Dimmer – Alat Pengatur Kecepatan Dinamo Dan Pengatur Intensitas Cahaya Filamen

Pernah mendengar istilah Dimmer? Apakah Dimmer? Dimmer adalah rangkaian elektronik yang dirancang untuk mengatur kecepatan putaran motor, mengatur intensitas cahaya pada lampu pijar, dan mengatur temperatur pada elemen pemanas. Jadi dengan dimmer, semua alat yang menggunakan motor induksi seperti bor listrik, gerinda, mitter, ceiling saw, kipas angin dan sejenisnya, dan filamen atau elemen pemanas misalnya pada setrika, heater atau water heater.

Jadi kecepatan putaran dinamo power tools, lampu pijar atau filamen bisa dikontrol sesuai keinginan dengan cara mengatur potensiometer yang ada pada rangkaian dimmer dengan mudah.

Pada jaman dahulu, dimmer lebih banyak dikenal diaplikasikan pada lampu pijar untuk mengatur intensitas cahayanya sesuai kebutuhan. Tapi sekarang tersedia juga dimmer untuk power tools atau filamen yang sudah kita sebutkan tadi karena memiliki kemampuan yang lebih tinggi dengan kapasitas ouput 2000w-4000w, 10A-20A dan seterusnya.

Tadi adalah dimmer jenis AC , karena dimmer juga ada yang untuk DC arus rendah semisal 24v dst misalnya untuk mengatur kecepatan putaran kipas angin kecil DC. Sekarang kita bahas Dimmer yang AC yang mendukung daya besar sehingga mampu untuk mengontrol putaran power tools daya besar.

Pengen kenal lebih jauh dengan alat unik dan menarik ini? Baca terus mas dan mbak bro…. hehe…

Dimmer AC 220V, Skema, Cara Kerja, Manfaat, Dll

Rangkaian Kit Dimmer AC

Rangkaian dimmer didesain memakai prinsip dasar pemotongan gelombang AC. Dan gelombang arus AC PLN merupakan jenis gelombang Sinusoidal dengan Amplitudo sebesar 220V. Dengan rangkaian dimmer, gelombang AC sinusoidal dari PLN akan dipotong oleh kombinasi komponen TRIAC dan DIAC. Pemotongan gelombang ini menyebabkan daya menjadi lebih kecil sehingga energi untuk menggerakkan motor berkurang, pemotongan bisa diatur dengan potensiometer sehingga kita bisa mengontrol penggunaan daya sesuai keinginan. Jadi ini bukan alat untuk menghambat tegangan seperti kita menambahkan resistor.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin Kenapa Berputar Lambat Segala Merk

Cara Kerja Rangkaian Dimmer AC

Dimmer AC skema

Dimmer AC menggunakan komponen inti yaitu TRIAC dan DIAC. Kedua komponen elektronik ini secara aplikasi sering diperuntukkan untuk pengontrolan power elektronik.
Thyristor adalah perangkat setengah gelombang seperti dioda yang hanya akan memasok setengah daya.

TRIAC ini terdiri dari dua thyristor yang terhubung dalam arah yang berlawanan tetapi secara paralel dikendalikan oleh gerbang yang sama. Tegangan suplai triac saat ON tergantung pada arus gerbang. Ini memungkinkan penggunaan triac untuk mengatur daya arus AC pada beban, dari 0 hingga daya penuh secara halus dan permanen tanpa kehilangan kontrol.

DIAC secara mendasar adalah perangkat dua terminal, yaitu kombinasi dari lapisan semikonduktor paralel yang memungkinkan pengaktifan dalam satu arah. Perangkat ini digunakan untuk mengaktifkan TRIAC.

TRIAC dan DIAC dalam dimmer tak bisa dipisahkan karena mereka berbagi tugas supaya dimmer kita bekerja dengan baik sesuai tujuan. TRIAC bertugas mengatur daya, dan DIAC bertugas mengaktifkan TRIAC

DIAC melewatkan sinyal AC hanya jika level sinyal masukan lebih tinggi dari ketetapan nilai yang dibuat pada DIAC. Nilai dari DIAC dipadatkan oelh rangkaian pembagi tegangan yang menggunakan Resistor dan Potensiometer. Jika potensiometer dibuka semakin besar atau lebar, maka tegangan input Pada DIAC akan semakin sering terbuka, sehingga dapat memicu Gate TRIAC.

Gate yang dipicu oleh DIAC akan mengatur gelombang sinusoidal yang masuk ke power tools atau peralatan listrik yang ingin dikontrol. Dengan demikian peralatan tersebut mendapatkan level daya yang berbeda sehingga mempengaruhi putarannya.

Itulah sekilas tentang Dimmer bagaimana bisa bekerja, menggunakan komponen apa serta bagaimana bisa mengatur kecepatan putaran power tools dengan potensiometer.

Lihat Juga :  Skema Rangkaian Monitor Pengisian Baterai Untuk Baterai Charger

Power tools Dan Alat yang Bisa memanfaatkan Dimmer Untuk Mengontrolnya :

  1. Gerinda tangan/duduk
  2. Bor listrik tangan/duduk
  3. Dinamo mesin jahit
  4. Blender
  5. Mixer kue
  6. Mitter
  7. Circular saw
  8. Blower
  9. Kipas angin atau fan AC
  10. Heater
  11. Setrika
  12. Water heater listrik
  13. Lampu pijar

Apakah Alat Elektronik Lain Bisa Menggunakan Dimmer AC?

TIDAK BISA, karena dimmer hanya untuk alat yang secara langsung mengonversi Listrik AC menjadi energi lain seperti pada power tools atau filamen . Lampu LED atau Lampu TL menggunakan driver, atau tidak secara langsung mengonversi Listrik AC menjadi energi lain tapi harus melewati driver dulu.

Untuk kulkas, televisi, PC, sudah pasti juga tidak bisa karena mereka menggunakan power supply pada rangkaian elektroniknya yang membutuhkan tegangan konstan.

Benarkah Dimmer Bisa Membuat peralatan Power tools dan filamen Cepat Rusak?

JIKA ADA YANG MENGATAKAN ITU, JAWABANNYA TIDAK BENAR DAN TIDAK BERALASAN. Power tools menggunakan motor induksi atau heater yang menggunakan filamen sudah dijelaskan diatas bahwa secara langsung mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lain. Dimmer akan menurunkan level Daya pada peralatan bukan menghambat arus, maka semakin kecil daya yang dipotong oleh dimmer maka putaran / panas akan menurun sesuai yang disetel pada potensiometer.

Peralatan tadi memang bisa cepat rusak jika arus melebihi kapasitas, yaitu ketika arus maksimalnya 220V diberi arus 300V tentu akan rusak. Tapi dimmer tidak bisa menambah arus seperti itu. Dimmer hanya menurunkan atau menaikkan sesuai dengan arus yang dibutuhkan peralatan saja.

Malah justru bisa lebih awet ? Ya malah bisa lebih awet, mengapa? karena power tools atau pemanas hanya menggunakan daya sesuai kebutuhan saja, sehingga lebih dingin daripada selalu dipergunakan dengan daya maksimal.

Jika dimmer ini mempercepat kerusakan alat, maka sejak dulu dimmer ini tidak dibicarakan orang lagi, dan pabrik dimmer tutup tidak dibuat lagi oleh pabrik karena tidak laku. Tapi pada kenyataanya dimmer merupakan alat elektronika yang masih banyak penggunanya.

Apakah Juga Menghemat Listrik?

Secara logika iya. Sebab daya yang masuk ke peralatan bisa dikontrol, sehingga penggunaan daya bisa diatur sesuai kebutuhan pekerjaan saja. Pemakaian daya turun = energi yang dipakai lebih sedikit = menghemat pemakaian listrik = Hemat tagihan listrik.

Apakah Dimmer Bisa Rusak?

Tidak ada peralatan yang tidak bisa rusak. Prinsipnya yang harus dipahami bahwa semua alat listrik akan lebih cepat rusak alat apapun jika digunakan tidak sesuai dengan kapasitasnya. Dimmer juga terdiri dari berbagai macam kapasitas tergantung dari nilai yang ditanamkan pada TRIAC DIAC(spesifikasi) serta komponen lain.

Misalnya sebuah Dimmer memiliki kemampuan 10A dan output maks 2000W maka akan rusak jika digunakan untuk alat diatas 2000W atau dengan arus diatas 10A. 2000W adalah kemampuan maksimal, jadi supaya lebih awet gunakan untuk alat-alat maksimal rata-rata 1000W saja.

Manfaat dimmer

Dimmer AC Rakitan

GAMBAR: APLIKASI RANGKAIAN DIMMER AC PADA BOX STOP KONTAK

Terkadang beberapa pekerjaan tidak membutuhkan speed setinggi-tingginya. Misalnya kita mengebor kayu menggunakan bor listrik, itu mata bornya sudah beda. Terlalu tinggi speed bor bisa lebih repot dan bisa menyebabkan lubang yang dibuat kurang baik.

Atau pada pekerjaan mengamplas menggunakan gerinda amplas, atau memoles cat mobil. Kecepatan putaran yang sesuai amat dibutuhkan selain untuk memudahkan proses pengerjaan, juga menghindari kebablasan sehingga malah tekor/terlalu banyak permukaan yang terkikis.

Memblender sambal, terkadang juga butuh kehalusan tertentu. Pada umumnya sambal butuh tidak terlalu halus, maka dengan dimmer kita bisa membuat sambal yang hasil gilingannya sesuai.

Pada mesin jahit juga sama, terkadang kita butuh speed jahit yang terukur sesuai kenyamanan kita.

Pada pemanas, pada lampu pijar juga sama.

Manfaat lain yang diinginkan banyak orang adalah BERHEMAT LISTRIK, bisa dilakukan dengan cara menggunakan energi sesuai kebutuhan yang bisa dikontrol dengan dimmer.

Demikian tentang dimmer AC, alat listrik legendaris yang masih eksis sampai saat ini. Banyak membantu pekerjaan dan menghemat listrik tentunya. Tertarik?

Leave a Reply