X
    Categories: Audio

Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

Ads

Cara Memasang TR Final pada driver power safari 400 watt, biasanya sanken tidaklah begitu sulit karena driver ini sebenarnya masih dalam satu Class Driver power amplifier seperti power 150 ocl. Terkenal dengan power safari karena PCB safari adalah yang paling banyak beredar disebagian besar Indonesia, walaupun sebenarnya PCB dengan desain semacam ini banyak dibuat oleh industri lain. Ada PCB driver model safari yang sudah dilengkapi tempat untuk memasang kaki-kaki transistor final, namun banyak juga yang hanya di beri ubang untuk kabel dengan kode A,B,C,D,0,=, dan + . Nah, PCB yang hanya di beri lubang dan kode huruf ini terkadang membuat bingung pemula karena belum memahami konsep dan skema yang biasanya sudah disertakan. Kalau bagi yang ahli dengan elektronik khususnya driver class AB semacam power safari ini mungkin bukan kendala berarti, dan jika ini jadi masalah bagi kamu maka berikut caranya :

Cara memasang TR final pada PCB Driver OCL Safari 400 watt sanken

Komponen tambahan yang perlu kamu sediakan adalah  resistor kapur 0,5ohm 5watt dan resistor  10 ohm 1/2watt yang masing-masing sebanyak 2 biji.

Perhatikan secara seksama pengkabelan diatas, periksa sekali lagi untuk memastikan jangan sampai ada yang keliru; sebab kalau sampai keliru seringkali tidak bisa diulang lagi karena tr final bisa langsung short.

Menambahkan TR final untuk menambah Daya/watt power amplifier

Nah, apabila kamu sudah berhasil memasang TR final sanken seperti pada gambar diatas, mungkin kamu akan berfikir bagaimana caranya menambah daya. Ya, gambar diatas adalah menggunakan TR final sanken hanya sepasang alias 1 set, sehingga secara teori daya maksimal masih bisa 200 watt saja. Nah untuk dapat mencapai 400 watt, maka setidaknya kamu perlu untuk menambah 1 set final sanken lagi ; dengan asumsi bahwa 1 set final sanken menurut datasheet memiliki daya 200wat, maka jika kamu pasang 2 set berarti 200watt plus 200watt = 400 watt. Dengan catatan bahwa daya output power amplifier bergantung dengan faktor lain yaitu arus dan beban, artinya berapa ampere trafo power supply dan impedansi speaker juga diperhitungkan.

Berikut gambar cara menambahkan 1 set final sanken pada power safari 400watt :

 

Caranya gampang, kamu cukup menambahkan satu tingkat lagi, artinya kamu juga perlu menyediakan R 10 ohm dan r kapur 0,5ohm 5watt masing-masing 2 biji. Kamu bebas menambahkan TR final hingga 10 set, tergantung dari speaker dan tentunya arus/amper trafo yang sesuai.

Keunggulan power safari 400 watt

Driver ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan power 150 watt hanya saja lebih sedikit komponen yang dipakai. Banyak yang berpendapat bahwa power safari ini memiliki karakter suara bass yang lebih ulem atau empuk, serta umumnya mampu disupply hingga 32volt trafo. Pendapat lain juga mengatakan jika driver ini baik untuk sub dan power amplifier rumahan dan sound lapangan kelas daya menengah.

Demikian cara memasang TR final pada driver power amplifier safari 400 watt. Tetap lakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang bisa langsung merusak TR final.

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (56)

  • Mas saya punya Power Kit 2 Way speaker aktif apollo kapasitas 450-1000watt.apa bisa langsung di aplikasikan ke 2 tweeter,ke 2 speaker woofer 10 inch dan 2 speaker woofer 12 inch.berapa watt ukuran speaker yang dibutuhkan.terima kasih.

    • Kalau tweeter tak membutuhkan watt yang besarnya sama dg woofer, karena dibantu sama capasitor yang ada pada crossover. Kalau woofer ya setidaknya sama dengan daya ouput power maksimal jadi 1000W juga, jadi jika ada 2 woofer maka masing-masing woofer 500W.Tweeternya 300w sudah mampu.
      TAPI dicek dulu apakah powernya beneran maksimal 1000wrms?

  • Kit 400 w klo pengen naik jadi 1000 w...brarti nambah tr final 3 set y bang...trus untuk komponen kit nya apa ada yg harus dirubah

  • Pak Supri
    Kalo Tr finalnya pake TOSHIBA_2SC5200-2SA1943, apakah resistor basisnya tetep pake 10 ohm? atau perlu diganti nilainya?
    Terima kasih.

  • Mas mau tanya saya punya speaker 12in 4 biji,kira2 kalo untuk membuat power yg pakai sanken 400watt butuh tr final 2 set,terus travonya 5a,dioda 10000 2buah,kira2 bisa ngangkat....

  • Maaf master.aq mau nanya. Apakah R 10 pd paralel sanken bebas watnya. Soalnya aq pake R 10K 0.5 WAT yg warna krem suaranya serak.🙏

  • Saya rakit driver 400 wat sanken 1 set trafo 5@ elco 10,000 uf 2 set tr final kok cepet panas mohon bimbingannya!!

  • maaf mau tanya nih klo travo 10A dg out maksimal 45v .
    prtanyaannya mampukah mengangkat speker 15" 2 biji dan 12" 4 biji klo ia baiknya pke toshiba atau sanken brapa set ?
    mhon pnjelasanya trimakasih sblumnya

  • maaf mau tanya nih klo travo 10A dg out maksimal 45v .
    prtanyaannya mampukah mengangkat speker 15" 2 biji dan 12" 4 biji klo ia baiknya pke toshiba atau sanken brapa set ?
    mhon pnjelasanya

    • Mampu saja, tapi trafo 10A dg tegangan 45V daya keluaran mungkin sekitar 500W maksimal.

      Pertanyaanya speaker berapa watt power handlingnya? Jika total misalnya 1000W , artinya tidak seimbang sehingga kurang maksimal.

      Sebaiknya 6 speaker itu dibagi kedalam 2 channel atau memakai 2 power. 1 power/channel untuk 15 Inch x2 dan channel/power satunya untuk 4x12 inch. Masalah berapa jumlah TR final, untuk trafo 10A Channel 1; 2 set, chanel 2; 2set cukup

  • Ms klo sanken yg ber kode sc atau sa tapi no seri berbeda kalau d gabung apa ber pengaruh . Cntoh sc2922 dengan sc 3264

    • Beda spesisikasi. c3264 lebih tinggi voltnya, tapi kisaran hfenya lebih lebar c2922. Tapi disipasi daya/watt-nya sama.
      Dan sebaiknya ini tidak dilakukan jika ingin amplifier yang berklualitas(misalnya sc3264 pasangannya yg sesuai adalah sa1295) jangan dioplos misalnya sc2922 dipasangkan dengan sa1295, sebab HFe ini idealnya sama. Bukankah sudah dijual berpasangan tiap transistor power?

      Tentu ini pengaruh utamanya pada kualitas audio dan panas yang tidak merata

      Tapi jika channel A pakai c2922+sa1216 dan channel B pakai c3264+sa1295 ya tidak ada masalah.

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads