Tips Agar Password aman

Banyak orang mengira bahwa password yang mereka gunakan adalah rahasia dan hanya diketahui oleh diri sendiri.Dan untuk itu mereka sudah merasa tenang karena mengira tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

Advertisement

perlu diketahui bahwa banyak sekali metode /teknik yang dipakai hecker untuk mengambil password seseorang.Mereka bisa melakukan menggunakan cara manual,menggunakan program -program semacam spyware dan sejenisnya.
Mungkin masih banyak metode lainnya yang tidak kita ketahui.

Agar password milik anda dalam keadaan aman selalu,berikut tips agar password aman, sehingga tidak sampai jatuh ketangan orang lain.

Buat password unik
Jangan membuat sebuah password yang berhubungan dengan nama nama,apalagi ada sangkut pautnya dengan nama anda dan keluarga,hewan kesayangan,tanggal lahir,nomer rumah,nomer handphone dll.Sebab salah satu trik yang dipakai peretas untuk mengambil alih password anda dengan cara mencobanya satu persatu dari beberapa kata yang umum dipakai.

Password panjang dengan kombinasi karakter unik.
Jangan menganggap password anda pasti aman dan hanya anda sendiri yang mengetahuinya.Seseorang yang bermaksud menjebol password anda bisa menggunakan alat yang semacam program recovery password.Untuk mengatasinya,buatlah kombinasi password yang terdiri dari rangkaian kata ,huruf dan karakter unik seperti @!#%()* dan minimal terdiri dari duapuluh karakter.

Password jangan mengandung arti kata tertentu.
Tips Agar Password aman Anda bisa menggunakan alat yang bernama password generator untuk membantu dalam membuat password yang sulit ditebak.
Jadi pada intinya password yang anda buat jangan terdiri dari kata kata yang tidak bisa diartikan dalam bahasa apapun.Itu artinya password yang unik dan terdiri dari banyak karakter akan sulit untuk ditebak maupun diacak menggunakan software hecker.

Lihat Juga :  Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Bedakan Password untuk setiap akun.
Kita sering menemui situs yang harus mendaftarkan akun dan login untuk medapatkan fasilitas yang disediakan.Jika anda mendaftarkan akun untuk setiap situs, jangan membuat password yang sama dengan akun akun anda lainnya.Terlebih jangan sampai password yang anda buat sama dengan password untuk email yang anda pergunakan mendaftar.Bedakan mana akun anda yang sangat penting dan akun yang tidak terlalu penting.Hal ini karena password dan email anda akan tersimpan didatabase situs, dan bisa dilihat oleh sang pemilik situs.

Metode Copy Paste Password.
Anda mungkin beranggapan bahwa password yang kuat pasti akan sulit diingat juga.Ini memang benar ,tapi untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan notepad untuk menyimpannya.Dan jika nanti anda akan membutuhkan password tersebut untuk login,anda hanya tinggal copy dan paste.

Jangan bilang hal ini justru malah membikin ribet,ingat akun anda sangat bernilai dan jangan sampai jatuh ketangan orang bermaksud nggak baik.
Menyimpan password didalam notepad dan menggunakannya menggunakan metode copy paste akan terhindar dari program bernama keylogger.Keylogger adalah program tersembunyi yang bisa merekam password yang diketikkan melalui keyboard dan mengirimnya kedalam server pembuat.Jadi mengetikkan password secara langsung kedalam form password beresiko diketahui oleh pihak lain.Apalagi hal tersebut dilakukan di komputer yang digunakan umum seperti warnet.

Koneksi internet umum.
Hati hati memasukkan password kedalam akun anda saat anda menggunakan konektifitas umum seperti Wifi.Seseorang peretas bisa mengawasi lalulintas data keluar masuk dalam suatu jaringan.
Jaringan umum seperti ini biasanya dipakai dikantor kantor,perpustakaan atau fasilitas umum lainnya.

Lihat Juga :  Tips Cara memilih modem yang terbaik

Dengan menjalankan beberapa tips untuk mengamankan password diatas,saya yakin kecil kemungkinan password anda untuk diketahui orang lain.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *