Tips Cara merawat laptop

Laptop sudah menjadi barang asing lagi bagi banyak orang.Seiring dengan semakin meningkatnya berbagai macam pekerjaan yang harus diselesaikan dengan menggunakan laptop.Sifatnya yang portabel, nampaknya banyak disukai bagi yang punya mobilitas pekerjaan tinggi.Tidak hanya untuk menyelesaikan urusan pekerjaan, laptop juga banyak diminati untuk memenuhi kebutuhan entertain pengguna.
Agar laptop yang sangat menunjang tersebut bisa awet, nampaknya kita harus tahu bagaimana cara memperlakukannya dengan baik.Jangan hanya asal dipakai, sebab laptop adalah peranti elektronik rumit yang butuh penanganan khusus dan extra daripada perawatan terhadap perangkat elektronik lainnya.

Advertisement

Berikut ini beberapa tips cara merawat laptop yang benar, sehingga bisa menjadi lebih awet dan selalu nyaman dipergunakan setiap saat:

Rajin membersihkan kibord

Keyboar adalah bagian komputer yang paling banyak berinteraksi langsung dengan tangan pengguna.Seringkali remah remah makanan, minyak bahkan abu rokok menyelip diantara keybord.Kotoran kotoran ini jika dibiarkan terlalu lama bisa menghalangi papan tombol, sehingga akan membuat keybord sulit merespon tekanan jari.Bersihkan dengan menggunakan kuas dan sapukan diantara celah celahnya.Mungki bisa juga menyedot debu dengan vakum cleaner, namun nampaknya harus berhati hati.Lap permukaan kiboard dengan kain yang dibasahi dengan cairan pembersih kaca.
Namun sepertinya lebih efektif jika keyboard diberikan pelindung khusus yang dijual dipasaran.

Cara membersihkan layar Laptop

Membersihkan layar laptoppun tidak boleh sembarangan, pergunakan cara yang benar.Jangan memakai air sembarangan, boleh menggunakan air suling yang bersih.Kalau perlu gunakan cairan pembersih khusus, boleh menggunakan cairan pembersih kaca.Caranya jangan menyemprot cairan secara langsung terhadap layar, namun gunakan kain flanel halus yang sudah dibasahi dengan cairan tersebut.Jangan terlalu ditekan keras layarnya, gosok searah jangan bolak balik.Baca selengkapnya: Cara membersihkan layar laptop

Lihat Juga :  Apakah Virtual Memory itu?

Bersihkan casing laptop.

Biar laptop selalu kinclong, bersihkanlah dari minyak yang mungkin menempel bersama debu sehingga casing terlihat buram.Minyak yang menempel ini sulit dibersihkan dengan menggunakan lap biasa.Untuk itu pergunakan cairan khusus pembersih peranti elektronika, bisa juga menggunakan cairan larutan deterjen nonalkalin. Namun caranya jangan langsung disemprotkan kepada body laptop.Pergunakan kain lembut yang terlebih dahulu dibasahi dengan formula pembersih.Gosok secara perlahan dan lembut pada bagian body laptop.

Jangan biarkan laptop berjemur

Jika laptop berada dimobil yang parkir di tempat terbuka, jangan di didekatkan dengan kaca dimana bisa terpapar sinar matahari.Komponen komponen laptop yang kecil kecil bisa saja memuai, dan kemudian menimbulkan kerusakan.

Jangan didekatkan dengan peralatan yang mengeluarkan medan magnet

Benda Yang mengandung medan magnet biasanya adalah speaker , handphone, dan alat elektronik seperti televisi.jauhkan dari benda benda tersebut, agar data yang berada di hardisk tidak menjadi rusak.Terutama handhone, jangan terlalu lama didekatkan dengan laptop.

Jaga sirkulasi udara untuk mendinginkan laptop

Jangan meletakkan laptop dengan beralaskan benda yang bisa menghambat sirkulasi udara dibawah laptop saat dipakai.Misalnya meletakkan begitu saja diatas sofa maupun diatas kasur.Taruhlah pada tempat yang memungkinkan udara dibagian bawah laptop bisa bersirkulasi.Kalau perlu pergunakan coolpad, pada saat dipergunakan lama.

Hindari laptop tergores

Laptop yang penuh goresan bisa membuatnya tidak menarik lagi, sehingga bisa menurunkan harga jual kembali dari harga pasaran.Bukankah kita selalu tergiur untuk ganti laptop model baru?,,,Tetap letakkan laptop pada tempat khusus, atau tidak diletakkan bercampur dengan benda keras dari logam saat dibawa bawa.

Lihat Juga :  Apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS?

Simpan laptop dengan benar

Jangan taruh laptop ditempat yang lembab, karena bisa menimbulkan karat pada hardware.Tempat yang baik adalah yang ada sirkulasi udara, kering dan sejuk.Lepaskan baterai jika laptop akan disimpan lama.Jangan diletakkan juga bersama benda benda yang menampung air, misalnya bak mandi, kran air dsb. :). Bukan,,contohnya seperti termos, tempat minum dsb.

Hati hati dengan benda cair

Jika Anda minum usahakan jauh dari laptop.Sebab jika laptop hidup, sedikit air saja yang tertumpah bisa langsung merusakkannya.

Pemakaian laptop

Jika dipakai untuk waktu yang lama, pergunakan coolpad.
Pergunakan laptop ntuk menjalankan program yang kompabilitasnya sesuai dengan hardware laptop.Misalnya tidak memainkan game dengan grafis kualitas tinggi menggunakan laptop/tidak sesuai dg spesifikasi hardware laptop.
Pada saat selesai menggunakan laptop, jangan keburu ditutup.Hal ini agar laptop sudah selesai shutdown dengan sepenuhnya.Kebiasaan menutup laptop pada saat laptop belum tuntas logof, bisa berakibat pada kerusakan sistem operasi.Kerusakan sistem operasi bisa menyebabkan banyak program yang not responding.
Pergunakanlah hanya charger bawaan laptop/ atau yang sesuai dengan spesifikasinya (watt dan voltase keluarannya).
Jika laptop dipakai, pastikan baterainya sudah penuh.Maksudnya jangan dicharge sambil dipergunakan, hal ini agar baterai laptop awet.
Rajin melakukan pengecekan hardware, terutama chek hardisk dari defragmentasi secara rutin sebulan sekali.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips Cara merawat laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *