Tips Membeli Laptop

Bingung nih mau beli yang mana,,,,.Tidak heran jika bingung mau membeli laptop, karena beragam merk yang dilempar kepasar semuanya menawarkan kelebihan masing masing.Dari mulai spesifikasi hardware, fitur, garansi, harga yang lebih murah dan lain lain.Agar tidak bingung, berikut beberapa tips sebelum membeli laptop mungkin berguna.

Advertisement

1.Yang pertama tentunya sesuaikan dengan keuangan yang ada dulu.Jangan sampai berhutang hanya gara gara membeli laptop, sehingga bisa membebani dikemudian hari.
2.Kalau internet hanya untuk berinternet, mengetik atau hanya dipakai presentasi, kenapa mesti membeli laptop berspesifikasi tinggi dengan harga mahal.Beli yang sesuai dengan kebutuhan, kecuali memang ada dana cukup yang dianggarkan.
3.Cek di promo produsen laptop, bandingkan spesifikasi yang ditawarkan.Jika spesifikasiya sama saja/tak jauh beda, tentu pilih yang harganya jauh lebih murah.Asal jangan yang murahan.
4.Prosesor adalah otak komputer, untuk laptop sebaiknya memilih yang menggunakan prosesor mobile (khusus untuk peralatan portabel).Alasannya prosesor untuk mobile lebih irit penggunaan daya listriknya, sehingga tidak terlalu cepat kehabisan baterai.
Jika untuk mengetik, prosesor kecepatan 1,8GHz sepertinya sudah cukup memadai.Kalau laptop sekaligus untuk multimedia yang berat berat, sebaiknya prosesor sudah 1,8Ghz atau 2.0Ghz.
5.Memori RAM untuk laptop minimal 512MB sudah cukup, atau minimal 1GHz untuk windows vista.
6.Hardisk.Jika Anda suka untuk menyimpan multimedia dan game, semakin besar semakin bagus.Kalau lptop hanya untuk penggunaan sementara saja, hardisk dengan 80MB seperetinya sudah cukup memadai.
7.Grafis.Laptop hanya menggunakan hardweare grafis (GPU) onboard, alias menempel menjadi satu.Untuk laptop kelas menegah bawah biasanya menggunakan hardware grafis buatan intel.Kalau laptop hanya untuk keperluan pekerjaan mengetik, memutar musik saja grafis tidak perlu dipersoalkan.Jika ingin kemampuan grafis yang lebih, tentu cari laptop dengan hardware grafis yang bagus.Sebab, hardware grafis pada laptop tidak bisa diupgrade, karena onboard tadi.
8.Layar.Cari yang sedang saja, tidak kekecilan atau kebesaran.Sebab yang kekecilan akan bermasalah dengan penglihatan, dan jika kebesaran akan bermasalah dengan harga.Yang sedang itu ukuran layar 14Inch atau 15Inch.
9.Lebih banyak mendukung standard jaringan Wifi, misalnya mendukung jaringan A/G.Atau lebih baik lagi mendukung jaringan wifi ABG.
10.Perangkat optic.Kebanyakan perodusen laptop terbaru sudah melengkapinya dengan DVDRW.Dan ada juga yang hanya Combo CDRW dan CDROM.Karena perangkat optic ini pada laptop biasanya hanya untuk membaca saja(read), yang Combo atau hanya DVDROM saja sudah cukup.Anda bisa menentukan, sebab masalahnya berpengaruh terhadap harga yang cukup signifikan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *