X
    Categories: Audio

Cara Merangkai Banyak Transistor Final Sanken untuk Driver OCL 150, SOCL

Ads

Power Class A B memiliki satu kelemahan yaitu Daya keluaran sangat tergantung pada Transistor final, Arus, dan tegangan. Nah untuk itu, merangkai banyak transistor final adalah satu-satunya jalan untuk meningkatkan dayanya; namun tentu saja harus dibarengi dengan trafo yang mumpuni sesuai dengan jumlah tr final yang dirangkai. Ngomong-ngomong pengen tahu apa saja class dalam power amplifier?, baca artikel ini.

Kembali ketopik kali ini. Dengan demikian Power class AB khususnya yang paling populer adalah power 150 OCL, bisa ditingkatkan daya outputnya hingga ratusan watt dengan cara menambah TR final beberapa pasang sesuai kebutuhan. Acuan kasar bisa melihat dari disipasi daya maksimal transistor finalnya; misalnya sepasang Transistor produk sanken sepasang bisa menciptakan daya hingga 200 watt, maka untuk mendapatkan daya hingga 1000 kita bisa mempararelnya hingga 5 set/pasang. Dan tentunya sekali lagi hal ini perlu dibarengi dengan sedikit modifikasi, setidaknya mengganti elco(asumsinya butuh tegangan lebih besar) sesuai dengan tegangan power supplynya; misalnya 70VDC tentunya elco harus berkapasitas tegangan 100v lebih. Selain itu juga perlu adanya penggantian beberapa resistor dengan watt yang lebih besar serta transistor driver yang sesuai dengan supply sebesar itu – danmungkin kita juga perlu untuk mengubah driver OCL 150 watt menjadi TEF atau 3 stage/tingkat.

Namun kamu mungkin merasa tidak perlu untuk memodifikasi power OCL 150 watt. Hal ini karena tersedia dipasaran driver power OCL yang sudah ditingkatkan untuk daya besar,  yaitu driver SOCL atau Namec. Jadi kamu hanya perlu untuk merakit tr final yang lebih dari 1 set sesuai dengan kebutuhan.

Berikut cara merangkai transistor final sanken yang banyak lebih dari 1 set yang baik dan aman

Kenapa saya katakan baik dan aman?… karena koslet sedikit saja seluruh tr final yang ada bisa short, maka kamu perlu cara antisipasi agar hal ini jangan sampai terjadi. Untuk itu kamu harus memakai PCB khusus untuk merangkai tr final, sehingga lebih teratur, rapi dan sedikit risiko koslet daripada tanpa PCB. Ingat, harga transistor final cukup mahal, jadi kehati-hatian amatlah diperlukan.

Cara membuat PCB rangkaian transistor final tanpa feri chlorit

Sebenarnya ada yang jual  PCB khusus tr final, namun jika kamu kesulitan mendapatkannya maka kamu bisa membuatnya sendiri. Tak perlu cairan pelarut tembaga PCB, karena kamu bisa menggunakan pisao karter dengan mudah. Caranya gunakan penggaris besi untuk meluruskannya, kemudian tarik garis menggunakan ujung karter yang masih baru pada permukaan PCB kososng. Lalu kamu bisa mengelupas jalur yang sudah di garis dengan karter tersebut. Ada lima jalur listrik yang harus disediakan pada PCB, yaitu jalur untuk tegangan +,-, output, Basis +(NPN) dan Basis -(PNP). Sekedar perlu diketahui bahwa transistor 2SC2922 adalah jenis NPN yang membutuhkan supply jalur  – dan 2SA1216 adalah jenis PNP yang membutuhkan supply jalur +.

Berikut gambar jalur yang perlu buat pada PCB kosong :

Tidak hanya transistor final sanken saja yang bisa dimasukkan. Beberapa transistor yang sesuai lainnya adalah termasuk Toshiba , MJL, NJW, asal bukan jengkolan, yang tentu sesuai dengan kebutuhan power amplifiernya. Jika belum banyak tahu transistor final, maka baca dulu yang ini

Merangkai transistor pada PCB dan heatsink

Sekarang saatnya kamu merangkai semua transistor final pada PCB kososng yang sudah kamu buat tadi. Oh ya, kamu bisa menggunakan rangkaian final ini termasuk untuk power safari atau yang lainnya yang masih serupa dalam keluarga class A B.

Sediakan masing-masing sebuah resistor 0,5 ohm 5 watt dan sebuah reisitor 10 ohm 1/2 watt. Jangan tanya apa kegunaan resistor ini, karena yang saya tahu hanya agar tegangan merata dan lebih aman karena meskipun satu pabrik setiap transistor belum tentu persis sama dengan yang lainnya dengan toleransi tertentu. Gak usah banyak tanya, pasang aja karena cara ini sudah terbukti dan sudah digunakan oleh sebagian besar perakit audio.

Pengkabelan sesuaikan dengan warna pada PCB driver berikut:

 

Tips :

  • Untuk menghindari kesalahan fatal yang bisa berujung terhadap rusaknya semua transistor final, maka sebelum driver dipasang alangkah baiknya di test terlebih dahulu. Hidupkan driver dengan tegangan kecil dulu serta sambungkan dengan speaker kecil, test imputnya apakah ada reaksi dengan musik dari HP atau DVD. Jangan lama-lama, lakukan sebentar saja.
  • JIka driver bisa dipastikan bekerja, saatnya menyambungkan rangkaian tr finalnya dengan hati-hati dan tidak boleh ada kesalahan sambung. Gunakan tegangan dan arus/ampere kecil dulu sebelum yakin meningkatkan tegangan yang lebih besar.
  • Sudah barang tentu kamu memerlukan speaker protector atau DC protector pada output speaker untuk menghindari jebolnya speaker jika ada kesalahan pada rangkaian final.
  • Gunakan tegangan maksimal dan cobalah memutar musik barang satu lagu. Ingat, sesuaikan juga speakernya, gunakan speaker yang sesuai yaitu minimal 4 ohm jika 2 buah speaker 8ohm dirangkai pararel.
  • Gunakan heatsink yang bagus dan tebal serta kipas yang tepat, karena peningkatan suhu akan menurunkan daya transistor final.
  • JIka transistor panas berlebihan, dan atau ada suara yang cacat misalnya serak maka matikan power. Kamu mungki butuh untuk menyetel tegangan bias khusus bila menggunakan driver SOCL dan namec karena ada trimpot setting bias, sementara power OCL 150 tidak menggunakan seting bias.
  • Ingat, semakin banyak final maka kamu akan membutuhkan amper trafo yang lebih tinggi. Sebagai contoh kasar, final sanken 4 set akan cukup nendang jika menggunakan trafo 15 ampere 42V dengan 1 buah speaker sub 8ohm 15″ x1 dan 12″ x2 sebesar 200 watt.

Demikian cara merangkai transistor final dan membuat PCBnya, serta tips dan tambahan lainnya. Semoga bermanfaat dan sukses!

 

Artikel di Update pada Oktober 26, 2018 3:14 am

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (45)

  • Omm mau tanya

    Gimana caranya seri untuk gabungan antara Toshiba dan sank3n bisakah di series
    Atau di semdirikan tuk pemasangan ke socl-nya
    Terima kasih banyak
    Kalau bisa skemanya.
    2 set sank3n dan Toshiba

    • Umumnya merangkai banyak final itu pararel bosq. Kalau seri saya belum tahu. Gabungan antara sanken dan thosiba? menurut sy bisa saja sih tapi mengapa harus beda type? Kalau untuk beda beda type final dijadikan dalam set rangkaian final saya blm pernah coba. Sanken dan thosiba beda spek dan karakteristik bosq, kalau masalah sekema sama saja sebab letak Pin kaki BCE sanken dan thosiba sama

  • Tang ampere ngga punya..hee
    Tapi kalau saya modif Inverternya,misal: saya ganti FET&DIODA ULTRA FASTnya dengan yang lebih besar volt dan amperenya (tanpa merubah rangkain aslinya"PWM IC TL494N"),jadi apakah bisa menambah "KETAHAN BEBAN" sang inverter tadi(out amperenya bisa nambah)?Terima kasih.

    • Bisa dicoba uji dulu secara sederhana , pakai kawat 0.5 digulung sekitar 20-30 lilit dan diukur dg alat ampere meter. Kurangi lilitan kawat sampai FET terasa panas sambil dipantau amperenya berapa pakai ampere meter digital yg banyak dijual ditoko. Tapi risikonya fet atau dioda bisa terbakar jika amperenya kurang besar dari yang bisa dihasilkan oleh trafo dan terlalu lama(jadi harus hati hati). Jika saja kawat 20 lilit tidak sampa panas dan mosfet atau dioda sudah sangat panas berarti tidak mampu, jgn diteruskan berarti hanya segitu kemampuannya (sambil dilihat di amperemeter nyampai berapa) dan baru bisa coba diganti dg yg lebih besar. Jika trafo juga panas berarti trafonya yang tidak kuat. Saya kira jika beneran 15 Ampere maka kawat itu akan terbakar , dan trafonya tidak panas,serta FETnya aman.

      • Berarti output inverter +&- dishort kan,gitu kah maksudnya? Dan perlu berapa detik kira2 untuk uji cobanya? Atau bisa dipatok dari FET dan TRAFO kah(kalau udah panas dan kawat belum hangus,langsung diSTOP)? Terimakasih atas waktu dan penjelesannya.

  • Saya mau tanya.... Saya merakit power mobil (12vdc to inverter 55vdc "15a katanya") jadi saya menggunakan driver socl 506 + filter sub dan TR final Toshiba 5200/1943 sebanyak 3set,speaker sub 12" 1biji(4ohm),tapi kok ketika volume+freq di fullkan malah bassnya agak kasar... Apa ya kira2 masalhnya?

  • Mas Supri ... mohon pencerahannya
    1. kit OCL Safari 400 watt mono apa mampu di kasih arus 42 Vac... (sebelumnya pake Arus 32 Vac aman)
    2. bisa kasih pencerahan bila driver dan TR Final menggunakan arus yang berbeda 🙏🙏🙏

  • Maaf mas, numpang tanya, saya pakai socl 506 mengguanakan sanken 3858 dan pasangan nya sebanyak 4set dengan trafo 10 amper 48v 42v 32v 25v, dan elco 80v 4biji, bagus nya saya pasang di voltase trafo yang berapa mas.
    Di tunggu ya jawaban nya mas
    Terimakasih

    • 42VAC (dari trafo) jika disearahkan menjadi DC adalah sekitar 60VDC. Power 506 maksimal sekitar 55-60VDC.
      Nambah tegangan itu bisa menambah daya(WATT) output hingga titik puncaknya, tapi jika jika setingan DCO dan BIAS yg terlalu tinggi bisa terlalu panas finalnya. Semakin tinggi tegangan semakin risiko, jadi harus matang setingannya. Dicoba saja dulu 32V, jika masih bagus nggak terlalu panas bisa dinaikkan 42V.

  • Gan mau tanya dong, saya punya driver Yiroshi X4, TR aslinya 2 set Sanken. Kalo mau di tambah TR final nya jadi 4 set komponen nya harus ada yg diganti engga. Terimakasih

  • Gan saya punya power
    Speknya, travo 3a, power ocl 150w tr final mosfet 1 set. Disini saya punya speaker 4inch 5 buah, tapi cuma saya pasang 3 aja, nah pengenku tak pasang semua 5 speaker itu, jadi lebih baik menambah tr final jadi 2 set, atau tambah power lagi (jadi travo 3 amper 32v dgn 2 power 150w)??

    • Begini, selama OHM total speaker yang 5 itu masih sesuai dengan kemampuan powernya, saya kira aman saja dan bisa dilakukan. Banyak sepaker akan meningkatkan kemampuan speaker total, jadi agar maksimal juga butuh menambah daya amplifier, caranya bisa menambah ampere dan menambah final. JIka speaker total ke 5 itu adalah 150W, maka powernya maksimal 150W. Power 150W kira kira butuh trafo minimal 5Amper dan 1 set final saja sudah cukup.

  • Mau tanya mas. Saya pake SOCL 506, TR Sanken 5dy 4set. Kok panas transistornya ga bisa imbang yaa? Selalu hanya 1 transistor yang panas. Nyoba pasang 3set pun juga sama.

    Oiyaa, R100 ohm nya saya pake 1/4 watt. Apa pengaruh ya mas?

  • Bang misal kalo pake trafo 10 ampere, di kasih 2 power, apakah amper trafo terbagi jadi 5 ampere per power atau tetep 10 ampere, trus bagusnya satu psu satu power atau satu power 2 psu

    • Tidak seperti itu. Tapi begini ; misalnya 2 channel/power masing-masing channel berapa watt maksimal? Jika perchannel 100W maka x2channel= 200W total. Sekarang 200W total output power itu bisa dipenuhi dengan trafo berapa amper?... ini ada itungannya. Jika ditemukan ternyata semuanya butuh arus 10A agar supaya bisa maksimal 200W, maka bisa diberi 1 trafo 10A. Atau bisa juga masing-masing power diberi trafo sendiri-sendiri sebesar 5A. Baca juga untuk mengetahui itung itungannya ===> Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads