Tips Sebelum Membeli Hardisk

Sebagian besar orang akan memikirkan untuk membeli hardisk tambahan, jika merasa runag penyimpanan di komputer mereka dirasa kurang. Dan sebagian lagi membeli hardisk karena hardisk yang dimiliki satu-satunya pada komputernya sudah tak bisa mengkodisikan dengan baik atau rusak. Dan selebihnya membeli hardisk untuk keperluan merakit komputer. Gampangnya, membeli hardisk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tak repot lagi nantinya.

Advertisement

Berikut tips sebelum membeli hardisk, atau hal apa saja yang perlu diketahui sebelum membeli hardisk

1. Hal pertama yang perlu difikirkan adalah mendapatkan hardisk yang berkualitas. Ini terutama jika anda membutuhkan hardisk untuk mengganti hardisk lama yang error atau untuk hardisk utama untuk komputer yang akan dirakit. Sebab hardisk adalah tempat penyimpaan data dan akan dipergunakan dalam jangka panjang. Maka semakin baik kualitas hardisk, maka semakin kuat dan tahan lama. Pada umumnya harga sebanding lurus dengan kualitas, namun perlu difikirkan untuk membeli hardisk dari keluaran merk ternama. Alasannya, merk populer biasanya telah lama berkecimpung dalam produksi hardisk, dan pastinya lebih berpengalaman.

2. Jumlah/kapasitas juga perlu dipertimbangkan, seberapa besar kebutuhan anda untuk menyimpan data. Namun rata-rata pengguna komputer pasti menginginkan penyimpanan yang lebih besar. Agar lebih hemat, tentu membeli yang kapasitas mencukupi untuk komputer anda.Jangan lupa kapasitas disesuaikan dengan kecepatan prosesor komputer, misalnya komputer pentium 4 sebaiknya tak lebih dari 100GB.

Lihat Juga :  Spek komputer bagus untuk Game

3. Jika anda membeli hardisk hanya untuk penyimpanan tambahan pada laptop, tentu hanya bisa mengguakan hardisk eksternal. Namun tidak menutup kemungkinan untuk laptop jika ingin menggunakan hardisk internal sebagai penyimpanan tambahan. Hardisk yang biasanya dipakai untuk hardisk internal pada PC bisa dipakai untuk hardisk eksternal, namun anda masih perlu untuk menambahkan converter SATA – USB dan kabel power. Jika ingin lebih praktis untuk mendukung mobilitas, sebaiknya mempergunakan hardisk eksternal.

4. Jika anda hanya memerlukan  tambahan hardisk hanya untuk media penyimpanan, lebih baik membeli hardisk internal. Hal ini akan membuat praktis komputer anda, tanpa harus keluar lepas USB dan  power (pada hardisk eksternal). Selain itu, hardisk internal lebih baik kinerjanya daripada hardisk eksternal, karena dihubungkan dengan langsung dengan SATA – IDE cabel sehingga proses lebih cepat. Jika ingin hardisk bisa dibawa kemana-mana, tentu hardisk eksternal menjadi pilihan. Baca tutorial: Cara menambah hardisk baru/ dual hardisk.

5. Yang terakhir, tips jika anda ingin membeli hardisk eksternal, pastikan komputer/laptop/notebook anda mendukung media koneksi hard disk. Karena bermacam-macam sistem koneksi hardisk eksternal dengan PC/Laptop yaitu eSATA atau USB 2.0. Ini penting diketahui, agar anda tak perlu lagi harus membeli alat tambahan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *