Tips Aman Menggunakan Kompor Gas

Menggunakan tabung gas elpiji untuk bahan bakar kompor, kelihatannya masih laksana menyimpan b.o.m didalam rumah.Namun mau apalagi, demi biaya operasional yang murah dan efisien, kompor gas saat ini masih yang terbaik.
Namun jika tahu cara antisipasinya, menggunakan tabung elpiji sebenarnya aman aman saja.Dan seringkali kejadian kebakaran/ledakan tabung gas adalah karena ketidaktahuan penanganan dan keteledoran sipemakai.

Advertisement

Berikut beberapa cara dan tips aman menggunakan kompor gas:

Tips memilih saat menukar tabung di agen

1.Pilihlah yang keadaan tabung masih kelihatan baru, dengan ditandai oleh cat yang masih utuh dan tanpa karat.
2.Periksa karet penyekat yang berada didalam ujung keluarnya Gas, biasanya berwarna hitam atau merah muda dan ada lubang tengahnya (mirip cincin).Goyangkan karet tersebut, jangan dipilih jika terasa ada kelonggaran.
Dan jika nanti sudah berada dirumah, lepas karet tersebut sebelum dipasang pada regulator( Gunakan penjepit atau batang bambu).Coba masukkan lubang karet tersebut kepada batang picu gas, karet harus keras menjepit batang picu gas.Jika karet longgar menjepitnya (goyang goyang), bisa dipastikan nanti akan ada kebocoran.Tukarkan karet tersebut kepada tokonya.

Tips memilih dan merawat peralatan kompor gas

1.Pilihlah regulator yang berstandar SNI yang menggunakan katup penutup otomatis, dimana katup ini akan menutup sendiri jika ada kebocoran.Regulator ini lambat laun juga akan rusak juga.Jangan nunggu nunggu lagi untuk mengganti, jika regulator sudah sulit dipasang.Biasanya regulator yang sudah usang akan sulit untuk meredam kebocoran. (ditandai dengan suara mendesis dan bau gas)

Lihat Juga :  Tips Merakit Komputer

2.Pilih slang Gas yang bermutu, biasanya terlihat lebih tebal dan lentur.Pasangkan klem klem pengikat dengan benar dan kuat.Periksa selalu kebersihan slang.Jangan biarkan terkena cairan minyak.Slang ini juga lama lama akan retas dan mudah sobek, dan juga suka digigit tikus.Rajinlah mengontrol keadaan slang, jika slang sudah menjadi kaku dan retas retas, segera ganti jangan nunggu nunggu.

Tips tataruang dapur tempat kompor Gas

1.Dapur harus pada ruangan yang berventilasi udara cukup luas, sehingga jika ada kebocoran gas akan segera menguap.Kejadian ledakan dahsyat itu karena gas yang memenuhi ruangan saat bocor tersebut tersulut api.
2.Lebih baik lagi jika gas diletakan diluar dapur, dengan pipa menembus tembok.
3.Kalau bisa stop kontak lampu dapur berada jauh dari dapur, dan jangan menggunakan lampu pijar.

Tips memasang regulator

1.Pasangkan regulator secara vertikal, alias tidak miring kekanan ataupun kekiri dan tekan bagian atas denga kuat.Setelah itu putar tuas pemicu gas dan sekaligus bertindak sebagai pengunci.
2.Setelah regulator terpasang, dekatkan telinga anda ke atas regulator.Jangan sampai ada suara mendesiss sama sekali.Jika ada suara mendesis, coba lepas dan pasang kembali.Dan juka suara tersebut tidak bisa diatasi, alangkah baiknya minta bantuan pada toko/orang yang ngerti masalah ini.
3.Jika kompor tidak nyala, berarti gas belum mengalir kepada kompor.Dengarkan apakah ada suara mendesir didalam regulator. Jika tidak ada tepuk tepuk dengan tangan kepala dari regulator sampai keluar suara mendesir.Jika sudah ada suara mendesir, segera picu pemantik api kompor agar gas yang keluar dari kompor segera menyala.

Lihat Juga :  Cara memPartisi Hardisk windows 7

Tips saat mau menyalakan kompor

1.Sebelum anda menyalakan kompor, cobalah hidung anda dilatih untuk peka terhadap bau gas.Jika terasa ada bau, periksa regulator seperti pada Tips memasang regulator.

2.Menyalakan lampu hanya jika anda tidak mencium tanda tanda adanya bau gas.
3.Setelah melewati 1 dan 2, baru silakan menyalakan kompor dengan aman.

Tips Menyimpan tabung Gas

1.Jika anda sekeluarga akan bepergian minimal 24 jam, ada baiknya regulator dilepaskan.
2.Kemudian tutup ujung tabung gas dengan menggunakan plastik yang diikat/dikencangkan dengan karet dengan kuat.
3.Kalau perlu, matikan lampu penerangan, terutama yang ada di dapur.

Semoga tips tips diatas bisa membuat anda merasa aman dan enjoy menggunakan tabung gas.Jangan lupa basmi/usir tikus yang bercokol dirumah anda, karena bisa saja tikus tikus merusak slang gas.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *