X
    Categories: Audio

Skema Cara Menggabungkan 2 Trafo untuk keperluan 1 Power Amplifier

Ads

Cara menggabungkan trafo menjadi satu tidaklah sulit, syaratnya tegangan masing-masing trafo harus disearahkan dulu, bisa menggunakan kiprok atau merangkai dioda sendiri; serta kedua trafo harus memiliki tegangan yang sama. Tujuan untuk menggabungkan 2 trafo menjadi satu khususnya untuk menambah amper, namun juga bisa untuk menambah voltase.

Kenapa tidak menggunakan 1 trafo saja?…. Betul, tapi hal ini tergantung kebutuhan juga …. Kamu merasa perlu menggabungkan 2 trafo apabila merasa sayang melihat trafo yang tidak terpakai, sementara power amplifier kamu membutuhkan ampere yang lebih tinggi lagi.

Terus yang kedua, mungkin kamu ingin meningkatkan voltase yang lebih tinggi buat power kamu, sementara tegangan maksimal trafo yang tersedia kamu rasa masih kurang. Alasan lain, kamu menggabungkan 2 trafo untuk 1power ampli agar trafo tidak panas; lho kok bisa tidak panas?Karena 1 trafo hanya digunakan untuk menghandel sisi tegangan ( – ) dan trafo yang satunya hanya untuk menghadel tegangan (+ ) jika untuk power yang membutuhkan tegangan simetris(CT). Baca juga Menggunakan Power Supply SMPS untuk power amplifier

Berikut beberapa cara dan skema untuk menggabungkan 2 trafo dengan berbagai tujuan untuk menghidupkan power ampli :

Pilih dari ke-3 cara dibawah ini yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

#1. Menggabungkan 2 trafo Untuk menambah Voltase/tegangan

Cara diatas adalah untuk menambah voltase dari trafo, tanpa mengurangi kuat arus/amperenya. Jadi dengan menggunakan 2 trafo yang digabungkan seperti cara diatas, kamu akan memiliki trafo 5 amper dengan tegangan DC output sekitar 60 volt, dengan asumsi kedua trafo kamu adalah 5 ampere CT dan dengan keluaran AC yang digunakan adalah tab yang 25V. Kalau hanya 1 trafo. Apakah bisa ditingkatkan voltasenya?Bisa saja, asal trafo CT. Namun jika 1 trafo yang dinaikkan tegangannya, maka kuat arusnya tidak akan sama jika digunakan secara normal. Namun untuk menaikkan tegangan dengan 1 trafo tidak akan saya bagikan dalam artikel ini, mungkin pada artikel yang lain.

Baca juga :

#2. Cara menggabungkan 2 trafo untuk meningkatkan arus/ampere tanpa menambah tegangan

Nah, kalau cara merangkai dalam gambar skema diatas adalah apabila kamu ingin menambah ampere tegangan power kamu dengan 2 trafo yang digabungkan menjadi satu. Kamu bisa menambahkan trafo yang masing-masing berbeda ampere; misalnya kamu memiliki  trafo 5 amper dan 10 ampere, maka jika digabung secara pararel seperti gambar diatas maka akan menghasilan tegangan dengan kuat arus sebesar 15 ampere. Ya, rumusnya sederhana. Tapi syaratnya voltase keluarannya masing-masing harus sama. Tapi ditrafo output 25 volt kok keluarnya menjadi 30V? itu karena tegangan AC yang disearahkan menjadi DC akan bertambah.

Bagaimana kalau lebih dari 2 trafo?  ya gampang saja, hanya tinggal menambah kiprok dengan cara yang sama, kemudian keluaran kiprok digabungkan ke elco tapi min dan plus jangan sampai kebalik ya?, tapi kalau bisa jangan lebih dari 2 trafo yang digabungkan. Berat soalnya. 😀

Baca juga :

#3. Cara menggabungkan 2 trafo untuk menambah amper (cara 2)

Sebenarnya cara diatas tidak secara langsung akan menambah amper pada tegangan, namun tendangan bass pada speaker akan lebih kuat jika dibandingkan hanya menggunakan 1 trafo.

JIka kamu merangkai 2 trafo seperti cara diatas maka sama saja kamu menggunakan 1 trafo sebesar 5A untuk masing-masing driver+final untuk masing-masing sisi transistor final NPN dan PNP.

Jadi sebenarnya cara merangkai trafo diatas tidak menggabungkan 2 trafo secara pararel dan juga tidak pula dengan cara seri seperti cara pertama,,,, lha terus apa?….

Kedua trafo sebenarnya jadinya akan bekerja sendiri-sendiri, alias tidak dirangkai dengan cara apapun. Syaratnya kamu harus menyediakan 2 trafo yang memiliki kuat arus dan voltase yang sama.

Lalu bagaimana dengan pendapat saya?….

Kalau menurut saya, tanggung apabila kamu menggunakan cara yang ini, saran saya lebih baik pakai cara pertama/yang sebelumnya. Tapi tergantung keperluannya juga sih, dan hal itu sah-sah saja. Sekali lagi kalau menurut saya, cara yang kedua ini hanya buang-buang duit ~ kecuali jika kamu membuat power ampli yang berdaya watt tinggi, yang tujuannya dimaksudkan untuk membagi panas trafo/mengurangi beban  jika hanya pakai 1 trafo.

CATATAN :

  • TEGANGAN 25 VOLT PADA TRAFO YANG DIGAMBAR HANYALAH ILUSTRASI. ANDA BISA MENAMBAH ATAU MENGURANGI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA.
  • KIPROK BISA ANDA LEBIHKAN KAPASITASNYA 2 KALI DARIPADA TRAFO, MISALNYA JIKA MENGGUNAKAN TRAFO 5A, MAKA ANDA BISA MENGGUNAKAN KIPROK 10 AMPER ATAU LEBIH JUGA GAKPAPA. SEMAKIN BESAR AKAN SEMAKIN KUAT, NAMUN SESUAIKAN JUGA KARENA SEMAKIN BESAR HARGANYA TENTU SEMAKIN MAHAL.

Nah demikian cara-cara dan skema merangkai menggabungkan 2 trafo untuk 1 power ampli yang perlu kamu ketahui. Sesuaikan dengan kebutuhan saja, kamu bisa memilih cara 1,2, atau cara 3 seperti yang tampak pada gambar rangkaian diatas.

Artikel di Update pada Oktober 31, 2018 12:43 pm

Ads
Supri: Editor dan penulis di spiderbeat.com adalah seorang bloger, teknisi audio dan elektronik, Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, untuk menyiman catatan dan berbagi kepada Anda.

View Comments (97)

  • Maaf bos kalau saya pakai dobel travo 5 amper teganagn 32volt dibuat stereo masing masing kit dipakai toshiba 3set kira2 daya yg dihasilkan brpa watt bos untuk power saya..makasih sebalumnya.

    • transistor hanya fasilitas, untuk daya yang dihitung P=V.I alias 32 x5 = 160Watt. Secara sederhana sepeti itu, sudh cukup menggambarkan. Jadi transistor final 3 set itu kebanyakan, ya itu tak masalah sih cuma pemborosan duit saja. jadi 1 set saja cukup

  • Bang bisa nggak trafo bekas carger aki di pakek output - konek ac listrik out + ada sendiri

    • maaf kurang paham dg pertanyaannya. Charger aki tentunya pakai trafo dengan ouput 13,8 - 14 volt. Jika dipakai sebagai power supply bisa tapi amplifier 12V bukan simetris

  • Om saya mau tanya nih...
    Saya bikin amplifier dgn kit dms 095 final sanken
    Dgn menggunakan travo ct 5a 2bh..
    Tpi knpa ya,,setelah saya coba pakai skema power supply yg ke2 cara penggabungannya travo bisa panas sebelah sedangkan output dari elco belum saya sambungkan ke kit dms095..
    Saya pakai 2kiprok 35a 4elco 50v/10000uf..
    Sarannya om

    • Beda trafo bisa beda panas yg dihasilkan , kemungkinan lain tegangan ouput berbeda dan ampere berbeda meskipun terlihat sama. Coba test outputnya ketika digabung dg voltmeter apakah tegangan drop? jika drop cek dioda/kiprok

  • 1. Mas, saya punya trafo bekas ups, inputnya 0 dan 220 volt, outputnya cuma satu 24 volt karna ac tidak tau yg mana 0 atau 24 volt, bisa nggak dibuat menjadi CT ,untuk rangkaian amplifiyer simetris.
    2.saya juga ada trafo bekas receiver parabola .input 220 volt, output ada 3 pasang ac 40 volt, 38 volt dan 30 volt, satu sama yg lain saya ukur dh ohm meter tidak ada hubungan, saya mau rubah menjadi CT ,kira kira bisa nggak ,atau bagaimana cara memanfaatkanya untuk amplifiyer toshiba stres 2 pasang, maaf dan terima kasih

  • Om kalau trafo beda merk, ampernya 10A sma 5A sama2 ct 32. Aman g kalau di gabung biar ampernya bertambah....jadi 15A

  • Pake inventer 10amp 42 volt pake cara yg kedua kiprok di rel tapi kiprokx ngk kuat kalo di pake geber"an padahal pake kiprok 50amper tolong pencerahanx

  • Kalo pake inventer 10amp 42volt pke cara yang nomer 2 kiprok di rel pake kiprok 50amper.kirok'x kok trus tewas kalo di pakek geber"an? Tolong pencerahanx suhu......

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads