Alat Pengusir Tikus Ampuh Dengan Gelombang Ultrasonic 50Khz

Tikus memang hama yang selalu menimbulkan masalah, selain kerusakan juga penyebaran penyakit. Apalagi tikus rumah yang selalu menjajah makanan-makanan kita tiap malam, menimbulkan suara berisik atau gaduh di plafon dll. Untuk itu banyak cara yang sudah dilakukan manusia untuk supaya terhindar dari serangan para tikus ini. Yang kita akrab adalah pakai rasun tikus, jepretan tikus, perangkap tikus hingga lem tikus.

Semua cara diatas memang berhasil menangkap tikus, tapi rasanya tikus tak pernah hilang dari rumah selalu saja ada dan ada terus. Perlu diketahui, tikus hewan yang cerdas dia bisa belajar dari pengalaman sehingga suatu saat perangkap kita tidak berhasil menangkap tikus lagi.

Piara predator alami mungkin menjadi cara efektif yaitu kucing, tapi tak semua orang suka piara kucing dan terkadang kalau kejar-kejaran malah bikin berantakan semua – mirip film Tom & Jerry 😀

Sebenarnya ada cara yang lebih baik, efektif dan aman yaitu dengan alat yang bisa membuat tikus tidak nyaman yang kemudian akan pergi menjauhi rumah kita.

Alat tersebut adalah alat pengusir tikus elektronik, dimana bekerja dengan cara memproduksi gelombang dengan frekwensi tertentu yang tidak disukai tikus. Yang akibat paparan gelombang tersebut (menurut penelitian), menyebabkan tikus menjadi resah, bingung yang ditunjukkan dengan tingkah seperti berlarian cari persembunyian, mencakar-cakar dan tidak mau makan.

penelitian gelombang 50Khz pada tikus

Gbr: Hasil penelitian gelombang 50Khz pada tikus

Membuat Alat Pengusir Tikus Elektronik

Awalnya saya sendiri juga tidak percaya karena alat seperti ini sudah saya ketahui sejak dulu masih SD, tetapi untuk mencoba apa salahnya?

Hal ini karena rumah saya tuh bermasalah dengan tikus yang selalu ribut diatas plafon sehingga membuat risih, kaget saat tertidur dan malu kalau ada tamu. Berbagai cara umum (seperti lem, rasun, jepretan, jebakan) sudah dicoba, malah ribet dan hasilnya tidak ada karena tikus tetap bercokol diatas plafon setiap hari.

Sebelum berfikir untuk membuat rangkaian sendiri, coba searching di toko online, waow harganya cukup mahal jadi kepikiran mengapa tidak membuat sendiri aja? kan saya kalau soal elektronik sudah mainan sejak kecil?:D
Lagian sekarang banyak barang palsu atau tipuan, ini satu contoh !

contoh alat pengusir tikus palsu

Gambar diatas adalah satu contoh alat pengusir tikus palsu, hanya berisi komponen yang berguna untuk menyalakan lampu led saja. Tidak ada rangkaian pembangkit gelombang ultrasonic dan speaker piezoelectric. Darimana  bisa mengusir tikus?

Jika Anda pernah pengalaman buruk dengan pengusir tikus?

Apakah anda sudah pernah menggunakan alat serupa tapi tidak ada hasilnya?

Jawabannya : Jika barang tersebut tidak palsu, yang berarti frekwensi yang dihasilkan tidak pas atau tidak sesuai dengan 50Khz yang sudah terbukti membuat tikus bingung dan resah lalu minggat.

Lanjut ke cerita awal ….

Dari situ karena berfikir untuk merakit sendiri, kemudian saya tindak lanjuti untuk mencari semua referensi yang ada diseluruh dunia tentang alat pengusir tikus ini. Dari mulai bukti penelitian, hingga  menemukan sebuah skema rangkaian yang paling pas dan memang terbukti mampu membuat tikus minggat dari rumah.

Lihat Juga :  Penyebab Keyboard Laptop Error Dan Cara Memperbaikinya

Hasilnya saya menemukan informasi, bahwa ternyata tikus hanya bisa terganggu dan pergi menjauh dengan gelombang Ultrasonic 50Khz. Dan saya menemukan rangkaian dibawah ini dan mulai mencoba merakitnya.

alat pengusir tikus skema Ternyata banyak sekali skema pengusir tikus yang bertebaran di internet dengan bermacam-macam rangkaian dan IC yang dipakai, dari yang sederhana hingga yang rumit ada. Namun yang jelas harus bisa dipastikan intinya harus menghasilkan frekwensi 50Khz yang cukup kuat supaya bisa bekerja sesuai harapan. Kalau yang simple saja sudah bisa menghasilkan gelombang ultrasonik sesuai yang diinginkan, saya rasa tak perlu nyari yang rumit kan?

Terbukti Ampuh

Setelah rangkaian selesai dan diuji ternyata menghasilkan gelombang ultrasonic 45-50 Khz yang naik turun –  tidak konsisten di 50khz saja. Baiklah itu tak menjadi persoalan, karena yang penting adalah hasilnya bagaimana? apakah berhasil mengusir tikus?

Setelah diuji dan hasilnya pada tikus adalah :

  • Malam pertama : 1-3 jam aktifkan alat, tikus justru makin ribut diatas plafon, dan diawal ini sudah pesimis sebenarnya. 3 Jam keatas tikus mulai tak terdengar suaranya lagi, wow mulai ada harapan optimis.
  • Malam kedua : Anak-anak tikus secara mengejutkan berjatuhan dari plafon kebawah lewat celah 😀 , sekali kali ada suara berlarian sepertinya hanya dari seekor indukan.
  • Malam ke 3 sampai saat ini Tikus sudah tidak terdengar lagi.

Kesimpulannya luarbiasa bener alat ini. Tikus yang bertahun-tahun bikin keributan diatas plafon kin sudah tak terdengar lagi. Bahkan alat pengusir tikusnya sudah tak diaktifkan lagi karena sudah tidak ada. Nanti kalau mereka kembali ya diaktifkan lagi dong 😀

Asumsi saya gelombang ultrasonic mengayun antara 45-50Khz yang diproduksi rangkaian dan keluar dari speaker piezoeletric secara lebih kuat ini membuatnya efektif untuk membuat tikus semakin terganggu.

Ide Membuatnya menjadi sebuah produk

Ada saran dari teman bagaimana kalau dibuat sebuah produk aja dan dijual online, dan dia sendiri sebenarnya pengen dibuatkan juga :D. Setelah saya pikir boleh juga tuh, kan memang sudah terbukti sukses kok.

Tara dan hasilnya menjadi produk seperti ini ..

Alat pengusir tikus dan nyamuk1 ampuh

Dilengkapi gantungan supaya bisa mudah ditempelkan di dinding karena arah dari speaker piezoelectric harus menjangkau lokasi yang ditempati tikus. Model compact dan praktis, sekaligus bahan casing yang tebal dan cukup kuat.

Kabar baiknya tak hanya tikus, karena nyamuk dan kecoa pun juga ikutan minggat bebarengan dengan para tikus.

Jika anda pengen mengusir tikus dirumah anda dengan gelombang ultrasonic 5oKhz tapi malas merakitnya sendiri, Anda bisa order di toko shopee baru saya yang memang baru ada produk ini karena baru dapat idenya dari pengalaman ini.  Kunjungi linknya ini 

Demikian semoga bermanfaat!

2 Comments

  1. Sinung Haritoto Januari 13, 2022
    • Supri Februari 2, 2022

Leave a Reply