Tips agar baterai laptop bisa Awet

Sebuah komputer jinjing atau laptop memiliki banyak keistimewaan dibanding komputer dekstop.Salah satunya adalah sifatnya yang portabel yaitu mudah untuk dibawa kemana mana.Kehidupan modern sekarang,laptop seperti sudah menjadi kebutuhan sehari hari.Mulai dari anak sekolah sampai para eksekutif yang dalam melaksanakan pekerjaannya tidak bisa lepas dari komputer.
Salah satu faktor pendukung penting sehingga sebuah laptop bisa dibawa kemana mana adalah dengan adanya baterai.Baterai laptop ini memang sungguh luar biasa,coba bandingkan dengan komputer desktop yang harus menggunakan daya listrik yang lebih besar.Untuk memenuhi kebutuhan energi,komputer dekstop harus dilengkapi dengan PSU dan stabilizer.
Nah ,masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna laptop adalah baterainya yang selalu bermasalah.Akibat baterai baterai laptop yang sudah dalam kondisi kurang prima ,akibatnya sudah jelas bisa ditebak.Laptop akan lebih cepat memberi peringatan bahwa baterai mengalami low power.Kalau sudah begini mau tidak mau kita harus segera melakukan shut down sistem secepatnya.Jika tidak maka laptop akan mati dengan sendirinya karena daya dari baterai sudah benar benar habis.Ingat,sebuah komputer yang sering mati tanpa melalui prosedur shutdown bisa berakibat buruk terhadap sistem operasinya.Oleh karena itu,kondisi baterai dari laptop harus selalu terjaga agar tetap prima.

Advertisement

Baterai laptop sebenarnya secara lambat laun pasti akan mengalami penurunan kondisi seiring dengan umur pemakaian.Dan Sebenarnya Pabrikan baterai ini sudah menetapkan umur berdasarkan batas maksimal pengisian ulang.Pada umunya rata rata baterai laptop dibatasi mampu bertahan sampai 1000 kali pengisian ulang.
Namun faktanya,kebanyakan pengguna mengalami penurunan kinerja baterai laptop ini lebih cepat dari standard pabriknya.Baterai belum sampai pada batas pengisian yang ke seribu kalinya,bahkan masih berkisar 500 kali baterai sudah drop dan harus diganti.
Hal ini bukan karena kesalahan produksi,perilaku pengguna sendirilah yang kurang dalam penanganan penggunaan perangkatnya.

Lihat Juga :  Tips membeli Kulkas Baru

Jika anda ingin umur baterai laptop anda lebih lama sesuai dengan yang ditetapkan oleh pabriknya,cobalah tips tips agar baterai laptop bisa awet berikut:

  • Jika laptop anda atau baterai masih baru beli dari toko,isi ulang baterai tersebut sampai benar benar penuh sebelum laptop dipakai.Jangan dipergunakan untuk menjalankan program komputer dulu jika baterai belum penuh betul.
  • Jangan sampai saat anda menggunakan laptop mengabaikan peringatan jika baterai sudah dalam keadaan low.Segeralah diisi ulang sebelum baterai benar benar habis,karena hal ini selain berdampak buruk pada baterai juga berdampak buruk pada laptopnya.
  • Penggunaan laptop terus menerus on dalam jangka waktu lama akan membuat anda berulangkali melakukan isi ulang.Hal ini juga akan membuat suhu baterai laptop menjadi lebih tinggi.Hal hal tersebut bisa memperpendek usia dari baterai laptop anda.Jadi jika anda akan lama menggunakan laptop anda (kr lebih 6 jam),alangkah baiknya baterai dilepas dan menggunakan daya listrik rumah.Namun jika anda melepas baterai laptop maka harus menggunakan UPS agar jika lisrik sewakti waktu padam laptop tidak ikutan mati mendadak.Baca:Solusi agar komputer tidak mati mendadak karena listrik padam.
  • Gunakan alat pendingin seperti coolpad jika anda menggunakan laptop dalam jangka waktu lama.Hal ini untuk menjaga kestabilan suhu dari baterai laptop tersebut.
  • Minimalkan pengaturan cahaya pada layar laptop,setting secukupnya saja dan tidak terlalu terang.Hal ini jika terlalu terang akan banyak menyedot energi dari baterai,sehingga akan lebih sering melakukan pengisian ulang.Ingatlah bahwa baterai laptop tersebut memiliki batas maksimal untuk dicharge ulang.Semakin jarang baterai diisi ulang,tentunya baterai akan menjadi lebih berumur lama.
  • Gunakan alat isi ulang baterai laptop/charger yang orisinal saja.Sebab jika tidak orisinal anda tidak tahu berapa volt keluaran daya dari alat tersebut.Jika terlalu kecil juga tidak bagus dan kalau terlalu besar apalagi.Sebaiknya gunakan perangakat charger asli bawaan dari merk laptop yang anda pakai.
Lihat Juga :  Cara Membersihkan layar Monitor LCD laptop

Dengan menggunakan tips tips diatas,semoga baterai dari laptop anda bisa berumur lebih lama.Paling tidak sesuai dengan umur yang sudah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya.Secara ekonomis anda juga bisa lebih berhemat,karena harga baterai laptop ini cukup mahal.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *