi daya, dan dapat bekerja dengan nada menengah sampai rendah level subwoofer. Hal ini karena sistem power class H secara dinamisakan menyesuaikan tegangan sesuai dengan amplitudo yang dibutuhkan yaitu tinggi atau rendah. Class H power audio adalah pengembangan dari power ampli Class A/B, yang ditambah switching otomatis untuk menyesuaikan kebutuhan tegangan. Sebagai contoh kit power  Class H yang banyak dikenal adalah APEX H900.

Baca juga : Kelebihan Kekurangan SMPS untuk Audio Sound Lapangan

Namun sayangnya, Class H  memiliki kelemahan yaitu biaya yang lebih tinggi, karena perlu adanya rangkaian kontrol yang menggunakan transistor. Selain itu, Kita juga membutuhkan 2 supply tegangan yang berbeda dimana nanti yang akan dibutuhkan dalam penyesuaian outputnya. Yakni kita memerlukan x 2 CT supply arus dari power supply yaitu LOW – 60V, +60V serta HIGH – 120V dan + 120V. Selain membutuhkan biaya supply yang lebih banyak dimana kita memerlukan ELCO, Kiprok, dan Trafo dobel, juga terbilang sedikit rumit kecuali kita menggunakan trafo toroid yang memang didesain khusus untuk supply power Class H . Nah, karena trafo toroid untuk class H harganya lumayan, maka kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan trafo CT biasa  2 buah atau 1buah trafo basapun bisa!

Nah, berikut skema supply untuk Power Amplifier Class H dengan menggunakan trafo CT biasa ,  2 buah trafo atau 1  trafo pun bisa.

1# Skema supply power class H dengan hanya 1 trafo CT biasa

Menggunakan 1 trafo lebih simpel dan dapat mengurangi biaya pembuatannya. Namun hasilnya tentu tidak semaksimal jika trafo yang digunakan memiliki kuat arus yang terbatas, untuk itu kalau hanya menggunakan 1 trafo sebaiknya menggunakan trafo 20 amper , sedangkan jika menggunakan 2 trafo kamu cukup hanya dengan trafo yang memiliki kuat arus 10 amper. Kamu perlu setidaknya membutuhkan  8  elco masing-masing 10000uF/150-200V dan 2 buah kiprok untuk membuat power supply untuk poweramp class H dan trafo 20A CT 45V untuk memperoleh 2 tegangan CT LOW – + 60VDC dan HIGH – + 120 VDC.

Baca juga : Perbedaan jenis Transistor Final Power, Jengkolan Sanken, Toshiba, Mjl, NJW

2# Skema supply power class H dengan 2 trafo CT biasa

Bahan yang perlu kamu sediakan adalah 2 trafo 20 amper atau 10 amper CT 45V, 4 buah Elco 10.000uf/150-200v, dan 2 buah kiprok. 1 trafo yang sebelah untuk supply tegangan – CT, dan 1 trafo untuk supply tegangan + CT, jadi meskipun kamu menggunakan 2 trafo, namun ampere dari tegangan hasilnya sama dengan kapasitas masing-masing trafo. Hal ini tentu akan lebih baik dari pada jika kamu hanya menggunakan 1 trafo saja.

Baca juga : Cara Membuat Box Speaker PLANAR, Skema & kelebihannya

Apakah supply ini hanya untuk power class H saja?….

Tidak hanya untuk class H saja, karena system doubel tegangan seperti ini juga di gunakan untuk system power amplifier class A/b dan G. Jadi Supply ini juga bisa kamu gunakan untuk class-class tersebut.  Hanya saja mungkin kebutuhn catu dayanya saja yang berbeda, dan kamu cukup menghitung berapa voltase yang diperlukan terhadap arus keluaran trafo. Jika kamu membutuhkan dobel tegangan simeteris untuk power yaitu 60VDC dan 30 VDC, maka kamu cukup membutuhkan trafo dengan tegangan CT 25V saja. Ya kan?… hehe

Demikian skema rangkaian supply untuk power class H yang berdaya tinggi dengan hanya menggunakan trafo CT biasa. Moga bermanfaat!

Artikel di Update pada Maret 13, 2018 2:48 am

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (53)

  • Mas kalau pakai trafo amper doble dan 55v.ct.55v 2x jad HV brp mas kalau pakai elco 10000uf/125v cocok tidak mas

    • tegangan HV bisa dua kalilipat 55 = 110V jika disearahkan bisa menjadi 155V DC , jadi elco 125V kurang banyak. Berikan margin yang cukup misalnya pakai elco 180V utk HV

  • Mas tanya, untuk yang skema 1 travo, itu di geber seharian aman gak travonya?
    Terimakasih atas jawabannya

    • asalkan kemampuan trafo seimbang dengan kapasitas power dan kualitas trafonya bagus tak masalah. karena pada class H tegangan rendah dan tingginya digunakan pada kondisi tertentu

  • Misal saya ada 1 trafo tapi ada out double ct.
    (32 ct 32 ) 2x. Apa bisa pakai skema seperti nomer 2 untuk mendapat tegangan out 2kali lipat..sekitar (88vdc ct 88vdc) Tapi diperuntukkan power class ab.

  • Mas supri saya nanya
    Adakah caranya supaya tegangan tidak drop saat kena bass (lampu kedip dan suara sprti terputus) saya pke trafo 5 a ct 32 (sudah maks)
    Beban sp 12" Cannon pro maks 400watt
    Dengn final 3055 3 set?

  • untuk yang pakai 1 trafo apakah ampernya berkurang untuk hi voltage dan low voltagenya?

    yang 2 trafo ampernya bertambah atau tetap ?

    • Ampere tidak akan berkurang tapi kalau kurang besar iya, ampere bisa ditambah dengan menambahkan 2 trafo seperti diatas. Jadi 2 trafo jelas arusnya akan lebih besar

  • Mas saya punya kit teganganya hanya 47volt tapi saya mau pisahkan tegangan ke kit dan tr final.. Bagaimana caranya spya tr final bisa pakai tegangan besar. Makasih sblmnya

  • Mas Supri mau tanya klu mau buat adaptor daya trafo CT 10A output 15v ct 15v rangkaian meng gunakan Elco di seri 2buah 22000uF 25/35V dan kapasitor keramic di seri 2buah 1000uF 25/35V , transistor dipararel 4buah 2N 3055 dan apa betul rangkaian tsb ya dan apa perlu menggunakan LM 7812 dan LM 7912 utk menghasilkan output +12 & -12 karena IC tsb kapasitas kecil utk trafo 10A ...terima kasih

    • Bisa saja, atau pakai dioda zener dan transistor juga bisa. LM 7812 memang bisa jebol jika beban melebihi kapasitasnya(cuma beberapa mA), tapi karena sudah ada finalnya yaitu 22n055 maka beban akan ditanggung tr finalnya itu. JIka ingin lebih kuat lagi menahan beban, maka 2n3055 bisa dipararel lebih banyak lagi.

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads