Tidak bisa mengakses situs karena ada pesan Connection Untrusted

Terkadang saat kita mengakses sebuah situs muncul pesan “Connection Untrusted” pada laman browser.Pesan tersebut biasanya akan muncul pada situs yang menggunakan protokol SSL , dimana semua sambungan yang menggunakan menggunakan protokol SSL akan dienskripsi untuk memberikan keamanan akses data kepada user.Situs yang menggunakan protokol SSL ditandai dengan url yang menggunakan https://, jika tidak maka hanya menggunakan http://.Hanya komputer yang menggunakan sertifikat syah saja yang bisa mengaksesnya pada browser.Biasanya situs yang menggunakan sertifikat SSL adalah situs yang berhubungan dengan penyimpanan dan pengiriman data user yang dianggap penting untuk dilindungi.Situs yang menggunakan sambungan terenskripsi/SSL contohnya: gmail, blogger, facebook, situs-situs internet banking, situs jual beli/keuangan dll.

Advertisement

Apa sih SSL itu?,,SSL adalah kependekan dari Secure Layer Socket, yang artinya sambungan yang menggunakan protokol khusus dimana data yang keluar masuk akan dienskripsi demi keamanan.

Lalu kenapa terkadang browser menampilan pesan yang berisi This connection is untrusted?,, yang dilanjutkan dengan pesan sertifikat dikatakan kadaluarsa, atau sambungan tidak dipercaya?,,Hal ini karena setiap browser sudah dilengkapi dengan algoritma yang bertujuan untuk keamanan privasi pengguna dan keamanan komputer.

Jika anda menemukan masalah seperti ini, jangan khawatir karena cara mengatasinya tidaklah sulit.

Bukalah situs yang menggunakan protokol SSL atau HTTPS, dan jika menampilkan pesan “This Connection is Untrusted> klik I Understand the Risks >   Add Exception.Selanjutnya akan muncul kotak dialog>klik “Get Certificate” > kemudian “Confirm Security Exception”. Kemudian tutup browser anda dan buka kembali, dan kini seharusnya komputer anda sudah bisa mengakses sambungan terinskripsi (SSL) tanpa muncul pesan ” This Connection is Untrusted” lagi.

Lihat Juga :  Hal yang menyebabkan Akun Facebook di nonaktifkan

Lalu bagaimana jika browser masih tetap tidak bisa digunakan untuk mengakses HTTPS?,, tentu ada yang salah dengan komputer anda.

Pada pesan munculan tersebut juga dijelaskan jika “komputer menggunakan sertifikat yang kadaluarsa”.Jika begini Berarti informasi dari komputer anda dianggap tidak sesuai dengan waktu saat anda melakukan browsing HTTPS. Bisa dipastikan penyebabnya adalah waktu dan tanggal yang disetting pada komputer anda tidak cocok dengan tanggal dan waktu pada hari itu.

Periksalah setting tanggal dan waktu pada komputer anda, dengan jalan klik jam yang ada di pojok kiri bawah dekstop nanti akan muncul kotak dialog.Atur jam sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini.Setelah itu restart browser anda dan coba buka kembali situs HTTPS.

Kalender dan waktu pada komputer kecil kemungkinan berubah dengan sendirinya, kecuali komputer habis diinstall ulang atau komputer sudah kehabisan baterai CMOS. Kegunaan Baterai CMOs salah satunya adalah menjaga agar tanggal dan waktu tetap berjalan, meskipun komputer dimatikan.Cobalah matikan komputer beberapa lama, jika kalender dan waktu tidak akurat lagi saat komputer dihidupkan, maka dipastikan jika baterai cmos komputer anda waktunya untuk diganti.Jangan menyepelekan fungsi tanggal dan waktu pada komputer, itu sangat penting terutama nanti jika menggunakan sistem restore.Semoga membantu!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

3 thoughts on “Tidak bisa mengakses situs karena ada pesan Connection Untrusted

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *