Tips Agar HP Awet

Adalah peranti yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok makhluk sosial.Kalau selama ini HP Kamu aman aman saja, sepertinya akan terasa biasa biasa saja.Tapi kalau handphone kamu tiba tiba rusak, baru deh akan merasa sangat kehilangan sekali.Terutama bagi orang yang praktis, hanya memiliki 1 hp saja.jadinya mirip syair sebuah lagu “Kalau sudah tiada, baru terasa”.Nah lhooo,,,Apalagi rusaknya pada waktu yang kurang tepat, habis bayar cicilan motor misalnya, atau dalam situasi krisis keuangan lainnya.

Advertisement

Untuk itu jagalah baik-baik hp Kamu agar selalu awet dan siap dipergunakan sesuai keperluannya kapan saja.Berikut ini tips agar handphone kamu awet, meminimalisasi penyebab kerusakan yang secara tiba-tiba.

1.Beli handphone yang baru

Ya tentu saja beli yang baru, karena jauh dari resiko mendapatkan barang yang tidak jelas.Ada cara tertentu dalam merekondisi hp yang rusak parah, namun hanya bertahan beberapa bulan saja.Kalau memang kamu tahu riwayat penggunaan handphone tersebut, gak papalah .namun sabaiknya beli yang baru, selain mendapat garansi resmi dari pabrik/toko.

2.Tanyakan garansi

Ini penting, sebab hp barupun belum menjamin tidak ada kesalahan pada saat perakitan.Kalau bisa yang ngasih garansi 1 tahun/garansi pabrikan.

3.Beli handphone pada dealer terpercaya/resmi

Tanya pada teman yang sudah berpengalaman pada sebuah dealer/toko handphone.Bagaimana pelayanannya dan kondisi barangnya setelah sekian lama dipakai.Walaupun sebuah toko hp kelihatan besar, belum tentu dia menjual hp dengan jujur.Bisa saja hp yang kamu beli adalah hp yang pernah rusak/cacat produksi dan direkondisi kembali.Waspadai jika sebuah toko handphone menjual dengan harga yang jauh lebih murah, jika kamu belum pernah mendengar reputasinya.

Lihat Juga :  10 Tips Merawat Mesin Mobil sebelum perjalanan jauh

4.Cek IMEI

Bukan pada membeli hp bekas saja harus memeriksa IMEI, hp barupun sepertinya perlu untuk memastikan ini.lihat kode IMEI yang biasanya nempel di bawah baterai, cocokkan dengan kode imei yang ditulis pada buku user manualnya.Sebab bisa saja kamu dikerjain toko nakal, diberi hp yang rekondisi.Walau kemungkinannya kecilo, lakukan saja biar nyaman.

5.Pilih operator yang paling bagus ditempat kamu

Operator yang paling bagus maksudnya, sinyalnya selalu diterima penuh pada hp kamu.Sebab jika sinyal selalu lemah, maka akan semakin keras bekerjanya peranti perangkat hp kamu.Selain bisa cepat rusak, yang pasti baterai kamu akan lebih boros.

6.Pengisian Ulang Bateray

Sesaat setelah membeli hp/baterai baru, charge dulu sampai penuh sebelum hp dioperasikan.Dan jangan membiarkan baterai sampai mati sendiri akibat kehabisan daya.Sebaiknya segera dicharge apabila sudah ada tanda “LowBat”.

7.Menaruh hp

Jauhkan dari peralatan elektronika lain yang mengandung medan magnet.Misalnya TV, Amplifier, speaker aktif, laptop dsb.Awas terkena air walaupun sepercik saja, kecuali hp anti memang air.

8.Kasih pelindung

Jika kamu adalah orang yang ceroboh, sebaiknya gunakan karet pelindung yang banyak dijual.Karet ini akan sangat membantu melindungi saat hp jatuh.

8.Cara membawa hp

Kalau wanita sih paling enak, sebab biasanya selalu membawa tas sehingga hp aman didalam tas.Jangan membawa hp disaku belakang, karena LCD bisa pecah karena tertekan pada saat kamu duduk.Atau menaruh begitu saja disaku baju depan, biasanya tanpa sadar seseorang lupa saat merunduk membetulkan tali sepatu.Saku jaket disamping kiri atau kanan biasanya juga tidak aman untuk membawa hanphone.Biasanya handphone sudah dibuatkan carrier khusus, yang nempel diikat pinggang.

Lihat Juga :  Cara mengetahui spesifikasi kamera yang bagus

Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, saya yakin hp milik kamu awet hingga kamu bosan.Jika bosan, dijual lagipun harganya tetap masih tinggi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *