Tips memilih Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama dari komputer yang membantu kinerja semua komponen (peripheral) seperti CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya agar bisa berkomunikasi satu dengan yang lain. Motherboard ini memilki konektor, untuk memasang CPU, BIOS, memori, mass storage interface, port/paralel, dan perangkat periferal standar, seperti layar monitor, keyboard, mouse dan disk. Semua chip controller yang berada pada motherboard disebut dengan chipset motherboard.

Advertisement

Tips dan Cara memilih Motherboard Komputer

Memilih motherboard yang tepat akan menjamin stabilitas dan kinerja terbaik dari komponen sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting adalah memilih motherboard itu harus dipastikan bisa mendukung perangkat keras yang tepat.

Tips memilih Motherboard
IMG Source:flickr.com

Berikut adalah beberapa tips, yang akan membantu kamu dalam memilih motherboard yang tepat untuk sistem komputer kamu:

Chips dan Memory
Chipset yang berada pada motherboard, adalah komponen terintegrasi yang paling penting. Hal ini karena mereka akan mengontrol dan memungkinkan terjadi komunikasi antara interface komponen yang berbeda dari sistem. Jenis chipset dan memori  haruslah didukung oleh motherboard.Misalnya untuk kinerja yang lebih baik,pilihlah chipset yang mendukung memori berkecepatan tinggi. Modul memori harus di sinkronisasi dengan motherboard.

Ukuran
Setelah kamu sudah mendapat gambaran motherboard yang akan dipilih, sekarang motherboard tersebut ukurannya apa bisa dimuat oleh box komputer. Kebanyakan sistem motherboard menggunakan bentuk ATX, yang memiliki dimensi standar dan penempatan tetap lubang pemasangan, komponen, dan slot ekspansi.Hal ini perlu diingat jika motherboard yang dipilih untuk sistem kecil atau bentuk ATX standar.

Lihat Juga :  Apa perbedaan signal modem, EVDO, CDMA 1X, dan Hybrid?

Processor
Sementara memilih motherboard, kompatibilitas motherboard dengan CPU juga harus diperhitungkan. Motherboard harus dipilih tergantung pada jenis CPU, seperti  prosesor AMD atau prosesor Intel. Soket yang menghubungkan prosesor (CPU) ke motherboard, harus sesuai dengan koneksi/kaki dari prosesor serta motherboard.

USB port dan Slot Ekspansi
Perangkat keras komputer yang melekat pada motherboard, melalui (Universal Serial Bus) port USB. Selalu periksa jumlah port USB yang didukung motherboard. Jumlah slot ekspansi juga harus diperiksa, salah satunya mungkin diperlukan untuk menempatkan kartu tambahan, seperti VGA, Sound Card tambahan atau kartu nirkabel ke motherboard.

SATA Hard Drive dan Optical Drive
Jika sistem memiliki hard drive SATA dan drive optik, maka penting untuk mendapatkan motherboard yang mendukung teknologi SATA. Teknologi SATA terutama adalah bus komputer, yang dirancang untuk transfer data antara motherboard dan komponen-komponennya, kompatibilitas adalah penting.

Sebelum memilih motherboard, penting untuk dipahami yaitu kesesuaiannya dengan harapan dan keperluan kamu dari sistem komputer.Apakah kamu memerlukan komputer dengan sistem multimedia,  game atau fitur-fitur tertentu lainnya. Sebuah kombinasi yang baik dari chipset dan prosesor dengan motherboard, akan meningkatkan kinerja sistem komputer Kamu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *