Tips membeli Laptop bekas pakai/second

Membeli barang bekas apapun seseorang dituntut ketelitian agar paling tidak barang second yang terbeli masih bisa memberikan fungsi yang semestinya.Syukur syukur jika anda berhasil mendapatkan barang second yang kondisinya masih 90% namun harganya bisa turun menjadi 50%.

Advertisement

Namun ketelitian dan pengetahuan khusus diperlukan jika membeli barang bekas elektronik terutama laptop.
Laptop atau kebanyakan komputer pada umumnya bekerja dengan komponen elektronik yang lebih kompleks,yang didukung oleh hardware khusus dan software untuk menjalankannya.Jadi Saya kira,membeli laptop bekas pakai harus lebih teliti daripada membeli alat elektronik lainnya.

Nah mungkin tips untuk membeli laptop seken/bekas dibawah ini penting untuk diketahui, agar mendapatkan laptop seken yang masih bagus dan dengan harga yang pantas.

Jika seseorang menawarkan sebuah laptop bekas pakai yang katanya butuh duit cepat,barang belum lama dipakai.jangan segan untuk mempertanyakan kartu garansi dari toko atau dari distributor resminya.Periksalah kartu garansi  baik baik,bahkan beberapa merk laptop meyediakan pengecekan garansi secara online disitusnya.
Hal ini jika anda merasa masa garansi ini adalah penting,biasanya laptop kelas bisnis dilengkapi garansi hingga tiga tahun.Belilah barang tersebut paling tidak sebelum garansi habis minimal 3 bulan.

Periksa kondisi dari laptop dari cacat fisik yang mungkin ada.Periksa kondisi dari LCD/layar laptop dengan seksama,karena harga LCD apalagi LED laptop harganya cukup mahal.
Caranya: Carilah wallpaper yang berwarna hitam polos dan pekat.Periksalah dilayar monitor jangan sampai kelihatan titik titik warna warna yang selain hitam.Selanjutnya rubah kembali walpaper dengan warna putih,periksa jika ada titik titik yang berwarna.Atau mungkin anda melihat garis garis dilayar yang tidak bisa hilang.
Jadi layar harus benar benar bersih dari titik titik atau garis yang seharusnya tidak ada.Jika anda menemukan hal semavam itu,sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli laptop bekas tersebut.

Lihat Juga :  Perbedaan antara windows 32 bit dan windows 64 bit

Periksalah laptop dari akibat perilaku pemiliknya dulu.Jika pemiliknya dulu kasar terhadap laptop tersebut bisa diketahui.Carilah cacat fisik yang terlihat seperti habis terbentur,kondisi seperti ini biasanya sulit untuk dihilangkan.
Jangan ragu untuk menanyakan jika anda memang mendapatkan cacat akibat benturan.Jika anda kurang yakin,urungkan untuk membeli laptop tersebut.

Cek fungsi dari beberapa hardware penting lainnya seperti speaker,keyboard,fungsi colokan USB,slot memory, sampai drive optic.Pastikan semuanya sudah dicek secara langsung dihadapan anda dan dalam keadaan baik baik saja.

Periksa baterai apakah baterai masih normal dalam menyimpan energi.Jika ternyata baterai telah drop maka anda masih harus membeli baterai yang baru,dan harganya cukup mahal.Jika memang baterai dalam kondisi tidak baik ,anda juga harus bisa menawar harga dipotong harga baterai.
Untuk mengetahui kondisi baterai laptop memang agak sulit.Pada beberapa merk terdapat software untuk mengetahui berapa kali baterai telah dilakukan charging.Pada umumnya baterai laptop dirancang dengan batas pengisian hingga  seribu kali.
Namun apabila tidak ada software seperti itu,buka beberapa aplikasi.Lihatlah  pada indikator baterai,jika isinya berkurang dengan cepat berarti kondisi baterai sudah tidak prima lagi atau bahkan drop.

Jika anda sudah menemukan laptop seken dengan kondisi sesuai dengan harapan ,sekarang saatnya menentukan harga yang sesuai.
Jika laptop dengan model tersebut masih dijual dipasaran,selisih harga bekas dengan yang baru idealnya adalah 20% hingga 30%.Tergantung juga dengan kondisi,merek,masa garansi,model dan kelengkapan.
Jika laptop model tersebut sudah tidak dijual yang baru lagi ditoko,ini agak sulit untuk menentukan harga yang pas.Hal ini karena model laptop yang tidak dilanjutkan lagi produksinya ,namun harganya tidak diturunkan.Padahal laptop pengganti dari model tersebut yang sudah lebih tinggi speknya dijual pada kisaran harga yang sama.
Jika demikian sebaiknya harganya paling tidak dikurangi 30% dari harga terakhir dari model laptop tersebut.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Komputer lambat

Jika anda melihat dari  iklan online diinternet,sebaiknya bayar saat anda melihat barangnya.Atau melalui perantara orang yang bisa anda percayai.

Agar anda mendapatkan laptop bekas yang masih bagus dengan harga yang sesuai memang harus teliti.Jangan terburu buru dulu hanya karena tergiur dengan harganya yang murah saja.
Bisa jadi anda akan mengeluarkan dana yang sebenarnya cukup untuk membeli laptop baru,hanya karena kurang teliti sedikit saja.
Semoga bermanfaat!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips membeli Laptop bekas pakai/second

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *