Tips Agar Email Aman

Seperti kita ketahui bahwa Email adalah bagian dari fasilitas internet yang sangat penting bagi kita.Melalui email kita mungkin sering berbagi informasi pribadi rahasia dengan rekan kita.Dan masih banyak lagi dari kita suka menggunakan email untuk menyimpan sandi plus username dari beberapa akun yang kita buat dari beberapa fasilitas di internet lainnya.Bahkan informasi rekening bank online,atau informasi penting semacamnya.
Oleh karena itu,kebanyakan  pihak pihak yang bermaksud tidak baik selalu mengincar akun email.Mereka berharap menemukan informasi penting dari kita yang kita simpan didalam email.
Ada yang sudah menyadari hal ini dan melakukan perlindungan akun email secara maksimal,dan ada juga yang beranggapan akan aman aman saja sehingga kurang memperhatikan faktor keamanan.

Advertisement

Berikut tips agar email kita aman dari resiko diambil alih pihak lain.

1.Password
Buatlah password dengan kombinasi yang rumit dari angka dan huruf.Jangan menggunakan password yang sama dengan nama anda,istri anda,anak anda beserta tanggal kelahirang anda dan keluarga.Pada intinya buat password yang unik yang tidak sama dengan informasi apapun.Banyak sekali mereka yang telah kebobolan akun email karena membuat kata sandi sama dengan alamat email yang digunakan.Hal ini jangan sampai terjadi terhadap anda.

2.Buat pertanyaan pemulihan
Biasanya saat anda mendaftarkan akun email,anda disuruh membuat dua pertanyaan sekaligus jawabannya.Pertanyaan ini akan diajukan jika suatu saat anda lupa password dan menggunakan fitur reset password.Ingat,jangan membuat pertanyaan dan jawaban yang bersifat umum karena bisa ditebak.Misalnya: “Pada Bulan Apa anda lahir?..”ini adalah pertanyaan yang bersifat umum dan mudah dijawab.Buat kombinasi pertanyaan dan jawaban yang hanya anda ketahui sendiri.

Lihat Juga :  Cara menghentikan pemberitahuan Facebook memenuhi email

3.Buatlah minimal 2 akun email
Apa gunanya 2 alamat email?…..
Yang satu anda gunakan sebagai alamat email utama dan yang satunya lagi digunakan untuk membantu keperluan sehari hari.Kedua email tersebut harus menggunakan password yang berbeda dan sama sama unik.
Email utama bisa digunakan sebagai alamat email pemulihan.Email pemulihan adalah alamat email alternativ jika suatu saat anda lupa password.Jadi jika anda akan mereset password karena lupa untuk email yang kedua,anda harus mendapat code pemulihan yang akan dikirim ke alamat email pertama.Dan jika email anda yang kedua benar benar diambil orang,anda masih bisa mengembalikannya lagi.

4.Mendaftarkan akun disitus lain.
Jika anda mendaftar kan akun disitus lain,apa saja jangan sampai menggunakan kata sandi yang sama dengan sandi untuk email anda.Untuk keperluan daftar mendaftar ini,anda cukup menggunakan alamat email cadangan anda (email yang kedua).Hal ini karena banyak situs scam yang meminta user untuk membuat akun dengan mendaftarkan email dan password.Dengan tidak menggunakan password yang sama dengan passwor email,maka email anda akan lebih aman.

5.Menggunakan komputer orang lain.
Jika anda terpaksa harus menggunakan komputer orang lain untuk mengakses email,misalnya warnet anda harus berhati hati.
Tips 1.jangan sampai anda lupa  log out ketika anda selesai.
Tips 2.Ketika anda selesai menggunakan komputer orang lain,usahakan untuk membersihkan riwayat terakhir.Kalau menggunakan browser firefox,klik Tools-> bersihkan riwayat terakhir atau clear recent historys.

Tips Agar Email Aman

Tips 3.Kalau bisa (terutama diwarnet),email plus password untuk email anda jangan diketikkan .Tetapi di copy paste dari text dokumen yang sebelumnya anda siapkan didalam sebuah flashdisk.Agak ribet sih,tapi menggunakan fasilitas umtum untuk mengakses email adalah beresiko.

Lihat Juga :  Cara Menutup Akun Facebook

6.Gunakan email dan telepon untuk sistem pemulihan
Hal ni nanti digunakan jika anda kehilangan akses kedalam akun email,entah itu lupa sandi ataupun email anda benar benar jatuh ketangan orang lain.
Saya contohkan membuat account recovery di gmail:

a.Klik icon gambar gear yang ada dipojok kanan atas

Tips Agar Email Aman

b.Masuk Account and Imports-> Password recovery sistem.Disini karena saya sudah memasukkan sistem recovery,sehingga tulisannya “Change Password Recovery System”.
masukkan sandi sekali lagi untuk masuk kedalam setting.
Tips Agar Email Aman
c.Masukkan alamat email pertama yang digunakan sebagai email recovery dan sekaligus nomor telepon jika belum di add.

7.Awas Phising
Phising adalah cara pengambilan password dengan mengelabuhi pemilik akun dengan membuat halaman website palsu yang seakan akan website aslinya.Ini adalah teknik lama namun masih banyak digunakan untuk mengambil account email anda.Sampai saat inipun saya masih sering mendapatkan email bertujuan phising.
Biasanya mereka membuat pesan yang seolah olah urgen banget mengenai akun anda,Contohnya baik dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris:

“Ada yang berusaha untuk mengambil account anda,untuk itu anda harus melakukan konfirmasi segera paling lambat 3 hari setelah pesan ini atau anda akan kehilangan akses kedalam account anda”.

Selanjutnya anda akan digiring masuk kedalam website palsu yang mirip sekali dengan website yang sebenarnya.Jangan sampai anda terpedaya sehingga memasukkan password anda yang sebenarnya.
Jika anda sudah terlanjur memasukkan password,maka harus secepatnya untuk merubahnya saat itu juga.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *