Tips Membeli Komputer Bekas

Tidak ada salahnya jika kita hanya ingin membeli komputer bekas.Dengan membeli komputer yang tepat, maka kita masih bisa menikmati manfaat yang sama dengan komputer baru.
Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.Sebab jangan sampai komputer bekas yang kita beli nanti tidak sesuai dengan harga dan tujuan penggunaan.Apalagi salah pilih kepada dekstop yang sudah sampa pada saatnya masuk ketempat peleburan.

Advertisement

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips membeli komputer bekas

Cari Informasi Harga

Komputer yang masih baru merk tertentu dengan spesifikasi yang sama harganya berapa?,, ini wajib tahu agar nanti tidak kemahalan dalam membeli komputer bekasnya.

Kelengkapan

Pertanyakan harga dan kelengkapan yang diikutsertakan, sebab banyak yang mematok harga komputer bekas hanya Komputernya (box CPU). Tanpa kibord, tanpa mouse , tanpa monitor.Jika yang ditawarkan hanya komputernya saja, bandingkan harganya dengan perangkat yang sama yang lebih lengkap ditempat lain.Ini masalah pertimbangan harga.

Motherboard

Lihat apakah komputer tersebut rakitan apa buatan pabrik.Jika komputer yang ditawarkan adalah rakitan, kamu perlu untuk mengetahui dalemannya.Apa merk motherboardnya (terkenal atau tidak), apa jenis RAM yang didukung, berapa daya PSU, produk CPU (Intel atau AMD), spek CPU yang didukung.SLOT PCi apakah mendukung untuk upgrade hardware nantinya, dan berapa banyak port USB yang ada pada Motherboard.Bagaimana tentang VGA, builtin atau VGA slot tersendiri.

CPU

Misalnya, Apakah CPU dualcore sudah memenuhi kebutuhan kamu apa tidak.Pada dasarnya semakin tinggi spek CPU, maka kinerja komputer semakin baik.Namun harganya juga perlu untuk dipertimbangkan, jika terlalu tinggi speknya pikirkan dengan dana yang ada.Jika komputer hanya untuk browsing dan menjalankan software perkantoran saja, dualcore misalnya sudah sangat mencukupi.

Lihat Juga :  Tips mengambil gambar malam hari dengan kamera DSLR

RAM

Untuk komputer dengan pentium 4, sekarang ini minimal harus 1GB agar bisa menjalankan kebanyakan program update terbaru.Jangan sampai setelah membelinya nanti kamu masih harus mengupgrade memori RAM.Nggak apa apa sih jika RAM minimal, asalkan sesuai dengan harga dekstopnya.Namun yang terpenting, apakah RAM yang ada masih layak pakai . Baca: Ciri Ciri Memori RAM Rusak

Hardisk

Saya beranggapan bahwa sekarang ini kapasitas hardisk 80GB adalah sangat minim.Hal ini terserah Kamu, semakin besar kapasitas hardisk maka semakin baik.Namun yang terpenting periksa apakah hardisk masih layak.
Lihat model hardisk yang dipakai, ATA atau SATA.SATA adalah pengembangan terbaru versi hardisk, tentu lebih baik dari ATA.Baca perbedaan hardisk ATA dan SATA.
Periksa Juga RPM hardisk, standardnya untuk hardisk dekstop dan laptop adalah 5400rpm dan 7200rpm.Jika jauh dibawah itu, berarti hardisk sudah sangat usang ddengan menurunnya RPM.Caranya: klik kanan pada Icon My Computer->Pilih Properties->klik Tab Hardware->Pilih Device Manager -> Klik pada DiskDrive.Lihat angka yang ada pada Disk yang ditampilkan.Angka tersebut adalah jumlah RPMnya, misalnya disana tercatat Hitachi HTS 5416……Maka berarti, Hitachi adalah merknya dan 4 angka dibelakang adalah mayor jumlah RPMnya.Berarti RPM hardisk tersebut adalah kisaran 5400 rpm, ini masih cukup baik.
Secara fisik Jika Hardisk terdengar sangat berisik, maka hardisk tersebut kemungkinan sudah memburuk putarannya. Baca : Cara mengetahui kondisi hardisk lainnya.


Lihat Juga :  Cara Menghemat Baterai Laptop

Optical Drive

Yang dimaksud adalah apakah komputer tersebut menggunakan drive optik CD atau DVD.Ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi teradap harga komputer bekas tersebut.DVD tentu lebih mahal dari CD Drive optic.

Kondisi Fisik dekstop

Lihat dalemannya, bagaimana dengan kebersihan dari hardware yang ada didalam?. Jika kelihatan sangat kotor dan berdebu, berarti siempunya dulu kurang memperhatikan tataletak dan kebersihan komputer.Debu debu ini bisa sangat berpengaruh, sebab jika lembab akan menimbulkan karat,macetnya fan bahkan konslet.

Test kinerja

Lakukan proses shut Up dan shut Down, komputer yang prima harusnya bisa shutup dan shut down dengan cepat laksana komputer normal lainnya.

Yang mempengaruhi harga komputer bekas

Spesifikasi CPU dan GPU , kapasitas RAM, kapasitas/ jenis hardisk, Optical drive adalah hardware yang sangat mempengaruhi harga komputer.Pastikan  mendapat harga yang sesuai/alias dibawah harga baru, 20-30% lebih murah.

Format dan Install ulang

Format lah hardisk dan install ulang komputer bekas yang baru dibeli.Hal ini untuk menjaga agar semua virus dan semua masalah pada software bisa teratasi.Sehingga sepeti komputer baru lagi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *