X

Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Ads

Audio mobil bawaan umumnya sudah terdengar bagus, tapi kalau bicara bass tentunya masih kurang jika belum ada tambahan subwoofer. Selera orang terkadang melengkapi audio mobil mereka secara custom dan desain khusus agar tampak serasi dengan mobil mereka. Tapi bagi Anda yang hanya menginginkan kualitas audio yang terdengar lebih mantab, cukup bisa menambahkan subwoofer general praktis untuk berbagai jenis mobil MPV seperti Avanza, toyota kijang, ertiga, granmax, Carry, hingga jenis jeep seperti taft, jimny, escudo, vitara dan mobil sedan segala merk. Untuk itu spesial kali ini saya bagikan skema dan ukuran untuk box subwoofer mobil tersebut bagi yang ingin membuatnya sendiri, spesifikasi driver 12 inch single 100W-300W.

Ukuran, Desain, Skema Box Subwoofer Mobil 12 inch General

Mengapa harus membuat sendiri dengan desain ini? Box ini memang tidak terlalu luarbiasa, namun didesain praktis supaya bisa masuk ruang untuk berbagai jenis mobil dan sudah teruji mampu menghasilkan tendangan bass yang cukup besar mantab dengan respon terbaik 30Hz-180Hz.

Baca juga : Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

Bahan :

Material papan triplek dengan ketebalan 10 mm, pilih kualitas bahan kayu meranti. Boleh saja memilih partikel board, tapi ketebalan harusnya lebih misalnya 15 mm.

1. Ukuran panel dasar

2. Ukuran panel depan dan sekat-sekat

CATATAN: Untuk ukuran baffel/lubang speaker ada baiknya disesuaikan dengan driver yang dipakai, sebab kadang ada selisih ukuran untuk tiap produk/pabrikan. Saya tidak merekomendasikan jenis driver tertentu, jadi sesuai keinginan saja.

3.

4. Finishing

Finishing sepnuhnya saya serahkan kepada Anda bagaiamana baiknya. Anda bisa melapisinya dengan oscar, atau pelapis mebel lainnya. Harusnya juga diberi grill atau pelindung speaker supaya tidak rusak terkena kemungkinan benturan. Grill ini bisa didapatkan ditoko variasi audio mobil.

Demikian ukuran dan skema plus desain 3D dari speaker box subwoofer 12 inch untuk audio mobil general. Power yang digunakan sebaiknya memiliki daya 100W-300W, speaker bisa jenis double coil 2-4Ohm. Jangan lupa atur impedansi speakernya, baca juga : Cara Mengatur Impedansi Speaker Subwoofer Pada Audio Mobil

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang instalasi audio mobil, silakan lihat artikel kami yang lain di Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Selamat mengerjakan!

 

Artikel di Update pada Oktober 22, 2019 1:01 pm

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (8)

  • Mas bisa nda dimensi box ini dipakai untuk rumahan?

    Atau ukurannya hrs di tambah?
    Saya rencana mau bikin model yg segitiga seperti ini....mau sesuaikan dgn ruangan.

    • Bikin saja seperti aslinya, ukuran bisa saja dirubah menjadi persegi. Aslinya seperti itu, kalau untuk ruangan bagus saja

  • Untuk pemilihan jenis bahan box, apakah ada rekomendasi nya suhu? Karna masih bingung memilih bahan MDF atau multiplek. Terimakasih

    • Triplek, tapi pilih yang kualitas bagus dari kayu meranti. Triplek lebih susah untuk membikin boxnya terutama jika bikin pemotongan diagonal,tapi secara sound dan keawetan tripleks lebih bagus dan lebih tahan getaran speaker menurut sy.

  • Bisa gak power amp. rakitan kita masukkan kedalam box ini, dimensinya pa nya 18cmx22cmx7cm, panelnya nempel/box dibolongin, ngaruh gak ke hasil suaranya ?

    • Nggak masalah. asalkan panelnya rapat / kecil kemungkinan bocor. Jadi bikin lubang panelnya sekecil mungkin

  • Salam kenal om, saya iman di Bekasi. Sy ada bbrp pertanyaan
    1. Jika box tsb di taruhnya menghadap keatas / kebawah (pasang kaki tentunya) enak ga ya di dengar nya?
    2. Jika tidak enak/tidak direkomendasikan ada saran utk model yg lain, mengingat subwoofer sy ukuran 12" dengan diameter 31 cm dan sama dengan tinggi ruangan "tersisa" dari mobil saya, namun panjang & lebarnya msh "banyak"
    3. Jika saya pesan sekalian ke om bisa ga kira2?
    Berapa biayanya dan domisilinya dimana ya..atau jika tidak keberatan sy minta kontak nya om atau bisa hub saya di 08129554477 atau via email juga gpp

    • 1 subwoofer hadap atas atau bawah sama, bass atau frekwensi rendah itu merambat.
      2 mengenai ukuran box, itu tergantung respn frekwensi yg diharapkan bukan ruangan mobil. Box memiliki karakter sendiri sendiri,misalnya box tertutup/sealed bass lebih realistis, dan yg terbuk/ported gain lebih tinggi dan boomy
      3 Maaf, tidak buka usaha box :D

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads