Tips Cara Belajar yang Baik

Tujuan Siswa adalah belajar dan belajar.Belajar itu tidak hanya dilakukan disekolah saja, dirumah pun belajar masih sesuatu yang wajib bagi siswa.Beda dengan belajar disekolah, belajar dirumah tidak ada jadwal yang ditentukan.Belajar dirumah, waktunya bisa ditentukan sendiri oleh siswa.Tidak perlu banyak waktu untuk belajar dirumah, cukup hanya 1 atau 2 jam saja sehari.Belajar dirumah minimal untuk mengulangi pelajaran yang sudah diberikan disekolah.
Namun kebanyakan siswa masih belajar dengan cara lembur, terutama saat menjelang akan ada ulangan/ujian.
Cara Belajar yang baik harus menyesuaikan dengan mood, dan keadaan tubuh yang memungkinkan.Jadi waktunya boleh siang ataupun malam, pilih waktu yang paling tepat menurut kamu sendiri.Yang penting, jangan memaksakan kondisi, kalau sudah ngantuk ya tidur.Sebab belajar yang terlalu dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal.

Advertisement

Berikut beberapa tips cara belajar yang baik

1.Ciptakan suasana tenang

Waktu yang tepat untuk belajar adalah pada saat suasana tempat kamu lagi tenang.Sebab jika ada gaduh gaduh, fikiran akan sulit untuk terkonsentrasi dengan baik.

2.Buat Catatan kecil

Ringkaslah poin poin penting setiap pelajaran pada sebuah catatan kecil.Ini akan membantu kamu untuk mengingat kembali apa yang telah diajarkan tadi.Dengan menulis catatan intisari, berarti kamu mengulang untuk membaca  kembali materi yang telah diajarkan.

3.Mengulang

Mengulang adalah ibu dari semua ketrampilan.Jadi belajar yang baik adalah mengulang kembali apa yang telah diajarkan.Tidak hanya sampai bisa, tetapi juga harus sampai bisa.

Lihat Juga :  Tips Membeli Laptop

4.Latihan Mengingat

Kebanyakan materi pelajaran adalah mengingat.Dengan semakin baiknya daya ingat, maka akan semakin mudah pula untuk mengerjakan soal ujian.

5.Jangan Malu Bertanya

Jika kamu memang ada yang tidak jelas, jangan segan dan takut untuk bertanya.Biasanya guru disekolah akan mengingatkan kepada siswa untuk bertanya jika kurang jelas.

6.Jangan Suka Mencontek

Mencontek itu tidak mendidik.Mencontek itu menandakan kamu masih belum mampu memahami teori yang sudah diajarkan.Dengan suka mengandalkan mencontek, berarti kamu secara tidak sengaja memupuk rasa tidak percaya diri.

7.Belajarlah secara berkelompok

Luangkan waktu 1 atau dua kali dalam seminggu untuk belajar kelompok.Belajar kelompok akan menciptakan suasana mood belajar yang lebih baik, karena belajar akan lebih menyenangkan karena ada teman.Dengan belajar kelompok, kamu juga bisa memecahkan soal-soal bersama sama dengan lebih mudah.Bukankah biasanya disarankan oleh guru untuk belajar kelompok?..

8.Disiplin

Belajar yang baik juga perlu disiplin.Buatlah jadwal yang kira kira tepat untuk waktu belajar kamu.Tidak perlu lama waktu yang dihabiskan untuk belajar, asalkan rajin dan disiplin sesuai dengan jadwal yang kamu buat.Satu atau dua jam saja sehari sudah cukup, dan belajar juga tidak perlu setiap hari.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *