Sejarah Perkembangan Komputer

Pada awalnya komputer dibuat bukanlah untuk media hiburan atau membuka situs  internet, akan tetapi komputer difikirkan manusia untuk memecahkan krisis angka-angka yang serius. Pada tahun 1880 penduduk AS telah tumbuh begitu besar sehingga butuh lebih dari tujuh tahun untuk tabulasi hasil Sensus Amerika Serikat. Pemerintah pun mencari cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga melahirkan komputer berbasis punch-card yang memenuhi seluruh ruangan. Namun,   teknologi komputerisasi sekarang ini sudah sanggup membuat komputer yang ribuan kali lebih cepat bakan lebih kecil dari telapak tangan.Dan sanggup mengerjakan banyak tugas bahkan untuk menjalankan multimedia dan hiburan.Dalam perkembangannya, komputer dilakukan oleh banyak pihak hingga bisa menjadi komputer yang telah kita kenal sampai saat ini.

Advertisement

Sejarah perkembangan komputer dari masa kemasa

Tahun 1882: Matematikawan Inggris Charles Babbage mempelajari suatu mesin hitung  yang akan mampu menghitung tabel nomor yang rumit. Proyek ini didanai oleh pemerintah Inggris, namun pada akhirnya menemui kegagalan. Lebih dari satu abad kemudian, komputer pertama di dunia benar-benar bisa dibuat.

Tahun 1890: Herman Hollerith membuat desain sistem kartu punch untuk menghitung sensus penduduk pada tahun 1880.Mesin ini mampu menyelesaikan tugas penghitungan hanya dalam waktu tiga tahun,  dan menghemat pengeluaran pemerintah sebesar $ 5 juta. kemudian ia menetapkan perusahaan yang pada akhirnya dikenal dengan nama  IBM (IBM didirikan pada tahun 1911).


Tahun 1937: JV Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika di Iowa State University, dia berupaya untuk membangun komputer pertama yang tanpa gigi, Cams,belt dan poros.

Tahun 1941: Atanasoff dan seorang mahasiswa pascasarjana, Clifford Berry, mendesain komputer yang dapat memecahkan 29 persamaan secara bersamaan. Ini adalah yang menandai  pertama kalinya sebuah komputer mampu menyimpan informasi pada  memori utamanya.

Tahun 1943-1944: Profesor-John Mauchly dan J. Presper Eckert duo dari University of Pennsylvania membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). kemudian ENIAC ini dianggap sebagai kakek dari komputer digital.Mesin ini  berukuran 20 x 40 kaki atau sekitar 7 meter x 15 meter dan dan menggunakan 18.000 tabung vakum.

Tahun 946: Mauchly dan Presper meninggalkan University of Pennsylvania dan kemudian menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk bisnis dan aplikasi pemerintah.

Tahun 1953: Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya menjadi dikenal sebagai COBOL. Penemu Thomas Johnson Watson, Jr, putra CEO IBM Thomas Watson Johnson, Sr, conceives IBM 701 EDPM untuk membantu PBB mengawasi Korea selama perang.

Lihat Juga :  Bisakah Wi-fi untuk jarak jauh?..

Tahun 1954: Bahasa pemrograman FORTRAN lahir.

Tahun 1958: Jack Kilby dan Robert Noyce mengungkap sirkuit terpadu, yang dikenal sebagai chip komputer.

Tahun 1964: Douglas Engelbart menunjukkan prototipe dari komputer modern, dengan mouse dan antarmuka pengguna grafis (GUI). Inilah yang evolusi komputer yang menandai penggunaan komputer,  yang biasanya khusus untuk para ilmuwan dan matematikawan, yang kemudian lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

Tahun 1970: Intel baru dibentuk dan memperkenalkan Intel 1103, Dinamis Access Memory (DRAM) piringan pertama.

Tahun1971: Alan Shugart memimpin tim insinyur IBM yang menemukan kembali “floppy disk,” yang memungkinkan data bisa dibagi antar komputer.

Tahun 1973: Robert Metcalfe, seorang anggota staf peneliti untuk Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat keras lainnya.

Tahun 1974-1977: Sejumlah personal computer (PC) penetrasi pasar, termasuk Scelbi & Mark-8 Altair, IBM 5100, RadioShack itu TRS-80-yang dikenal sebagai “Spam 80,” dan PET Commodore.

Tahun 1975: IBM 5100 menjadi komputer portabel komersial pertama.

Tahun 1976: Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai Apple Computers pada April Mop dan memperkenalkan Apple I, komputer pertama dengan papan sirkuit tunggal.

Tahun 1977: Radio Shack meproduksi awal TRS-80 hanya sebanyak 3.000 unit, dan itu terjual dengan sangat cepat. Dan untuk pertama kalinya, non-Geeks bisa menulis program dan membuat komputer dapat melakukan apa saja  yang mereka inginkan.

tahun 1977: Jobs dan Wozniak menggabungkan Apple dan memperkenalkan Apple II pada hari pertama West Coast Computer Faire. Menawarkan warna grafis dan menggabungkan hard drive untuk penyimpanan.

Tahun 1978: Para Akuntan bersukacita sejak pengenalan VisiCalc, program pertama komputerisasi spreadsheet.

Tahun 1979: Word processing menjadi kenyataan pada MicroPro International releases WordStar

Tahun 1981: IBM memperkenalkan PC pertama dengan kode nama “Acorn,” .Menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS. Mempergunakan chip Intel, dua disket dan monitor warna opsional. Sears dan Computerland menjual mesin-mesin, ini menandai pertama kalinya komputer tersedia melalui distributor di luar.

Tahun 1983: Apple Lisa adalah komputer pribadi pertama dengan GUI. Ia juga memiliki menu drop-down dan ikon. Dan akhirnya berkembang menjadi Macintosh.

The Gavilan SC adalah komputer portabel pertama yang dikenal berbentuk flip, dan inilah komputer pertama yang dipasarkan sebagai “laptop.”

Lihat Juga :  Perbedaan Hardisk ATA dan SATA

Tahun 1985: Microsoft mengumumkan kehadiran Windows, respon atas Apple GUI. Commodore memperkenalkan Amiga 1000, yang mampu menampilkan kemampuan audio video yang canggih.

Tahun 1985: dot-com , nama domain pertama terdaftar pada tanggal 15 Maret 1985, sebelum World Wide Web hadir menandai awal resmi sejarah tercetusnya nya Internet. The Symbolics Computer Company, produsen komputer kecil Massachussets , mendaftarkan nama domain  Symbolics.com. Dan dua tahun kemudian, masih hanya 100 dot-com yang telah terdaftar.

Tahun 1986: Compaq Deskpro 386 masuk ke pasar. Ini adalah komputer 32-bit yang menyediakan kecepatan sebanding dengan mainframe.

Tahun 1990: Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML), sehingga melahirkan World Wide Web.

Tahun 1993: Pentium mikroprosesor mencapai kemajuan untuk penggunaan grafis dan musik pada PC.

Tahun 1994: PC sudah bisa beralih menjadi mesin game seperti Command & Conquer, Alone in the Dark 2, Theme Park, Magic Carpet, Descent andLittle Big Adventure adalah salah satu Game yang diluncurkan dipasar.

Tahun 1999: Istilah Wi-Fi menjadi bagian dari bahasa komputasi dan pengguna mulai menghubungkan komputer ke Internet tanpa kabel.

Tahun 2000: Sony merilis PlayStation 2.

Tahun 2001: Apple memperkenalkan sistem operasi Mac OS X, yang menyediakan arsitektur protected memori  dan pre-emptive multi-tasking. Tidak mau kalah, Microsoft mengeluarkan Windows XP, yang memiliki GUI secara signifikan yang sudah didesain ulang.

Tahun 2003: Prosesor 64-bit pertama, AMD Athlon 64,  tersedia di pasar untuk konsumen.

Tahun 2004: Mozilla Firefox 1.0 hadir melawan Microsoft Internet Explorer, browers web paling dominan saat itu.

Tahun 2006: Apel memperkenalkan MacBook Pro, berbasis Intel, komputer mobile  pertama dengan dual-core, serta iMac yang berbasis Intel.

Tahun 2007: iPhone mulai membawa banyak fungsi dari komputer kepada smartphone.

Tahun 2009: Microsoft meluncurkan Windows 7, yang menawarkan kemampuan untuk pin aplikasi ke taskbar dan kemajuan dalam sentuhan dan pengenalan tulisan tangan, diantara fitur-fitur lainnya.

Tahun 2010: Apple memperkenalkan iPad, mengubah cara konsumen melihat media dan membangkitkan segmen komputer tablet .

Itulah sejarah dan perkembangan komputer, perangkat yang kini sudah diakrabi banyak orang dan seolah  tak lepas dari aspek kehidupan kita.(Diolah dari banyak sumber)

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *