Tips merawat mesin mobil diesel

Mesin diesel pada umumnya membutuhkan perawatan yang tidak sebanyak mobil bermesin bensin, namun biaya perbaikan mobil diesel biasanya lebih mahal.

Advertisement

Perawatan mesin diesel yang baik akan mencegah meningkatnya biaya perawatan bengkel dan efisiensi bahan bakar dan mesin selalu dalam performa yang baik. Mesin diesel adalah mesin yang sangat baik, dan dapat diandalkan untuk penggunaan mobil apapun jika secara rutin dan dirawat dengan baik.

Berikut Tips perawatan mesin mobil diesel, agar berumur panjang dan menjaga performa

Memeriksa busi pijar

Pemeriksaan busi pijar secara rutin sangat penting dilakukan untuk perawatan yang tepat pada mesin diesel. Pengapian dari mesin diesel ini tergantung pada panas dan kompresi yang tinggi, jika busi pijar sudah kurang baik maka mesin akan sulit hidup karena kurangnya panas pada ruang bakar. Busi pijar digunakan untuk memanaskan silinder sebelum mesin dingin akan dihidupkan.

Memeriksa gasket

Gasket pada mesin diesel juga tak boleh luput dari pengamatan rutin, karena gasketĀ  berada pada kondisi yang sangat berat. Semua baut pengikat mesin juga harus diperiksa secara teratur untuk menghindari kebocoran yang dapat mengakibatkan kerusakan lain pada mesin. Jika anda menemukan kebocoran olie pada mesin, sebaiknya minta teknisi bengkel untuk memeriksa kebocoran tersebut.

Memeriksa filter udara

Filter udara berguna untuk mencegah masukknya zat atau benda korosif dari udara kedalam ruang bakar mesin. Filter udara yang sudah lama dipakai justru akan menyimpan residu kotoran lebih banyak, karena mungkin ada kerusakan, semua residu yang terkumpul justru bisa masuk semuanya kedalam mesin. Cek dan bersihkan filter udara secara berkala berdasarkan petungjiuk pemakaian.

Lihat Juga :  Cara Mudah Parkir Mobil Pararel Tanpa Aba-aba

Memeriksa filter oli

Filter oli pada mesin diesel bukanlah komponen yang boleh dianggap remeh. Peran filter oli sangatlah penting, karena berfungsi untuk menyaring kotoran dari residu bahan bakar dan karobn yang korosif. Filter yang sudah terlewat masa pakainya justru akan menyumbat kelancaran aliran olie. Filter olie yang masih baik akan menyaring partikel korosif dari oli.

Jangan membuka atau mengendorkan baut

Jangan pernah membuka baut mesin jika tak memiliki alat yang memadai, apalagi tidak tahu samasekali cara pemasangan kembali yang benar. Serahkan hanya kepada teknisi mesin diesel yang berpengalaman.

Cara mengganti cairan pada mesin

Untuk menjaga performa mesin yang tepat dan menghindari kecelakaan, pastikan mesin sudah dingin ketika Anda akan mengganti semua cairan pada mesin, misalnya oli ataupun air radiator.

Memeriksa mesin

Luangkan sedikit waktu Anda untuk menengok mesin secara rutin, untuk segera mengetahui sedini mungkin jika ada kejanggalan. Ketika melakukan perawatan mesin diesel, pastikan mesin sudah dimatikan.

Waspadai sistem pendinginan

Pada semua mesin mobil, sistem pendingin adalah komponen yang kritis. Jangan menunda jika Anda mengetahui ada masalah dengan sistem pendinginan, biasanya alaram peringatan akan terdengar atau terlihat pada panel dasbor. Periksa, apakah ada kebocoran atau perlu melakukan penambahan cairan pendingin.

Menambahkan obat khusus bersama bahan bakar

Setiap kali Anda mengisi tangki mesin diesel, boleh menambahkan “suplemen”. Zat seperti Ini bermanfaat untuk mencegah bahan bakar diesel bercampur dengan kotoran. Tanyakan pada bengkel langganan anda tentang suplemen mesin ini.

Lihat Juga :  Apakah teknologi I-VTEC pada mesin mobil?

Menggunakan biodiesel

Cara lain untuk meningkatkan umur mesin adalah dengan menggunakan bio – diesel. Biodesel dapat digunakan dalam mesin diesel dengan sedikit modifikasi. Bio – diesel lebih bersih dan dapat membantu menghilangkan deposit kotoran yang telah terakumulasi pada dinding tangki solar yang diisikan sebelumnya.

Mesin diesel juga memerlukan pemeriksaan dan perawatan lengkap agar lebih awet dan bertahan performanya.. Penggantian oli, filter oli dan filter udara secara teratur sangat penting untuk menjaga performa mesin
yang tepat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *