Tips Cara agar modem smartFren tidak lelet alias kenceng

Internet yang lelet memang selalu bikin sebal, apalagi tugas atau keperluan belum selesai. Terutama bagi pengguna USB modem atau wireless mobile modem, dimana yang mengandalkan koneksi jaringan telepon seluler. Sangat banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan borwsing internet menggunakan wireless mobile USB. Karena ini adalah sambungan tanpa kabel dan mengandalkan gelombang radio frekwensi tinggi, sinyal yang diterima merupakan faktor utama yang harus dipenuhi dulu. Selebihnya juga masih tergantung faktor layanan provider, termasuk server dan jumlah pengguna.

Advertisement

Modem wireless adalah yang paling banyak digunakan saat ini, karena harga kuota bulanannya yang lebih murah serta kecepatan yang ditawarkan.

Salah satu provider yang menawarkan kualitas kecepatan dengan harga murah adalah operator CDMA Smartfren. Mungkin karena slogan inilah, kenapa smarfren menjadi operator CDMA yang paling banyak penggunanya.
Namun sayang, tawaran dan fakta seringkali tak seiring sejalan. Sebab masih banyak yang menyatakan tidak puas, karena masih saja tetap mengalami koneksi lemot. Jangankan 3.1Mbps seperti yang ditawarkan, 200kbps saja udah sangat beruntung.

Ini tak berlaku hanya untuk salah satu operator saja, kebanyakan semua operator juga demikian. Karena sudah dikatakan tadi, banyak faktor yang bisa menentukan kecepatan internet. Sehingga ada pengguna yang merasakan sangat kenceng, sementara yang lainnya merasa sangat lemot , padahal operator yang dipergunakan sama.

Kalau saya sih menggunakan smartfren, dan sampai saat ini masih merasa puas menggunakannya. Ini adalah pilihan terakhir saya, setelah menggunakan beberapa operator lain yang sebelumnya. Namun sebelumnya tidak demikian, saya merasa lemot juga menggunakan smartfren. Nah, karena mengambil beberapa keputusan, akhirnya saya keluar dari masalah internet lelet yang bikin sebal.

Lihat Juga :  Menghasilkan uang dari blog

Nah, berikut ini tips-tipsnya agar smartfren Anda menjadi kenceng alias anti lelet seperti mlik Saya.


Pastikan menggunakan jalur EVDO, kalau bisa yang rev B.

EVDO adalah sambungan internet kecepatan tinggi, sebuah teknologi yang dipergunakan oleh operator CDMA. Sementara EVDO rev B, adalah teknologi baru yang menggantikan EVDO Rev A. Didalam modem CDMA, kita diberikan pilihan 3 mode, yaitu EVDO, CDMA 1x dan Hybrid. Jadi pilih mode EVDO untuk modem Anda, jika signal mendukung. Cari tahu tentang ketiga mode tadi, klik disini.

Perkuat signal EVDO

Namun sayang, tak semua daerah bisa menikmati signal EVDO. Jika demikian, Anda mau tak mau harus menggunakan sambungan CDMA 1x. Namun jika ingin maksimal, signal harus memenuhi syarat, minimal harus 4 batang atau bar. Sebenarnya dalam keadaan normal, signal EVDO modem saya hanyalah 2 bar. Itulah yang menyebabkan koneksi sangat lemot. Jika signal modem Anda masih jauh dari harapan, pergunakan cara-cara efektif seperti yang telah saya lakukan, klik disini.

Terakhir, setting DNS

Saya sebenarnya menggunakan modem Smartfren yang mendukung EVDO rev A, namun saya sudah merasakan kecepatan yang lumayan walau tidak 3.1Mbps.

Lakukan setting DNS berikut:
Masuk ke -> setting

Dari mana asalnya DNS 8.8.8.8 dan NS alternatif 8.8.4.4 ?

Anda bisa mencari DNS lainnya menggunakan software DNS Benchmark. Akan tetapi yang saya gunakan diatas sudah cukup memberikan kecepatan yang lebih baik. Dan itu sudah banyak dibuktikan oleh rekan pengguna yang lain.

Lihat Juga :  Penyebab dan Cara mengatasi komputer sering mati sendiri

Ada keistimewaan khusus lain, jika Anda menerapkan settingan ini. Nanti Anda akan merasakannya sendiri kok, jadi tenang saja,,,,,

Apakah jaminan jika signal EVDO saya mentok, maka internet saya menjadi kenceng?

Secara teoritis, iya……….tapi juga tidak menjamin.
Faktor lain yang berada diluar kendali juga bisa sangat menentukan. Misalnya:
Jumlah pengguna internet diwilayah Anda terlalu banyak, sehingga jaringan padat dan internet lelet karena beban tinggi.
Interfensi dari gelombang BTS lain, sehingga jalur operator modem yang Anda gunakan terganggu. Hal ini umumnya apabila BTS operator Anda lebih jauh, daripada BTS tetangga.

Jadi apapun faktornya, semofga tips ini berhasil mempercepat koneksi internet modem smartfren Anda!.

Advertisement

2 thoughts on “Tips Cara agar modem smartFren tidak lelet alias kenceng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *