X

Cara memperbaiki UPS Rusak Mati Total

Ads


UPS merupakan salah satu perangkat pendukung Komputer yang paling vital, walaupun tanpanya komputer masih bisa dihidupkan. Belum tahu apa itu UPS? Baca dulu yang ini. Bagi para pengguna PC yang mengandalkan listrik dari PLN, VPS wajib untuk antisipasi jika ada pemadaman listrik. Perlu diketahui bahwa komputer yang sering mati tanpa proses shutdown lebih cepat rusak, baik hardware utama seperti hardisk dan registry sistem OS. Seperti halnya perangkat elektronik lain, UPS suatu saat juga pasti mengalami kerusakan.

Bisakah VPS yang rusak diperbaiki?... Tentu saja bisa, dan justru sangat disarankan. Lho emang kenapa kok disarankan?. Selain untuk menghemat anggaran karena harga UPS tergolong mahal, namun yang paling penting adalah agar kita tidak menumpuk sampah. Kerusakan UPS yang paling umum adalah karena baterrainya yang sudah kering, sehingga tak bisa menyimpan listrik lagi dan UPS mati total. Sementara itu cara memperbaikinyapun mudah, Anda hanya cukup mengganti baterainya dan UPS siap digunakan kembali 100% seperti semula. Jadi sayangkan kalau dibuang, padahal harga baterai berkualitas bagus hanya sekitar 200 ribu rupiah saja, bahkan ada yang hanya 150 ribu.

Apakah komponen elektronik yang lain dari UPS tak mudah rusak?... Semua alat apapun tentu saja bisa rusak, namun untuk komponen elektronik pada UPS lebih jarang rusak daripada baterai dalam banyak kasus. Baterai UPS sendiri sebenarnya tidak rusak, tapi memang dibuat efektif atau memiliki masa/umur pemakaian – sehingga pada akhirnya pasti tak bisa digunakan.

Sebelum memperbaiki UPS, marilah sekilas kita mengenal komponen dan sistem kerjanya dulu :

UPS terbagi menjadi 3 bagian pokok, yaitu Inverter atau pembangkit tegangan (komponen utamanya adalah trafo, diode, dan mosfet), Baterai (Sumber daya utama untuk fungsi backup)dan regulator (mengatur fungsi UPS terdiri dari rangkaian elektronik seperti IC, dan komponen lain). Baterai bertindak sebagai komponen yang menyediakan cadangan listrik ketika tak ada lagi pasokan dari sumber utama(PLN); serta menghidupi fungsi regulator). Inverter bertugas untuk merubah tegangan DC dari baterai supaya menjadi tegangan AC 220V yang digunakan untuk membackup listrik ketika sumber utama padam. Regulator adalah “otak” UPS, yang berperan untuk mengatur fungsi : Pengisian ulang baterai jika baterai berkurang tegangannya serta memutus pengisiannya jika baterai sudah penuh, dan mengaktifkan Backup Daya ketika listrik utama padam serta memberlakukan fungsi normal jika ada arus dari PLN; yaitu otomatis menyambung atau pemutus saklar(relay).

Analisa kerusakan

Dengan mengetahui prinsip sederhana UPS diatas, maka kita bisa menganalisa jika ada kerusakan.

Kasus yang umum : Jika listrik utama padam, komputer ikut mati seketika pada saat itu juga. Berikut cara-cara memeriksanya :

  1. Pertama periksa dulu sekring,cari tahu kemungkinannya jikalau putus. Jika sekring masih baik, buka casing UPS, lepas konektor batterai, dan bersihkan jika ada kemungkinan korosi. Cobalah untuk menyambungkan output UPSnya dengan lampu 220V. Jika lampu tidak menyala, berarti bukan karena masalah konektor yang korosi. [Catatan: jangan colokkan UPS ke daya listrik utama/PLN]
  2. Lepas kembali baterainya, kemudian test baterai menggunakan VOLT meter/multi tester. Tegangan harus sesuai dengan yang ada pada casing baterai. Jika tegangan baterai kurang dari yang tercantum pada casing bahkan tak ada tegangan samasekali, artinya batterai sudah tidak bisa membangkitkan inverter dan UPS tak berkerja. Jika demikian kemungkinan besar baterai sudah tak bisa lagi dipakai untuk UPS, karena seharusnya batterai akan terisi kembali(charged) otomatis pada saat UPS digunakan sebelumnya.

Lalu apakah bisa dipastikan kalau yang rusak adalah baterainya?

Walaupun kemungkinan besar adalah baterai, namun tak menutup kemungkinan jika regulatornya yang rusak, sehingga fungsi charger otomatis tak bekerja dan baterai tak bisa terisi ulang. Namun jika regulatornya yang rusak, maka UPS tak akan bekerja samasekali dan tak bisa menghidupkan komputer walaupun ada daya listrik dari PLN ataupun baterainya masih normal – dengan asumsi semua fungsi, normal, backup, dan charging tak berfungsi.

Jadi jangan terburu membeli baterai dulu, namun cobalah untuk mengganti baterai untuk pengetesan menggunakan aki sepeda motor 12 volt/ atau sesuai dengan tegangan dari baterai UPS , dan coba ditest lagi :

  • Jika UPS masih tak bisa digunakan sama sekali(mati total), bisa dipastikan regulatornya yang tak berfungsi.
  • Jika UPS masih tak bisa menyalakan komputer(tanpa dicolokkan ke listrik PLN), maka bisa dipastikan inverternya yang tak berfungsi – walaupun ada bunyi “beep” seperti pada normalnya.
  • Jika UPS bisa menghidupkan komputer (tanpa dicolokkan ke listrik PLN), berarti baterai UPS Anda sudah tak berfungsi. Namun jangan buru-buru membeli baterai UPS baru, tinggal test yang terakhir dibawah.
  • Hidupkan komputer tanpa menggunakan listrik PLN untuk beberapa menit(jika kemampuan UPSnya 15 menit, cobalah biarkan komputer hidup dulu hingga 10 menit). Matikan komputer, dan test aki sepeda motornya dengan VOLTmeter, tegangannya tentu akan berkurang. Colokkan ke listrik utama/pln, apakah terjadi pengisian?… Jika VPS ada lampu indikatornya, biarkan beberapa saat hingga indikator beralih dari charge ke normal. Test kembali tegangan akinya, seharusnya tegangan aki kembali optimal/terisi jika fungsi chargenya normal – jika tegangan aki kembali normal, bisa dipastikan Anda hanya butuh membeli baterai UPS yang baru di kota Anda.

Cara memperbaiki jika yang rusak selain baterai :

Saya asumsikan Anda sudah mengerti dasar elektronika – jika tidak, saya sarankan untuk mengunjungi tukang reparasi UPS. Simak caranya berikut :

  • Jika bagian Inverter : Bagian inverter ada dioda, elco, trafo step-up, dan mosfet(umumnya berpendingin/heatsink). Test masing-masing komponen diatas untuk mengetahui bagian mana yang rusak.
  •  Jika bagian regulator : Disana ada IC, transistor, dan relay. Sayangnya kalau yang rusak adalah IC, maka kemungkinan besar sulit mencari penggantinya – dan UPS Anda ternyata harus dirombeng.
  • Namun cobalah untuk memeriksa relay(berwarna hitam dan bentuknya kotak, biasanya ada 4 buah), jika Anda mengerti elektronik, maka saya yakin Anda mengerti caranya.

Sekali lagi saya ingatkan bahwa kerusakan UPS yang paling umum adalah karena baterainya sudah habis masa efektifnya. Sangat jarang kasus kerusakan yang terjadi pada bagian lain, kecuali karena habis ada lonjakan listrik secara tiba-tiba (bisa karena ada petir, atau masalah teknis).

Catatan : Lakukan dengan teliti, jangan sampai terbalik memasang kutub-kutub baterai(perhatikan warna kabel dan kutubnya). Harap hati-hati, gunakan sandal kering dan tespen, karena UPS menggunakan arus tegangan tinggi. Jangan lakukan sendiri jika Anda tidak mengerti samasekali dengan listrik dan perangkat listrik/elektronik, mintalah bantuan tukang reparasi atau teman yang mengerti.

Artikel di Update pada April 16, 2016 12:59 am

Ads
Supri Adi: Editor dan penulis, menyukai, otomotif, elektronik, dan IT. Menulis blog adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang dan berbagi kepada Anda.

View Comments (37)

  • Juragan,
    Kami ada UPS eaton dx 10000h, ada masalah alarm saat dicolok listrik. Led #1 dan led #4 nyala.
    Kemudian kami coba nyalakan tanpa listrik, nyala indikasi battery tapi indikasi inverter tidak nyala (kondisi battery full charge), tidak lama ada 3 dioda meledak. Kira2 kenapa dan bagian mana yang harus dicek?
    Terima kasih

    • Jika tanpa listrik dicolok inverter bekerja, maka masalah pasti pada inverter. Coba cek MOSFET yang ada, bisa saja dioda meledak karena MOSFET yang short.

  • Ups laplace gtx2250 saya baru ganti batre tapi ketika PLN mati upsnya juga ikut mati mohon solusinya kak🙏🏻🙏🏻

  • Selamat malam mas, ini UPS saya kalo dicolok listrik pln arus dari UPS tidak ada alias tidak bisa nyala padahal akinya baru, kerusakannya dimana ya mas

  • selamat malam mas ini ada ups kenak air minum tumpah, terus dia bau gosong stelah kenak air itu dan dia bunyi bunyi setelah itu gak idup lagi, itu kenak apanya ya mas... kira kira kenak mahal gak itu betulinnya..

    • Waduh sayang sekali. Air adalah bisa menghantar listrik dengan baik, jadi alat listrik yang terkena air akan konsleting. Biaya tergantung yang terbakar bagian komponen mana serta tingkat kesulitannya. Yang dikhawatirkan dari terkena air biasanya banyak bagian yang rusak sehingga menjadi sulit diperbaiki lagi karena air merembes dan menyebar. Tapi mudah2an tidak.

  • Selamat pagi mas, ups di kantor (merk eaton) saya eror saat di nyalakan tidak bisa. Biasanya saat PLN padam ups lgsg otomatis back up. Saat ini eror nya saat di cek status " inverter ac over voltage" memang sedikit ada bau gosong seperti konsleting di bagian belakang ups nya. Kira2 itu kenapa dan bisa gak di perbaiki? Trima kasih. Status batteray charge 100% tp saat di nyalakan tidak bisa ngangkat daya.

    • Arus backup tidak bisa keluar padahal aki 100%, kerusakan bisa terjadi pada :

      • 1. Ada kemungkinan masalah pada comparator atau detector termasuk pensaklarannya relai/SCR, dimana ketika tidak ada pasokan dari PLN maka UPS tidak bisa menjalankan inverter shingga otomatis UPS tidak bisa menghidupkan komputer.
      • 2. Jika komputer masih bisa hidup ketika dihubungkan dengan listrik PLN, tapi ketika listrik PLN padam dan komputer langsung mati padahal aki 100%, kemungkinan kerusakan pada regulator sehingga tidak ada tegangan untuk menyalakan komparator. Pada akhirnya komputer tidak bisa hidup meskipun UPS terhubung dengan jala-jala
      • 3. Kemungkinan kerusakan pada bagian inverter sehingga tegangan DC dari aki tidak bisa dinaikkan menjadi 220V, yang akhirnya UPS tidak bisa menghidupkan komputer pada saat PLN padam.

      Tentu bisa diperbaiki, tapi untuk kerusakan mainboard sebaiknya diserahkan pada teknisi barang elektronik khususnya yang paham UPS

  • Sy pnya UPS kalau dicolok ke PLN tdk mau terhubung seharusnya walaw posisi menggunakan daya backup atau batre bgtu dicolok pln harusnya lngsung pindah ke tenaga pln. Itu knp ya om? Apanya yg rusak? Trmksh

    • Pada saat listrik padam maka otomatis UPS akan berpindah ke posisi backup, dan sebaliknya ini diatur secara otomatis menggunakan sistem saklar.

      Sistem saklar ini ada yg menggunakan relay dan semikonduktor yaitu SCR. Jika menggunakan relay, yang rusak kemungkinan besar relay tapi bisa juga sistem/kotroler yg memberi umpan ke relay. Jika menggunakan SCR, jadi yang rusak kemungkinan SCR atau bisa juga driver/sistem kontroler yg mengatur kerjanya.

      Cek dulu yg lain dengan teliti misalnya kabel-kabel

  • Saya baru beli UPS stlh ganti mobo + PSU PC. Tapi anehnya PC sering restart bahkan mati sendiri ketika pakai UPS. Dulu pas tidak pakai UPS tidak pernah begitu. Apa UPS nya rusak ya?

    • Kalau PC mati sendiri, bisa jadi UPSnya memang rusak atau bisa juga faktor PC. Tapi kalau PC bisa restart sendiri, itu jelas masalah di PCnya.

      Kalau UPS baru, kecil kemungkinan rusak krn sebagian besar kerusakan UPS akibat kerusakan baterai karena usia pakai.

      Coba dulu tanpa UPS, PC masih restat atau mati sendiri tidak?

  • Boss saya punya UPS dari pertama beli cuman di pake satu kali, sekarang mau saya pake lg, power sambungkan ke PLN, tpi lampu indikator UPS gk nyala, kira2 kerusakan apanya ya

    • mungkin aki drop krn lama ga dipakai, coba aki dicas dulu, lalu dicoba lagi. kalau nggak bisa, mungkin aki soak

  • Ups sy gbs nyala. Pdhl btrai ud bgs gnti baru. Justru ktka d pasang batrai, fuse putus trs.

Ads

Website ini menggunakan kukis

Baca selengkapnya
Ads